skip to Main Content
10 Ide Desain Dan Dekorasi Untuk Kamar Mandi Berukuran Kecil

10 Ide Desain dan Dekorasi untuk Kamar Mandi Berukuran Kecil

Dalam mendesain dan mendekorasi ruangan kecil seperti kamar mandi, Teman Narasi harus perhatikan setiap detail penting seperti pemilihan warna dinding, material ubin, dan pencahayaan. Untuk membantu Teman Narasi menciptakan desain kamar mandi mungil yang stylish dan terlihat lebih luas, Narasi Design telah mempersiapkan 10 ide desain dan dekorasi untuk Teman Narasi ikuti. Selamat membaca dan semoga menginspirasi!

1. Membuat dinding aksen

Inspirasi desain kamar mandi berukuran kecil dengan dinding aksen – source: hgtv.com

Mengecat salah satu dinding kamar mandi dengan warna yang kontras dapat menambahkan karakter dan pewarnaan yang sangat dibutuhkan untuk ruangan yang netral. Selain cat, pilihan alternatif lainnya untuk membuat dinding akses adalah dengan memasang wallpaper bermotif unik dan berwarna-warni. Teman Narasi tidak perlu khawatir kamar mandi akan terlihat ‘ramai’ karena wallpaper dengan warna yang mencolok atau berpola besar dapat diimbangi dengan pemilihan perabotan yang sederhana dan berwarna netral seperti putih. 

2. Menggunakan palet warna yang terang

Inspirasi desain kamar mandi berukuran kecil dinding warna salmon – source: hgtv.com

Palet warna kamar mandi kecil tidak terbatas hanya pada warna putih, abu-abu, dan coklat. Dalam ruang kecil sekalipun, Teman Narasi tetap dapat menggunakan warna dan pola yang terang dan berani. Kamar mandi satu ini tentunya memberikan inspirasi lewat pewarnaan kamar mandi yang terang dan penggunaan pola geometris sebagai elemen dekorasi yang manis. Untuk membantu menyeimbangkan kontras pada kamar mandi, pilihlah perabot dengan model sederhana, ramping, dan berwarna netral.

3. Hindari penggunaan perabotan berukuran besar

Perabotan kecil untuk kamar mandi berukuran kecil – source: signaturehardware.com

Pilihlah perabotan kamar mandi yang berukuran kecil untuk memberikan ruang gerak yang leluasa dan memungkinkan adanya ruang tambahan untuk penyimpanan barang. 

4. Pilih lantai atau ubin berpola

Ubin marmer bermotif heksagonal – source: hgtv.com

Lantai atau ubin berpola akan membuat kamar mandi mungil tampil spesial. Penggunaan ubin heksagonal marmer berwarna hitam, putih, dan abu-abu akan memberikan tampilan yang modern pada desain kamar mandi yang satu ini. Selain pada lantai, Teman Narasi juga dapat meningkatkan gaya desain dan membuat kamar mandi menjadi lebih leluasa dengan memasang ubin berwarna putih atau bahkan yang berwarna-warni ke dinding. 

Untuk trik dekorasi lainnya yang tidak memakan tempat, Teman Narasi juga dapat mengganti kran air basin dan pancuran shower yang umumnya terbuat dari krom dengan warna emas atau hitam. 

5. Desain yang ringan dan lapang

Inspirasi desain kamar mandi berukuran kecil yang minimalis – source: hgtv.com

Untuk Teman Narasi yang lebih menyukai desain minimalis, kamar mandi satu ini dapat dijadikan inspirasi. Teman Narasi dapat mengecat dinding kamar mandi dengan warna putih atau memasang wallpaper bernuansa minimalis seperti gambar di atas. Memilih perabotan kayu sederhana dan menambahkan dekorasi yang minimal juga merupakan langkah yang tepat untuk kamar mandi mungil yang sederhana.

6. Penggunaan garis horizontal, vertikal, dan elemen cermin untuk tampilan kamar mandi yang lebih luas

Inspirasi desain kamar mandi berukuran kecil – source: hgtv.com

Untuk membuat kamar mandi mungil tampak lebih besar, Teman Narasi dapat menambahkan papan kayu horizontal pada dinding atau memasang wallpaper dengan garis-garis vertikal. Selain itu, pemasangan cermin panjang seperti yang ada pada kamar mandi ini juga dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Pilihan lain yang dapat Teman Narasi coba adalah dengan memasang rak apung yang hanya membutuhkan sedikit ruang dan tetap berfungsi untuk tempat penyimpanan barang.  

7. Menghadirkan karakter dan pesona dengan desain farmhouse

Kamar mandi bergaya farmhouse satu ini dapat Teman Narasi jadikan inspirasi dalam mendesain kamar mandi mungil di rumah. Memanfaatkan kembali sisa potongan kayu bekas dan menyulapnya menjadi tangga adalah langkah yang cermat dan kreatif untuk membawa karakter desain farmhouse. Selain menjadi pemanis ruangan, tangga juga dapat digunakan untuk menggantung handuk, lap tangan, dan keranjang yang berisikan kebutuhan kamar mandi lainnya.

8. Menggunakan partisi kaca pada kamar mandi

Inspirasi desain kamar mandi berukuran kecil dengan partisi kaca – source: Dok. Pribadi Narasi Design

Alih-alih menggunakan tirai kamar mandi yang terkadang kurang praktis dan cepat berjamur, gunakanlah partisi dari kaca yang juga dapat memberikan ilusi kamar mandi yang lebih luas. 

9. Membuat rak kayu untuk solusi penyimpanan di kamar mandi

Inspirasi desain rak penyimpanan pada kamar mandi berukuran kecil – source: Dok. Pribadi Narasi Design

Hindari membuat tampilan kamar mandi kecil semakin sesak dengan menaruh barang sembarangan. Apabila kamar mandi tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup, pasang rak kayu yang ramping dan sederhana pada dinding seperti yang ada pada desain kamar mandi di atas. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang, rak juga dapat dimanfaatkan untuk menaruh dekorasi seperti tanaman hias atau pajangan lainnya. 

10. Memilih pencahayaan yang tepat

Wall sconces sebagai pencahayaan dekoratif pada kamar mandi – source: hgtv.com

Memilih pencahayaan yang tepat pada kamar mandi berukuran kecil dapat memaksimalkan ruang dan memberikan cahaya yang cukup untuk rutinitas Teman Narasi. Selain pemasangan lampu pada langit-langit, Teman Narasi juga dapat memasang lampu dekoratif seperti wall sconces dan track light.

Setelah melihat sepuluh ide desain dan dekorasi kamar mandi mungil di atas, mana yang paling menarik perhatian Teman Narasi? Tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah ya! Apabila Teman Narasi tertarik untuk membarui desain dan dekorasi kamar mandi dengan salah satu atau beberapa ide desain di atas, jangan lupa mengunggah hasil kreasimu di Instagram dan mention @narasidesign. untuk kesempatan difitur di akun Instagram Narasi Design! Selamat berkreasi dan happy living!

Stay safe and healthy!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber: hgtv.com

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top