skip to Main Content
10 Tanaman Hias Yang Dapat Membuat Hunian Tampil Lebih Indah

10 Tanaman Hias yang Dapat Membuat Hunian Tampil Lebih Indah

Tanaman hias merupakan salah satu elemen yang wajib dimiliki untuk membuat hunian tampil lebih hidup. Selain itu, suasana penghijauan baik di luar maupun di dalam rumah juga dapat mendatangkan manfaat lain, seperti membuat hunian menjadi lebih sejuk dan membuat udara di rumah menjadi lebih segar, karena tanaman mampu menyerap berbagai polutan dan melepaskan oksigen. Berikut adalah 10 jenis tanaman hias yang akan membuat hunianmu tampil lebih asri dan indah!

1. Pothos / Devil’s Ivy (Tanaman Sirih Gading)

Tanaman hias siring gading - source: smartgardenguide.com
Tanaman hias siring gading – source: smartgardenguide.com

Tanaman hias satu ini masih menjadi tren tanaman hias indoor yang tidak hanya cantik sebagai dekorasi, tetapi juga memiliki perawatan yang mudah. Tanaman hias merambat asal Asia Tenggara ini dapat bertahan bertahun-tahun dan tidak mudah layu atau mati sehingga cocok untuk pemula. Teman Narasi tidak perlu menghabiskan waktu yang banyak untuk mengurusnya karena pothos dapat hidup di cahaya rendah sekalipun dan bahkan di berbagai suhu ruangan. Sering menyiram atau tidak juga tidak akan menjadi masalah karena Pothos tidak membutuhkan air dalam jumlah besar untuk tumbuh. 

Jika daunnya sudah merambat dengan panjang dan membuat Teman Narasi merasa terganggu, kamu dapat memotongnya dan Pothos akan tetap tumbuh dengan sehat. Pothos juga dapat membuat rumah terasa lebih hijau tanpa memakan banyak ruang, karena bisa dijadikan sebagai tanaman hias gantung. Ditambah lagi, Pothos juga merupakan tanaman hias pembersih udara yang efektif menyerap dan menghilangkan senyawa kimia yang dihasilkan dari semprotan pembasmi serangga, parfum, sabun cuci piring, dan lainnya.

2. Fiddle-Leaf Fig (Tanaman Kimunding / Ara Biola)

Tanaman hias fiddle leaf fig (ara biola/kimunding) - source: michlers.com
Tanaman hias fiddle leaf fig (ara biola/kimunding) – source: michlers.com

Tanaman ini tentu akan membuat perubahan yang signifikan jika diletakkan di depan pintu rumah, di dalam ruangan, maupun di teras belakang rumah karena dapat menciptakan suasana yang lebih cerah, karena tinggi pohon dan daunnya yang berwarna hijau gelap yang besar, mengkilap, dan tidak mudah rontok. Tanaman ini menyukai suhu ruangan sekitar 65-75 derajat dan paparan cahaya sedang ke terang. Pilihlah sudut rumah yang terang, namun pastikan tak terpapar langsung oleh sinar matahari karena dapat merusak daunnya. Jika muncul bintik-bintik coklat pada daun, itu berarti Teman Narasi terlalu sering atau justru terlalu jarang menyiramnya. Siramlah tanaman Ara Biola kira-kira seminggu sekali atau setiap 10 hari.  

3. Aloe Vera (Lidah Buaya)

Tanaman hias lidah buaya - source: orami.co.id
Tanaman hias lidah buaya – source: orami.co.id

Tanaman hias satu ini cukup populer dan sudah umum dimiliki banyak orang. Selain dijadikan sebagai tanaman hias, Lidah Buaya juga ditanam untuk dijadikan fungsi kesehatan seperti bahan penyubur rambut, penyembuh luka, dan kini juga telah banyak dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, dan minuman kesehatan. Lidah Buaya juga mampu menyerap berbagai jenis polutan sehingga dapat membuat sirkulasi udara di rumah menjadi lebih baik dan sehat. 

4. Anthurium (Tanaman Kuping Gajah)

Tanaman hias kuping gajah - source: tanamanhiasan.com
Tanaman hias kuping gajah – source: tanamanhiasan.com

Bentuk daunnya yang lebar dan menyerupai telinga gajah adalah alasan mengapa tanaman ini disebut sebagai tanaman Kuping Gajah. Daun dari tanaman hias ini berwarna hijau tua dengan urat-urat berwarna hijau muda keputih-putihan. Perawatan tanaman hias satu ini juga terbilang cukup mudah dan hanya membutuhkan sedikit sinar matahari sehingga cocok diletakkan sebagai dekorasi di dalam rumah. 

5. Tanaman Calathea Makoyama

Tanaman hias Calathea Makoyama - source: bibitbunga.com
Tanaman hias Calathea Makoyama – source: bibitbunga.com

Mungkin nama Calathea masih terdengar asing di telinga, namun jika sudah melihat tampilannya, Teman Narasi pasti dapat dengan mudah mengenalinya karena tanaman ini sering dijumpai di banyak penjual tanaman hias. Calathea memiliki daun dengan perpaduan palet warna hijau dan corak yang indah. Beberapa jenis tanaman hias Calathea yang menjadi favorit pembeli adalah Calathea Lutea, Violacea, dan Calathea Makoyama yang menyerupai corak pada bulu burung merak. Perawatan Calathea juga terbilang mudah sehingga cocok untuk pemula. Teman Narasi hanya perlu melakukan penyiraman setiap hari dengan sedikit air, gunakan botol semprotan jika perlu. Jika calathea ditaruh di dalam ruangan, sebaiknya taruh di dekat jendela agar tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup. 

