skip to Main Content
10 Inspirasi Desain Kamar Tidur Bergaya Kontemporer

10 Inspirasi Desain Kamar Tidur Bergaya Kontemporer

Desain interior kontemporer mengacu pada tren desain terkini namun tetap memberikan ruang kepada tren desain masa lalu untuk ditampilkan. Kembali ke tahun 1970-an, gaya kontemporer dinilai unik karena meminjam elemen dari beberapa gaya desain. Jadi, tidak mengherankan jika gaya interior kontemporer memiliki sedikit sentuhan gaya modern, tradisional, art deco, bahkan gaya futuristik. Palet warna yang biasa digunakan dalam desain interior kontemporer juga sangat beragam, mulai dari warna netral hingga warna-warna yang lebih terang dan berani seperti merah, kuning, biru, dan lainnya.

Tidak seperti gaya desain lain yang mengedepankan karakteristik tertentu, desain kontemporer justru terus berkembang dan memberikan kebebasan untuk menampilkan kombinasi satu atau desain secara bersamaan. Bisa saja apa yang menjadi tren desain kontemporer saat ini, seperti penggunaan warna netral dan minimalis, dapat berubah di masa yang akan datang. Berikut ulasan 10 kamar tidur kontemporer untuk menginspirasi Teman Narasi!

1. The true contemporer

Konsep desain kontemporer yang selalu dinamis memang sulit untuk dijabarkan. Pada dasarnya, gaya kontemporer disesuaikan dengan tren yang sedang digemari saat ini. Dengan demikian, dekorasi kamar tidur kontemporer dapat mencakup berbagai tema, namun tetap memiliki kesamaan, yaitu, nuansa yang tenang, clutter-free, dan menghadirkan skema warna yang sederhana.

Inspirasi desain kamar tidur kontemporer - source: thespruce.com
Inspirasi desain kamar tidur kontemporer – source: thespruce.com

Desain kamar tidur yang satu ini adalah contoh desain kontemporer pada umumnya, yaitu tidak menggunakan terlalu banyak perabot ataupun pernak-pernik dekorasi. Salah satu cara untuk membuat kamar tidur kontemporer yang berbeda adalah dengan menempatkan perabotan bergaya minimalis, lalu tambahkan elemen unik yang dapat dijadikan pusat perhatian. Seperti yang terlihat, kamar tidur ini memiliki sentuhan akhir dengan dekorasi berupa nakas kaca, motif bunga pada pintu lemari, dan lampu dengan hiasan kristal.

2. Kontemporer bergaya glamor

Inspirasi desain kamar tidur bergaya kontemporer glamor - source: thespruce.com
Inspirasi desain kamar tidur bergaya kontemporer glamor – source: thespruce.com

Skema warna arang dan abu-abu tua membuat kamar tidur ini terlihat glamor. Agar tidak terlihat terkesan minimalis, pilihlah perabotan dan elemen dekorasi yang elegan, seperti kamar tidur yang ditampilkan di sini. Desain kontemporer yang glamor ditunjukkan dengan adanya lampu chandelier, headboard yang elegan, sarung bantal bermotif, dan lampu samping tempat tidur yang terbuat dari krom. 

3. Kamar tidur dengan tekstur

Inspirasi desain kamar tidur kontemporer - source: thespruce.com
Inspirasi desain kamar tidur kontemporer – source: thespruce.com

Permainan tekstur dapat membuat kamar tidur bergaya kontemporer tampil semakin spesial. Kamar tidur yang minimalis dengan skema warna lembut, perabotan sederhana, dan minim dekorasi, dapat disulap menjadi kamar tidur bergaya kontemporer dengan penambahan tekstur. Lantai beton, selimut bulu, permadani yang halus, perabotan dari anyaman, serta lampu wall sconces logam yang mengkilap mampu mengubah ruangan menjadi lebih hidup dengan banyaknya karakter. 

4. Fun contemporer

Inspirasi desain kamar tidur kontemporer - source: thespruce.com
Inspirasi desain kamar tidur kontemporer – source: thespruce.com

Skema warna putih dan dan coklat muda yang ditampilkan pada desain kamar tidur ini memberikan suasana yang tenang, dengan sentuhan simple namun unik yang mampu memamerkan selera si pemilik, misalnya melalui dinding kamar yang dihiasi dengan susunan cabang-cabang kayu panjang dan tipis yang dicat putih. Pilihan selimut pom-pom dan selimut berjumbai warna-warni juga melengkapi kamar tidur dengan desain kontemporer yang fun ini. 

