skip to Main Content
10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Desain Modern Yang Elegan

10 Inspirasi Kamar Tidur dengan Desain Modern yang Elegan

Desain kamar tidur modern tidak pernah gagal dalam menghadirkan kesan positif. Desainnya yang elegan dan mewah bak kamar hotel bintang lima mampu membuat seisi kamar tidur tampak ideal dan menjadi ruangan yang nyaman untuk beristirahat. Untuk melihat bagaimana desain dan aksen interior ditata dengan baik pada kamar tidur bergaya modern, 10 ide desain di bawah ini dapat memberikan inspirasi yang Teman Narasi butuhkan! 

10. Kamar tidur modern yang monokrom dan minimalis

Salah satu ciri khas kamar tidur dengan gaya interior modern adalah skema warna yang netral serta garis arsitektur yang tegas dan minimalis. Contoh konkretnya adalah unsur interior berupa pola atau garis tepi yang rumit pada langit-langit sebuah ruangan sangat jarang ditemui pada desain ini.

Inspirasi kamar tidur modern yang monokrom dan minimalis – source: elledecor.com

Kamar tidur utama serba putih yang ada di pusat kota Manhattan ini menampilkan keindahan desain modern. Interiornya yang minimalis dengan skema warna abu dan putih membuat kamar tidur ini tampil minimalis dan menenangkan. 

2. Kamar tidur modern yang glamor

Inspirasi kamar tidur modern yang glamor – source: elledecor.com

Untuk menciptakan kamar tidur modern yang elegan dan glamor, Teman Narasi dapat memilih material interior seperti yang terlihat pada desain kamar ini. Dinding kamar yang menggunakan material kayu yang dengan tekstur yang mewah, kerangka dan headboard tempat tidur yang terbuat dari kulit, serta material bedding beludru dan sutra berhasil memberikan kesan dan tampilan yang mewah pada kamar tidur. 

3. Kamar tidur modern dengan statement furniture

Kamar tidur modern dengan statement furniture - source: elledecor.com
Kamar tidur modern dengan statement furniture – source: elledecor.com

Untuk menambahkan aksen modern pada kamar, kamar tidur utama di apartemen kota New York ini menggunakan kursi stainless steel dengan bentuk unik sebagai statement furniture. Pilihlah struktur atau model perabotan yang sederhana dan tidak memperlihatkan detail-detail rumit seperti banyaknya lekukan, pahatan, ukiran, celah, motif, dan lainnya. 

4. Aksen cerah pada kamar tidur modern

Lukisan dinding berpola geometri pada kamar tidur bergaya modern - source: thespruce.com
Lukisan dinding berpola geometri pada kamar tidur bergaya modern – source: thespruce.com

Palet warna yang netral seperti putih, krem, coklat muda, dan abu-abu adalah palet warna utama pada desain interior bergaya modern. Namun, tidak menutup kemungkinan warna-warna yang lebih tegas dan berani seperti hitam pekat, kuning, dan biru, juga digunakan pada hunian. Hanya saja, warna-warna tersebut cukup digunakan sebagai warna aksen saja. Untuk memberikan aksen warna yang tidak terlalu berlebihan di dalam kamar, Teman Narasi dapat menaruh lukisan dinding berpola geometri yang sesuai dengan karakteristik desain modern seperti kamar tidur satu ini. Warna biru tua dan merah tua juga sering diaplikasikan sebagai warna pelengkap di dalam kamar tidur bergaya modern. 

5. Karya seni sebagai titik fokus kamar tidur

Inspirasi kamar tidur modern - source: elledecor.com
Inspirasi kamar tidur modern – source: elledecor.com

Untuk menambah kesan modern pada kamar tidur, Teman Narasi dapat memamerkan karya seni, seperti lukisan besar dan poster, yang diletakkan di atas tempat tidur. Ukurannya yang besar juga dapat dijadikan sebagai titik fokus yang menambahkan karakter pada kamar tidur. 

6. Permukaan yang dipoles

Inspirasi kamar tidur modern – source: thespruce.com

Pada umumnya, ruangan dengan desain modern memiliki permukaan atau tekstur yang halus dan mengkilap. Lantai dengan finishing, perabotan yang dipernis, adanya aksen logam, terutama krom dan kaca mampu membangun kesan kamar tidur yang bersih dan modern.

7. Gaya modern yang menenangkan

Inspirasi kamar tidur modern yang menenangkan – source: thespruce.com

Warna-warna lembut dan garis-garis yang sederhana pada kamar tidur modern ini memberikan kesan yang menenangkan dan menjadikannya sebagai desain yang baik untuk diaplikasikan pada kamar tidur utama.

Inspirasi kamar tidur modern dengan skema warna biru – source: home-designing.com

Teman Narasi juga dapat mengambil inspirasi dari kamar tidur dengan skema warna biru ini. Biru adalah warna yang menenangkan dan dapat membantu meningkatkan relaksasi dan kualitas tidur. 

8. Sentuhan vertikal

Inspirasi kamar tidur modern - source: thespruce.com
Inspirasi kamar tidur modern – source: thespruce.com

Selain digunakan sebagai pencahayaan dekoratif, lampu gantung juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan sentuhan vertikal pada kamar tidur yang didominasi oleh garis-garis horizontal. Dengan begitu, desain kamar tidur akan tampak lebih ideal dan seimbang. 

9. Bahan alami sebagai dekorasi kamar tidur

Inspirasi kamar tidur modern - source: horlmagazine.com
Inspirasi kamar tidur modern – source: horlmagazine.com

Desain interior modern juga menggunakan furnitur dan dekorasi yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu dan batu alam, sehingga tampilan ruangan akan dihiasi dengan warna-warna netral. Kamar tidur dengan desain mid-century modern juga biasanya menggunakan material kayu, tidak hanya sebagai bahan untuk lantai, tetapi juga untuk panel dinding dan bahkan langit-langit. 

10. Mengutamakan fungsi daripada estetika

Inspirasi dekorasi kamar tidur modern dengan decorative tray – source: awesomedecors.us

Saat mengadaptasi desain interior modern, Teman Narasi diwajibkan untuk melihat nilai furnitur berdasarkan fungsinya sehingga dapat membantu mendukung aktivitas sehari-hari agar lebih efisien. Gagasan ‘bentuk mengikuti fungsi’ adalah salah satu karakteristik penting dalam desain interior modern. Dengan kata lain, semua desain furnitur beserta dekorasi tidak hanya berfokus pada bentuk dan pesona estetikanya, tetapi harus mencerminkan sisi fungsional. Jika furnitur atau dekorasi hanya dianggap memenuhi ruangan dan tidak memiliki tujuan praktis, maka bisa dihilangkan. Salah satu contoh yang bisa Teman Narasi lakukan adalah memanfaatkan decorative tray. Selain, berguna sebagai pemanis ruangan, decorative tray juga dapat digunakan sebagai wadah lilin, tempat menaruh aksesoris, parfum, dan barang-barang lainnya di dalam kamar.

Nah, dari 10 desain kamar tidur di atas, desain mana yang menarik perhatian Teman Narasi? Tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah ya! Untuk artikel lainnya seputar desain interior modern, Teman Narasi dapat membacanya di sini. Selamat berkreasi dan happy living!

Jangan lupa untuk #dirumahaja dan tetap jaga kesehatan ya! 

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
elledecor.com,
home-designing.com,
thespruce.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top