skip to Main Content
10 Inspirasi Desain Gaya Scandinavian Untuk Kamar Tidur

10 Inspirasi Desain Gaya Scandinavian untuk Kamar Tidur

Desain interior Scandinavian memiliki karakteristik yang minimalis, sederhana, dan fungsional. Desain ini juga terinspirasi dari berbagai unsur-unsur alam, termasuk penggunaan material interior alami seperti kayu, kulit, dan serat tumbuhan. Untuk mendesain kamar tidur bergaya Scandinavian, Teman Narasi dapat memulainya dengan memadukan berbagai tekstur, menghadirkan kontras, dan menggunakan palet warna-warna lembut. Untuk penjelasan lebih lanjut soal bagaimana Teman Narasi dapat memasukkan elemen-elemen interior dan dekorasi yang tepat untuk kamar tidur bergaya Scandinavian, simak 10 inspirasi desainnya berikut ini.

1. Typical Scandinavian bedroom

Inspirasi kamar tidur Scandinavian - source: essentialhome.au
Inspirasi kamar tidur Scandinavian – source: essentialhome.au

Kamar tidur satu ini menunjukkan skema warna khas Scandinavian, yaitu putih, yang dilengkapi dengan sentuhan warna abu, hitam, biru pucat, dan pastel sebagai warna sekunder. Kamar tidur ini juga memamerkan elemen-elemen pokok desain bergaya Scandinavian yaitu lantai kayu, aksen kayu alami, dekorasi langit-langit yang menarik, dan karya seni berupa pajangan dinding berwarna putih. Walaupun minim perabotan dan tidak memiliki dekorasi pernak-pernik yang berlebihan, kamar tidur ini tetap menunjukkan karakter yang kuat. Itulah seni dan kunci utama dalam desain Scandinavian. 

2. Penggunaan kayu alami

Penggunaan kayu alami pada lantai kamar tidur Scandinavian - source: contemporist.com
Penggunaan kayu alami pada lantai kamar tidur Scandinavian – source: contemporist.com

Lantai kayu yang dicat putih memang merupakan ciri khas desain Scandinavian pada umumnya, namun kayu juga dapat dibiarkan sepenuhnya alami, seperti kamar tidur yang diperlihatkan di atas.

3. Dekorasi hitam dan putih

Dekorasi pajangan dinding hitam putih pada kamar tidur Scandinavian - source: nonagon.style
Dekorasi pajangan dinding hitam putih pada kamar tidur Scandinavian – source: nonagon.style

Untuk menambahkan dekorasi khas Scandinavian, Teman Narasi dapat memajang beberapa foto atau gambar hitam putih di dinding. Sentuhan warna hitam juga dapat memberikan kesan kontras pada kamar tidur yang didominasi oleh warna putih. 

4. Sentuhan unik pada kamar tidur bergaya Scandinavian

Penggunaan warna aksen pada kamar tidur bergaya Scandinavian - source: thespruce.com
Penggunaan warna aksen pada kamar tidur bergaya Scandinavian – source: thespruce.com

Walaupun gaya Scandinavian cenderung memiliki desain yang sederhana dan palet warna terbatas, Teman Narasi tetap dapat memberikan sentuhan unik ke dalam kamar tidur. Teman Narasi dapat mengambil inspirasinya dari kamar tidur yang satu ini, dengan poster panda penuh warna dan karpet bermotif berwarna mustard yang digunakan untuk menambah keceriaan pada ruangan dengan dominasi warna putih. Namun, agar kamar tidur tetap terlihat menenangkan, batasi penggunaan warna-warna terang pada satu atau dua pilihan warna saja.

5. Kamar tidur Scandinavian dengan warna pastel

Kamar tidur scandinavian dengan warna pastel - source: thespruce.com
Kamar tidur scandinavian dengan warna pastel – source: thespruce.com

Walaupun putih adalah pilihan warna yang paling umum digunakan dalam desain bergaya Scandinavian, Teman Narasi juga dapat bereksperimen dengan warna-warna lembut lainnya seperti warna-warna pastel. Seperti yang terlihat pada kamar tidur satu ini, perabotan dan dekorasi yang terbuat dari logam sangat cocok untuk melengkapi desain kamar tidur Scandinavian dengan warna pastel. 