5. Desain kontemporer dengan sentuhan gaya industrial

Inspirasi desain kamar tidur kontemporer dengan sentuhan gaya industrial - source: pinterest.com
Inspirasi desain kamar tidur kontemporer dengan sentuhan gaya industrial – source: pinterest.com

Kamar tidur satu ini menunjukkan gaya desain kontemporer dengan sentuhan gaya industrial. Lantai beton dan jendela besar membuat kamar tidur ini memiliki nuansa industrial yang kental. Namun, perabotan dan elemen dekorasi yang dipilih datang dari beberapa gaya desain, seperti minimalis, modern, dan rustic.

6. Kontemporer dengan sentuhan gaya rustic

Inspirasi desain kamar tidur kontemporer dengan sentuhan gaya rustic - source: thespruce.com
Inspirasi desain kamar tidur kontemporer dengan sentuhan gaya rustic – source: thespruce.com

Kamar tidur Teman Narasi mungkin tidak memiliki pemandangan laut yang indah seperti kamar ini, tetapi itu tidak berarti Teman Narasi tidak dapat menggunakan trik desain dekorasinya . Palet kamar berwarna hitam dan abu-abu biasanya cocok disandingkan dengan furnitur bergaya modern dan minimalis, namun lain halnya dengan kamar satu ini. Kamar tidur ini mencampurkan perabotan kayu dan langit-langit yang dihiasi dengan wood beams atau susunan balok kayu, aksen warna kuning pastel, serta selimut dan sarung bantal bermotif geometris. Kamar tidur ini adalah contoh sempurna yang memperlihatkan sisi rustic dari gaya desain kontemporer. 

7. Aksen cerah

Inspirasi desain kamar tidur kontemporer dengan aksen warna cerah - source: thespruce.com
Inspirasi desain kamar tidur kontemporer dengan aksen warna cerah – source: thespruce.com

Inilah inspirasi desain kamar tidur yang mencakup dua tren dekorasi kontemporer yang populer, yaitu perabotan bergaya mid-century dan palet warna putih pada gaya minimalis. Kamar ini pula yang menunjukkan bahwa kontemporer tidak harus berarti tanpa warna atau dekorasi unik lainnya. Aksen cerah seperti hiasan dinding warna-warni di atas tempat tidur, atau pintu lemari berwarna biru terbukti membuat kamar tampil lebih hidup dan colorful.

8. Kontemporer bernuansa alami

Inspirasi desain kamar tidur kontemporer bernuansa alami - source: thespruce.com
Inspirasi desain kamar tidur kontemporer bernuansa alami – source: thespruce.com

Desain kamar tidur kontemporer satu ini menggunakan skema warna hitam putih yang dikombinasikan dengan perabotan kayu berwarna coklat alami. Teman Narasi mungkin kerap menemukan furnitur bergaya kontemporer yang dicat atau dipernis, tetapi penggunaan furnitur berbahan kayu alami juga dapat membuat tampilan kamar tidur tetap hangat dan nyaman.

9. Suasana desain kontemporer yang menenangkan

Inspirasi desain kamar tidur kontemporer yang menenangkan - source: thespruce.com
Inspirasi desain kamar tidur kontemporer yang menenangkan – source: thespruce.com

Kamar tidur harus didesain senyaman mungkin karena berfungsi sebagai tempat beristirahat dan berelaksasi setelah beraktivitas seharian. Tidak peduli apa gaya dekorasi yang dipilih, Teman Narasi dapat membawa suasana yang menenangkan dengan memilih palet warna lembut dan perabotan sederhana seperti yang terlihat pada kamar tidur ini. 

10. One shot of color

Inspirasi desain kamar tidur kontemporer - source: thespruce.com
Inspirasi desain kamar tidur kontemporer – source: thespruce.com

Jika Teman Narasi merasa kamar tidur serba putih dan perabotan sederhana terlalu monokrom, kamu dapat menyuntikkan satu warna yang lebih intens untuk mendapatkan sisi desain kontemporer. Kamar tidur satu ini berhasil memberikan efek dinamis pada ruangan yang netral dengan memajang lukisan berwarna oranye.  

So, mana desain kamar tidur bergaya kontemporer favorit Teman Narasi? Tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah ya! Untuk artikel lainnya seputar desain interior dan dekorasi kamar tidur, Teman Narasi dapat mengaksesnya di sini. Selamat berkreasi dan happy living!

Jangan lupa untuk #dirumahaja dan tetap jaga kesehatan ya!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
freshome.com,
thespruce.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top