skip to Main Content
10 Tips Desain Interior Untuk Mempercantik Kamar Tamu

10 Tips Desain Interior untuk Mempercantik Kamar Tamu

Banyak pemilik rumah yang menghabiskan cukup banyak waktu, tenaga, dan uang untuk melakukan renovasi atau memperbarui bagian-bagian rumah seperti ruang tamu, dapur, kamar tidur, kamar mandi, dan lain sebagainya. Namun, lain halnya dengan kamar tamu yang menjadi salah satu bagian dari rumah yang kerap diabaikan. Hal ini juga terkadang membuat pemilik rumah kewalahan ketika ada tamu yang sedang berkunjung dan ingin bermalam. Untuk mengantisipasi agar hal ini tidak terjadi, Teman Narasi dapat memulai proyek dekorasi kamar tamu dengan mengikuti 10 tips di bawah ini. 

1. Memilih tema kamar tamu dan mengkoordinasikan skema warna

Inspirasi desain kamar tamu scandinavian - source: houzz.com
Inspirasi desain kamar tamu scandinavian – source: houzz.com

Agar desain dan dekorasi kamar tamu terlihat harmonis, pilihlah satu atau gabungkanlah dua gaya desain, seperti gaya scandinavian dengan sentuhan rustic atau gaya minimalis dengan perabotan  modern. Penting juga untuk menentukan skema warna ruangan, mulai dari warna dinding, warna perabotan, dan warna elemen dekorasi. Skema warna yang terpadu akan membuat ruangan tampak lebih elegan dan terpelihara.

2. Tambahkan cermin pada kamar tamu

Cermin sebagai elemen dekorasi kamar tamu – source: housebeautiful.com

Hadirkanlah elemen cermin dengan menambahkan cermin panjang satuan seperti yang ada pada gambar di atas, atau lewat lemari pakaian dengan pintu kaca. Selain untuk kegunaan berkaca, cermin juga menjadi elemen dekorasi yang dapat membuat kamar tidur tamu berukuran kecil terasa lebih besar. Sediakan pula gantungan di samping cermin atau di balik pintu sebagai pelengkap yang fungsional.  

3. Tempatkan telepon di meja samping tempat tidur kamar tamu

Telepon sebagai elemen dekorasi yang fungsional – source: housebeautiful.com

Jika rumah Teman Narasi masih memiliki sambungan telepon, pastikan juga untuk menaruh telepon di kamar tamu. Ini dapat berguna jika lokasi rumah Teman Narasi tidak mendapatkan layanan seluler yang baik. Pilihlah juga bentuk telepon yang unik sehingga dapat dijadikan sebagai dekorasi yang manis untuk kamar tamu.

4. Pilihlah perabotan dan dekorasi yang unik dan bergaya untuk kamar tamu

Inspirasi desain kamar tamu dengan perabotan dan dekorasi yang unik dan stylish  – source: elledecor.com

Meskipun kamar tamu hanya digunakan untuk tempat beristirahat, bukan berarti ruangan tersebut hanya didesain seadanya. Untuk membuat tampilan kamar tamu lebih ‘mengundang’, pilihlah perabotan dan dekorasi seperti headboard, nakas, floor lamp, kursi, dan lainnya yang unik dan bergaya. 

5. Lengkapi kamar mandi tamu dengan handuk dan perlengkapan mandi

Toiletries untuk kamar tamu - source: dailydreamdecor.com
Toiletries untuk kamar tamu – source: dailydreamdecor.com

Jadikanlah kamar tamu di rumah Teman Narasi terasa seperti hotel dengan menyediakan barang-barang yang sekiranya dibutuhkan selama tamu menginap di sana. Beberapa contohnya termasuk, botol air mineral, handuk, sandal rumah, dan perlengkapan mandi.

6. Buatlah dinding seni pada kamar tamu

Dinding dengan karya seni sebagai dekorasi kamar tamu – source: housebeautiful.com

Buatlah galeri seni pada salah satu sisi dinding dengan memajang beberapa foto, gambar, atau lukisan untuk memberikan karakter pada ruangan. Untuk inspirasinya, Teman Narasi dapat melihat dekorasi kamar tamu di atas.

7. Hadirkan suasana penghijauan pada kamar tamu

Dekorasi kamar tamu dengan tanaman hias indoor – source: sleepwooven.com

Bawalah suasana penghijauan dengan menaruh beberapa tanaman hias indoor ke dalam kamar tidur. Tanaman tidak hanya dapat membuat tampilan kamar menjadi lebih hidup, tetapi juga baik untuk sirkulasi udara pada ruangan. Untuk memudahkan Teman Narasi menentukan jenis tanaman hias yang ingin ditaruh di dalam kamar, Teman Narasi dapat membacanya di sini.

8. Simpanlah beberapa buku untuk dekorasi sekaligus sarana hiburan di kamar tamu

Rak buku sebagai dekorasi kamar tamu - source: amazon.com
Rak buku sebagai dekorasi kamar tamu – source: amazon.com

Selain pajangan dinding, buku juga dapat dijadikan sebagai dekorasi sekaligus sarana hiburan untuk tamu jika sedang tidak bisa tidur atau ingin melakukan aktivitas lain. Menempatkan beberapa buku juga merupakan cara cermat untuk menambahkan sentuhan akhir pada kamar tamu. Lengkapi pula dengan nakas atau meja yang ada di kamar tamu dengan lampu baca. 

9. Buatlah area duduk di kamar tamu

Inspirasi area duduk pada kamar tamu - source: architecturaldigest.com
Inspirasi area duduk pada kamar tamu – source: architecturaldigest.com

Jika ruang memungkinkan, Teman Narasi dapat membuat area duduk dengan meja dan kursi sederhana sehingga tamu dapat memiliki tempat pribadi untuk bersantai yang bukan hanya tempat tidur. Selain itu, meja atau kursi tersebut nantinya juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat menaruh barang bawaan. Area duduk kamar tidur di atas juga dapat Teman Narasi jadikan inspirasi karena dapat menyimpan buku-buku dan barang lainnya.

10. Buatlah tempat penyimpanan di kamar tamu

Lemari dan nakas tempat penyimpanan barang pada kamar tamu – source: howtobuildahouseblog.com

Supaya tamu tidak hanya mengandalkan koper, Teman Narasi juga dapat menyediakan beberapa tempat penyimpanan untuk barang-barang pribadi mereka saat sedang berkunjung. Buatlah nakas dengan laci dan buat beberapa tempat dalam lemari untuk menggantung pakaian. 

Kamar tamu juga merupakan tempat yang sempurna untuk bereksperimen dengan tren dekorasi yang Teman Narasi inginkan, namun masih ragu untuk mengaplikasikannya di kamar tidur pribadi. Semoga inspirasi dekorasi di atas dapat memberikan Teman Narasi ide-ide yang fresh sehingga membuat tamu merasa betah tinggal di rumah. Untuk artikel lainnya seputar desain interior kamar tidur, Teman Narasi dapat mengaksesnya di sini. Selamat berkreasi dan happy living, Teman Narasi!

Stay safe and healthy!

Penulis: Kezia Mariska\
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
architecturaldigest.com,
homeadvisor.com,
housebeautiful.com

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top