skip to Main Content
10 Inspirasi Desain Interior Dari Berbagai Negara

10 Inspirasi Desain Interior Dari Berbagai Negara

Setiap negara memiliki ciri khas desain interior yang berbeda, dan perbedaan itu biasanya disesuaikan dengan iklim, budaya dan faktor lain yang dimiliki oleh masing-masing negara tersebut. Teman Narasi tertarik untuk mengadaptasi desain rumah ciri khas negara tertentu? Berikut beberapa desain rumah dari berbagai negara yang bisa dijadikan inspirasi untuk mendesain ulang rumahmu!

1. Desain Interior Ala Jepang

Gaya desain interior ala Jepang – source: leibal.com
Gaya desain interior ala Jepang – source: leibal.com

Interior rumah Jepang terkenal dengan kesederhanaan dan desainnya yang menenangkan, yang terlihat jelas dari pemilihan warna, furnitur dan peletakannya. Rumah-rumah khas Jepang biasanya didominasi dengan banyaknya penggunaan material bambu dan kayu. Kedua material tersebut banyak digunakan karena mampu menciptakan harmonisasi yang baik antara rumah dengan alam. Untuk memaksimalkan pencahayaan, desain interior rumah jepang sangat identik dengan konsep ruangan yang terbuka dengan desain jendela yang besar. Rumah khas Jepang ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki rumah bernuansa minimalis dan mengandung unsur Zen yang menenangkan.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Desain Gaya Zen Patut Dipilih untuk Hunian

2. Desain Interior Ala Afrika

Gaya desain interior ala Afrika – source: villa-bali.com
Gaya desain interior ala Afrika – source: villa-bali.com

Desain rumah dengan gaya Afrika juga sangat menarik untuk dijadikan inspirasi rumah idaman, lho! Afrika merupakan negara yang dikenal memiliki unsur eksotisme tersendiri serta tradisi dan budaya yang sangat unik. Dekorasi dengan gaya desain interior Afrika banyak terinspirasi dari alam, binatang liar, dan berbagai jenis ukiran kayu tradisional. Untuk mewujudkan tema Afrika di rumah, Teman Narasi harus menyiapkan barang-barang seperti kain bermotif kulit binatang dan barang-barang yang terbuat dari alam seperti jerami, kayu dan tanah liat.

3. Desain Interior Ala Maroko

Gaya desain interior ala Maroko - source: Instagram.com/ginagoesto
Gaya desain interior ala Maroko – source: Instagram.com/ginagoesto

Apabila Teman Narasi ingin menghadirkan keseimbangan antara elemen modern dan tradisional, maka bisa mencoba meniru gaya desain interior dari negara Maroko. Gaya desain interior Maroko dipengaruhi oleh budaya dan agama sehingga desain ini mampu mengekspresikan berbagai sejarah melalui detail, tekstur dan geometri. Salah satu ciri khas dari desain interior Maroko adalah dominasi warna-warna yang terang, lembut dan bold. Sehingga tidak heran jika desain interior rumah bergaya Maroko kerap memadukan  beberapa warna yang mencolok. Jangan lupa juga untuk menambah aksen kain atau karpet bermotif jika ingin menggunakan desain interior Maroko untuk mempercantik dekorasi ruangan.

4. Desain Interior Ala India

Gaya desain interior ala India – source: vogue.com
Gaya desain interior ala India – source: vogue.com

Desain interior India sebenarnya hampir sama dengan gaya Maroko yang memadukan warna-warna cerah dan berani, kain dan juga pola-pola yang rumit pada setiap detailnya. Gaya khas rumah India biasanya juga sangat identik dengan ornamen dekorasi yang mewah, hiasan seperti guci dan dinding yang dihiasi dengan lukisan, foto dan hiasan dinding. Supaya rumah Teman Narasi semakin kental dengan nuansa India, maka Teman Narasi bisa menambahkan unsur-unsur lokal dengan menggunakan kain sari khas India pada gorden atau untuk sebagai taplak dan hiasan meja dan sofa. Nah, apakah Teman Narasi tertarik untuk membuat hunianmu tampil berbeda dengan mengaplikasikan unsur desain rumah bergaya India?

5. Desain Interior Ala Spanyol

Gaya desain interior ala Spanyol – source: ecureidm.com
Gaya desain interior ala Spanyol – source: ecureidm.com

Ciri khas interior Spanyol identik dengan gaya mediterania yang penuh dengan warna. Warna-warna yang digunakan biasanya adalah warna cerah yang memberikan kesan hangat seperti merah, kuning dan orange. Dinding-dinding pada rumah di negara Spanyol juga biasanya bertekstur seperti menggunakan bata ekspos, plester, keramik dan kayu-kayu yang berwarna gelap seperti kayu kenari. Untuk pemilihan furnitur, Teman Narasi bisa mencari furnitur dengan gaya vintage dan memiliki tesktur warna yang membuat desain rumah ini tampak semakin ikonik. Rumah dengan gaya ini menghadirkan suasana Villa di pedesaan yang memberikan kita suasana dan aura kekeluargaan.