6. Kamar tidur pria

Inspirasi desain Scandinavian untuk kamar tidur pria - source: pinterest.com
Inspirasi desain Scandinavian untuk kamar tidur pria – source: pinterest.com

Skema warna hitam, putih, dan abu dapat digunakan sebagai titik fokus desain kamar tidur Scandinavian yang lebih maskulin. Pilihlah perabotan dan elemen dekorasi dengan garis-garis sederhana seperti yang terlihat pada kamar tidur satu ini. 

7. Membawa aksen rustic pada kamar tidur bergaya Scandinavian

Aksen rustic pada kamar tidur bergaya Scandinavian - source: thespruce.com
Aksen rustic pada kamar tidur bergaya Scandinavian – source: thespruce.com

Kayu bergaya rustic merupakan salah satu unsur aksen umum yang biasa dipadukan di dalam desain kamar tidur Scandinavian. Kamar tidur satu ini menggunakan bangku kayu yang juga berfungsi sebagai meja untuk menampilkan sentuhan rustic yang sempurna. Teman Narasi juga dapat memanfaatkan material kayu bernuansa rustic sebagai kerangka tempat tidur. 

Inspirasi kamar tidur Scandinavian dengan sentuhan gaya rustic - source: pinterest.com
Inspirasi kamar tidur Scandinavian dengan sentuhan gaya rustic – source: pinterest.com

8. Kamar tidur dengan elemen dekorasi yang praktis

Furnitur bergaya Scandinavian yang praktis dan multifungsi - source: scandinaviandesigns.com
Furnitur bergaya Scandinavian yang praktis dan multifungsi – source: scandinaviandesigns.com

Ketika berbicara soal desain Scandinavian, fungsi dan kepraktisan adalah dua faktor yang sangat penting. Pilihlah perabotan dan dekorasi yang tidak hanya sesuai dengan gaya Scandinavian, tetapi juga praktis dan multifungsi. Sebagai contoh, pilihlah kerangka tempat tidur dengan laci yang dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang. 

9. Pencahayaan alami

Pencahayaan alami pada kamar tidur Scandinavian – source: riamiststudios.com

Pencahayaan juga dapat memainkan peran penting dalam mengatur suasana desain kamar tidur Scandinavian. Gunakan tirai tipis untuk memaksimalkan datangnya cahaya alami dari jendela. Selain menggunakan cahaya alami, lampu gantung atau wall sconces juga dapat membuat kamar tidur terasa hangat, nyaman, dan romantis.

10. Penambahan kontras dan tekstur

Inspirasi kamar tidur Scandinavian - source: myparadissi.com
Inspirasi kamar tidur Scandinavian – source: myparadissi.com

Kontras yang tinggi dan permainan tekstur adalah dua ciri khas desain interior Scandinavian. Perabotan dan elemen dekorasi berwarna hitam dapat memberikan kontras yang dramatis tanpa menghilangkan karakteristik desain kamar tidur serba putih. Selain kontras, Teman Narasi juga dapat menggunakan furnitur dan elemen dekorasi dengan tekstur berbeda-beda, seperti yang terlihat pada kamar tidur ini. 

Permainan tekstur pada kamar tidur bergaya Scandinavian - source: realhomes.com
Permainan tekstur pada kamar tidur bergaya Scandinavian – source: realhomes.com

Walaupun desain Scandinavian sudah ada sejak 1950-an, desain yang satu ini tetap menjadi salah satu desain yang populer di masa kini. Desainnya yang sederhana membuatnya mudah diakses dan tersedia untuk semua kalangan. Apakah Teman Narasi tertarik untuk mendesain kamar tidur dengan gaya Scandinavian? Jika ya, foto hasil kreasimu dan bagikan foto lewat akun Instagram dengan mention ke @narasidesign. Kami tunggu hasil kreasi desain Teman Narasi ya!

Untuk artikel lainnya seputar desain interior Scandinavian Teman Narasi dapat membacanya di sini. Selamat berkreasi dan happy living!

Jangan lupa #dirumahaja dan tetap jaga kesehatan ya!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
decoraid.com,
mydomaine.com,
realhomes.com,
thespruce.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top