skip to Main Content
10 Tips Dan Inspirasi Desain Interior Ruang Kerja Di Rumah

10 Tips dan Inspirasi Desain Interior Ruang Kerja di Rumah

Walaupun sudah memasuki masa ‘New Normal’, sebagian dari Teman Narasi mungkin masih ada yang bekerja di rumah. Untuk membuat suasana work from home atau bekerja dari rumah semakin kondusif dan produktif, ada baiknya Teman Narasi menata area atau ruang kerja senyaman mungkin. Berikut adalah 10 tips yang dapat Teman Narasi implementasikan untuk mendesain dan mendekorasi area atau ruang kerja di rumah! 

1. Memilih lokasi yang nyaman

Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja - source: pinterest.com
Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja – source: pinterest.com
Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja - source: madebymood.com
Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja – source: madebymood.com

Untuk memilih lokasi yang tepat untuk dijadikan area kerja, Teman Narasi dapat mempertimbangkan lokasi yang sesuai dengan jenis dan karakter pekerjaan. Apakah Teman Narasi bekerja lebih nyaman bekerja di tempat dengan suasana yang padat dan ramai? Atau di ruangan yang sunyi? Selain itu, menempatkan meja mengarah ke jendela juga dapat memberikan pandangan yang lebih menarik dibandingkan dengan menghadap dinding kosong. Selain memberikan pandangan yang lebih baik, cahaya matahari alami yang masuk melalui jendela juga membuat pencahayaan pada area kerja menjadi lebih ideal. Namun, jika Teman Narasi bekerja di ruangan tanpa jendela, mengecat dinding dengan warna favorit atau menggantung gambar atau kata-kata motivasi adalah cara alternatif untuk menciptakan ruang kerja yang lebih menarik.

2. Memilih furnitur yang fungsional

Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja - source: pinterest.com
Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja – source: pinterest.com

Hindari memilih furnitur yang hanya terlihat estetik, karena model furnitur yang estetik belum tentu memberikan fungsi dan kenyamanan yang maksimal. Teman Narasi tentunya akan menghabiskan waktu berjam-jam duduk di kursi kerja, sehingga memilih kursi yang nyaman dan dapat mendukung postur tubuh adalah langkah yang tepat.

Memilih kursi yang nyaman untuk area kerja di rumah - source: forrestfurnishings.co.uk
Memilih kursi yang nyaman untuk area kerja di rumah – source: forrestfurnishings.co.uk

3. Mendekorasi dinding

Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja - source: pinterest.com
Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja – source: pinterest.com

Seperti yang sudah disampaikan di poin pertama, untuk menciptakan area atau ruang kerja yang enak dipandang, Teman Narasi dapat mendekorasi dinding dengan mengaplikasikan cat dengan warna favorit atau menggantung beberapa gambar cantik. Hijau dan biru adalah dua warna yang baik untuk meningkatkan konsentrasi jangka panjang dan juga menjernihkan pikiran, sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk diaplikasikan pada dinding area atau ruang kerja.

Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja dengan meja multifungsi - source: heals.com
Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja dengan meja multifungsi – source: heals.com

4. Memilih elemen dekorasi yang homey

Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja - source: instagram.com/keziamariska/
Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja – source: instagram.com/keziamariska/

Jika ingin tampilan area atau ruang kerja yang kontemporer, Teman Narasi dapat menggunakan elemen dekorasi berupa cangkir untuk menaruh alat tulis, notepad trendi, sticky notes, pigura dengan kata-kata motivasi, tanaman artifisial, keranjang sampah minimalis, dan lain sebagainya. Memilih dekorasi yang tepat serta menatanya dengan apik, area atau ruang kerja dapat menjadi ruangan yang memotivasi Teman Narasi untuk bekerja dengan lebih produktif.

Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja - source: instagram.com/yosoahendra/
Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja – source: instagram.com/yosoahendra/

5. Menata ruang dengan seimbang

Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja - source: instagram.com/eko.cahyo.saputro/
Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja – source: instagram.com/eko.cahyo.saputro/

Agar terlihat seimbang, tata ruang kerja Teman Narasi dengan menggabungkan elemen dekorasi yang vertikal dan horizontal. Contohnya bisa dilakukan dengan memasang rak mengambang pada dinding untuk dijadikan tempat penyimpanan barang atau dengan menggunakan folder dokumen vertikal di meja dalam jangkauan lengan untuk menyimpan berkas penting. 

6. Menyembunyikan kabel

Penggunaan grommet pada meja untuk mengorganisir kabel – source: architectmagazine.com

Penggunaan cable winder untuk menggulung kabel - source: shopee.com
Penggunaan cable winder untuk menggulung kabel – source: shopee.com

Kabel yang ada di mana-mana sering menjadi penyebab utama mengapa area atau ruang kerja tampak berantakan. Untuk mengatasinya, pastikan peralatan elektronik yang Teman Narasi gunakan berdekatan dengan stop kontak sehingga mudah diakses jika perlu mencabut kabel. Selain itu, Teman Narasi juga dapat menggunakan grommet meja atau boks khusus untuk membantu menata kabel yang berserakan. Gunakan juga cable winder atau penggulung kabel untuk menghindari kabel panjang yang menjuntai, menumpuk, dan terlihat berserakan. 

Cable management box - source: jollychic.com
Cable management box – source: jollychic.com

7. Memilih pencahayaan yang tepat

Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja - source: pinterest.com
Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja – source: pinterest.com
Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja dengan lampu meja - source: fancycrave.com
Inspirasi dekorasi area atau ruang kerja dengan lampu meja – source: fancycrave.com

Pastikan area atau ruang kerja Teman Narasi memiliki banyak sumber cahaya untuk mengurangi ketegangan mata dan menghindari kemungkinan sakit kepala. Posisikan monitor komputer atau laptop ke arah yang benar untuk menghindari adanya refleksi cahaya dari jendela. Jika dibutuhkan, letakkan lampu kecil di meja sebagai bentuk dari task lighting.

Bekerja dari rumah kini semakin penuh gaya dan produktif dengan 10 tips desain dan dekorasi ruang kerja di atas. Apabila Teman Narasi mengikuti satu atau beberapa tips di atas untuk menata area kerja kamu, jangan lupa mengambil foto dan mengunggahnya di Instagram dengan mention ke @narasidesign, karena foto yang menarik punya kesempatan untuk di-repost! Selamat berkreasi dan happy living, Teman Narasi!

Selamat menjalankan ‘New Normal’ dan tetap jaga kesehatan ya!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber: hgtv.com

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top