6. Spider Plant (Tanaman Lili Paris)

Tanaman hias lili paris - source: gardeningknowhow.com
Tanaman hias lili paris – source: gardeningknowhow.com

Tanaman asal Afrika Selatan ini merupakan salah satu tanaman hias yang cepat pertumbuhannya. Tanaman ini bisa Teman Narasi gantung di bagian teras rumah atau ditaruh dalam pot sebagai dekorasi di atas coffee table, bedside table, rak buku, dan lain-lain. Tanaman ini sangat mudah beradaptasi di tempat dengan pencahayaan sedang sampai rendah dan di tempat yang panas, sejuk, dingin, ataupun cuaca ekstrem. Tanaman ini juga tidak membutuhkan perhatian khusus karena tidak perlu disiram secara rutin, siram saat permukaan tanahnya sudah mulai mengering saja.

7. Aglaonema (Tanaman Sri Rejeki)

Tanaman hias aglaonema atau sri rejeki - source: artikel.rumah123.com
Tanaman hias aglaonema atau sri rejeki – source: artikel.rumah123.com

Jika menginginkan tanaman hias yang sedikit berwarna, Teman Narasi dapat memilih Aglaonema atau tanaman Sri Rejeki. Aglaonema memiliki bentuk daun yang lonjong dengan perpaduan warna hijau dan merah muda. Untuk perawatannya, Teman Narasi perlu berhati-hati jika tanaman tidak mendapatkan cahaya yang memadai atau berada di ruangan yang terlalu panas dan kering terutama di saat musim kemarau karena daun akan mudah layu. Pangkas dengan segera jika menemukan daun yang layu.

8. Snake Plant (Tanaman Lidah Mertua)

Tanaman hias lidah mertua - source: indozone.id
Tanaman hias lidah mertua – source: indozone.id

Snake Plant dapat tumbuh relatif cepat dan subur dalam keadaan kekurangan air sekalipun, sehingga cocok untuk Teman Narasi yang merasa kurang telaten dalam memelihara tanaman dan sering lupa menyiram. Tanaman ini juga dapat hidup di suhu ruangan yang normal dan toleran terhadap tingkat cahaya rendah ataupun saat terpapar langsung oleh sinar matahari. Hanya dengan satu pot kecil yang bisa kamu taruh sebagai dekorasi ruang tamu atau dekat pintu masuk rumah, tanaman hias ini dapat membuat sirkulasi udara di dalam ruangan ataupun di sekitar rumah menjadi kian segar. Snake Plant mampu menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari.

9. Rubber Plant (Tanaman Karet Kebo)

Tanaman hias karet kebo atau rubber plant - source: leonandgeorge.fr
Tanaman hias karet kebo atau rubber plant – source: leonandgeorge.fr

Rubber plant adalah tanaman hias yang terbilang tinggi, berdaun besar dan mengkilap, serta memiliki perawatan yang mudah. Tanaman ini dapat tumbuh 2-4 meter dan tidak memerlukan pemeliharaan yang terlalu signifikan. Rubber Plant dapat tumbuh subur dalam kondisi pencahayaan dari sedang ke terang dan dalam kisaran suhu ruangan 60-80 derajat. Kabar baik lainnya adalah Rubber Plant tidak harus sering disiram. Tanaman ini juga bermanfaat untuk mengeliminasi racun pada udara dan cocok ditaruh di pojok-pojok ruangan sehingga dapat memberi dimensi dan kesan tinggi pada ruangan. Daun pada Rubber Plant mungkin dapat berdebu dan hal tersebut dapat mengundang jamur dan bakteri yang menyebabkan hama dan penyakit, jadi cukup gunakan kain katun yang dibasahi dengan sedikit air untuk membersihkannya.

10. Areca Palm (Tanaman Palem Kuning)

Tanaman hias palem kuning - source: bloomingartifical.co.uk
Tanaman hias palem kuning – source: bloomingartifical.co.uk

Tanaman hias palem kuning – source: bloomingartifical.co.uk

Palem Kuning dapat bertahan hidup di iklim tropis dan subtropis, seperti Indonesia. Tanaman hias ini dapat ditanam di tempat yang teduh atau di bawah sinar matahari sekalipun, sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman hias outdoor. Perawatan tanaman palem kuning tidak sulit, tetapi juga jangan terlalu diabaikan. Siram tanaman ini dengan air secukupnya untuk menjaga tanah sedikit lembab, terutama saat di musim kemarau.

Jadi, tanaman hias mana yang membuat Teman Narasi tertarik untuk memilikinya? Tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah ya! Selamat berkreasi dan happy living!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
apartmenttheraphy.com,
gardeningknowhow.com,
greeneryunlimited.co,
tanamanhiasan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top