Baca juga: Temukan 7 Alasan Memilih Desain Meditteranean Di Sini!

  1. Desain Interior Ala Skandinavia
Gaya desain interior ala Skandinavia – source: pinterest.com
Gaya desain interior ala Skandinavia – source: pinterest.com

Konsep desain interior ala skandinavia merupakan salah satu gaya desain rumah yang banyak diminati. Rumah dengan konsep ini mempunyai prinsip yang kuat yaitu less is more, dengan memanfaatkan sumber yang terbatas untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin. Prinsip less is more dapat kita lihat pada pemilihan furnitur dan aspek ruangan yang pada umumnya sangat minim pada hal yang bersifat detail. Dekorasi yang umumnya digunakan pada desain ini adalah dekorasi yang bersifat natural seperti tanaman indoor dan dekorasi yang terbuat dari kayu. Untuk warna pada ruangan sendiri biasanya sangat identik dengan warna-warna terang yang netral seperti putih, abu-abu, coklat muda dan warna-warna pastel yang berkesan netral.

Baca juga: 7 Alasan Memilih Desain Scandinavian untuk Rumah Unik

7. Desain Interior Ala Amerika

Gaya desain interior ala Amerika – source: pinterest.com
Gaya desain interior ala Amerika – source: pinterest.com

Karakter dari rumah bergaya Amerika adalah penggunaan material alami seperti kayu dan batu yang dominan pada bangunan, yang mencerminkan ciri khas pedesaan dan country Amerika. Karakter lain dari gaya ini adalah penggunaan warna yang lembut seperti warna putih, soft taupe dan warna-warna coklat yang sangat cocok dikombinasi dengan material yang terinspirasi dari alam. Untuk furnitur, gaya interior ini sangat berbeda dengan gaya Skandinavia. Gaya Amerika lebih memilih menggunakan furnitur yang besar untuk memberikan kesan yang mewah. Mark Zuckeberg merupakan salah satu seorang milyader di dunia yang memiliki rumah dengan desain American style, lho!

8. Desain Interior Ala Korea

Gaya desain interior ala Korea – source: pinterest.com
Gaya desain interior ala Korea – source: pinterest.com

Untuk Teman Narasi yang suka menonton drama korea pasti sudah tidak asing dengan bentuk rumah dan desain interior dari rumah Korea. Desain interior ala Korea ini semakin banyak disukai karena konsepnya yang sangat simpel dan membuat rumah tampil semakin kekinian. Kayu dan kaca merupakan material utama yang banyak digunakan untuk desain rumah Korea. Unsur kayu yang berwarna cerah biasanya digunakan untuk dinding, furnitur dan dekorasi lainnya. Sedangkan unsur kaca banyak digunakan karena akan membuat ruangan terlihat lebih luas dan untuk menghadirkan unsur pencahayaan yang alami.

9. Desain Interior Ala Meksiko

Gaya desain interior ala Meksiko – source: pinterest.com
Gaya desain interior ala Meksiko – source: pinterest.com

Jika kamu menyukai warna-warna yang berani dan desain furnitur yang rustic maka kamu harus mempertimbangkan untuk memiliki hunian bertema Meksiko. Warna-warna yang kaya dan adanya sentuhan tekstur tenun adalah kunci dalam mendekorasi rumah ala Meksiko. Untuk furnitur sendiri biasanya memiliki tampilan yang sangat kasar karena terbuat dari kayu pinus, kayu reklamasi dan besi tempa. Supaya nuansa tradisional Meksiko lebih terasa, kamu bisa menggunakan semen stucco pada dinding di ruangan dan menggunakan ubin keramik yang berpola.

10. Desain Interior Ala Perancis

Gaya desain interior ala Prancis – source: pinterest.com
Gaya desain interior ala Prancis – source: pinterest.com

Perancis selalu menghadirkan pesona dan keindahan yang berbeda. Begitu juga dengan desain interior rumah-rumah di Prancis yang sangat identik dengan unsur elegan dan klasik. Elemen-elemen pada desain interior ala Prancis menekankan pada sisi kemewahan yang dapat terlihat dari langit-langit yang tinggi, jendela yang besar, hiasan yang diukir, perapian marmer dan lantai kayu. Pemilihan elemen warna juga perlu diperhatikan karena desain interior ala Perancis jarang memasukan unsur alam ke dalam sebuah ruangan. Jadi perlu menghindari warna-warna seperti kuning dan hijau.

Itulah 10 desain interior dari berbagai negara yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk rumah idamanmu. Tidak kalah menarik dengan desain interior kekinian bukan? Semoga dapat menginspirasi kamu dan selamat mencoba, Teman Narasi!

Penulis: Annisaa Zunnur
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
dengarden.com,
designcurial.com,
elledecor.com,
hamstech.com

This Post Has 2 Comments
  1. Eᴠeryone loves what you guys tend to be up too.

    This kind of clever work and reporting! ᛕeep up the wondeгful worқs guys I’ve incorⲣorated you gսys to our blogroll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top