skip to Main Content
4 Alasan Mengapa Kita Harus Merawat Furnitur Dengan Baik

4 Alasan Mengapa Kita Harus Merawat Furnitur dengan Baik

Selain faktor arsitektur dan desain interior, furnitur juga menjadi salah satu faktor penentu dalam mewujudkan hunian yang nyaman, bernilai estetika tinggi, dan dapat memenuhi kebutuhan sang pemilik rumah. Tidak peduli seberapa besar atau kecil hunian, furnitur juga berfungsi untuk membuat ruangan tampak lebih hidup. Berikut adalah alasan penting lainnya mengapa furnitur harus dirawat dengan baik.

1. Dapat Memenuhi Kebutuhan Pemilik Rumah

Furnitur dapat memenuhi kebutuhan sang pemilik rumah - source: babios.co.uk
Furnitur dapat memenuhi kebutuhan sang pemilik rumah – source: babios.co.uk

Selain jenis, model, kualitas, dan keindahan, faktor penting lain dari sebuah furnitur adalah seberapa baik furnitur tersebut dapat menjawab kebutuhan penggunanya. Misalnya, sofa harus nyaman untuk diduduki, meja dan kursi harus memiliki ketinggian yang tepat sehingga nyaman saat digunakan, lemari kayu sebagai tempat yang sesuai untuk menyimpan barang, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, merawat dan memperhatikan furnitur yang ada di dalam rumah sudah seharusnya menjadi agenda wajib, agar dapat terus memenuhi kebutuhan pemilik rumah dengan maksimal dan dalam jangka waktu yang panjang.

2. Untuk Mengisi Ruangan

Furnitur dapat membuat ruangan tampil dengan lebih dinamis - source: medium.com
Furnitur dapat membuat ruangan tampil dengan lebih dinamis – source: medium.com

Tidak peduli seberapa besar atau kecil hunian, jika tanpa perabot, ruangan akan terlihat kosong dan seolah-olah ada sesuatu yang kurang dan hilang. Furnitur tidak hanya berfungsi untuk mengisi ruang kosong, tetapi juga akan membuat ruangan menjadi lebih hidup. Teman Narasi akan kagum dengan bagaimana penempatan furnitur-furnitur dapat memiliki dampak yang signifikan pada hunian.

3. Memberikan Kenyamanan

Furnitur dapat memberikan kenyamanan bagi pemilik rumah - source: shutterstock.com
Furnitur dapat memberikan kenyamanan bagi pemilik rumah – source: shutterstock.com

Hunian Teman Narasi tentunya harus menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali, mengingat rumah merupakan tempat Teman Narasi kembali untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas di luar. Furnitur yang berkualitas dan nyaman memungkinkan Teman Narasi untuk bersantai di rumah. Kehadiran sofa kulit yang empuk atau kursi berlapis linen yang halus berbaring dapat menenangkan pikiran dan tubuh Teman Narasi setelah lelah beraktivitas. 

4. Dapat Menonjolkan Sebuah Konsep Desain Interior

Keberadaan furnitur dapat mempertegas konsep interior hunian - source: freshome.com
Keberadaan furnitur dapat mempertegas konsep interior hunian – source: freshome.com

Keberadaan furnitur dapat mempertegas konsep interior hunian – source: freshome.com

Furnitur memainkan peran penting dalam menciptakan konsep desain interior yang dipilih. Jika hunianmu memiliki gaya interior minimalis, furnitur-furnitur dan elemen dekorasi bertemakan minimalis dapat mempertegas konsep hunian. Oleh karena itu, jangan biarkan furnitur di rumah dibiarkan tidak terawat karena gaya desain hunian tidak dapat terlihat dengan maksimal.

Masing-masing bahan furnitur mulai dari keramik, marble, kulit, kain, , rotan, besi, kayu, hingga kaca memang memiliki cara perawatan yang berbeda-beda, namun ada beberapa hal umum yang juga perlu Teman Narasi perhatikan untuk material furnitur yang berbeda-beda, seperti:

  • Gunakan alas atau kain pembungkus untuk melindungi permukaan furnitur dari plastik, karet, hidangan panas, minuman, pot bunga dan vas bunga.
  • Bersihkan tumpahan cairan atau noda dengan segera. Air yang tersisa dalam jangka waktu lama akan menyebabkan bintik-bintik putih pada permukaan furnitur. Alkohol, parfum, after-shave dan obat-obatan dapat menyebabkan kerusakan parah.
  • Gunakan alas saat menulis dengan bolpoin di permukaan furnitur.
  • Angkat dan letakkan benda atau ornamen dekorasi saat memindahkannya dari atas permukaan furnitur.
  • Bersihkan debu dengan kain lembut, bersih, dan kering. Bersihkan dengan tekanan yang minimal.

So, jika Teman Narasi ingin menghemat banyak uang untuk memperbaiki atau mengganti furnitur rumah, sudah saatnya meluangkan lebih banyak waktu untuk merawat furnitur-furnitur yang ada di rumah!

Ingin tahu lebih banyak tentang tips dan trik seputar desain interior? Jangan lupa untuk tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah ya! As always, happy living dan tetap jaga kesehatan!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
hookerfurniture.com,
vasagle.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top