skip to Main Content
4 Cara Penerapan Interior Stainless Steel Di Rumah Anda

4 Cara Penerapan Interior Stainless Steel di Rumah Anda

Interior stainless steel yang kerap Anda temui pada berbagai jenis bangunan memakai bahan dan karakteristik yang sama seperti perabot dapur. Malahan, desain-desain interior kontemporer saat ini pun semakin sering menggunakan bahan besi yang satu ini. 

Tapi, mengapa bisa seperti itu? Apa yang membuat bahan stainless steel berbeda dari interior berbahan metal lainnya? Lalu, bagaimana cara pemakaiannya di rumah Anda? Untuk menjawab itu semua, simak 4 cara penerapannya ini beserta alasannya, Teman Narasi!

1. Interior Stainless Steel untuk Ruangan yang Kering

Meja Stainless Steel  - Sumber : www.montanstahl.com
Meja Stainless Steel – Sumber : www.montanstahl.com

Perabot-perabot interior berbahan metal seperti rak pajangan atau kerangka jendela cocok untuk ruangan yang kering, seperti ruang tengah/keluarga dan kamar tidur. Hal ini karena suhu lingkungannya relatif aman dan kering, sehingga tidak mudah merusak perabotnya. Inilah alasan perabot-perabot interior stainless steel tersebut sangat ringan, sederhana, dan berestetika.

2. Untuk Ruangan yang Lembab

Dapur dengan material stainless steel - sumber: www. architectureartdesigns.com
Dapur dengan material stainless steel – sumber: www. architectureartdesigns.com

Di sisi lain, interior berbahan metal seperti set meja makan, rak dapur, dan rak cermin lebih cocok untuk ruangan lembab seperti ruang makan dan kamar mandi. Karakteristiknya adalah bahan stainless steel-nya lebih tebal dan diberi finish tambahan untuk melindungi permukaannya. Ini disebabkan oleh kondisi lingkungannya yang cenderung basah dan lembab, berisiko merusak interior stainless steel yang umumnya untuk ruangan kering. 

3. Untuk Ruangan dengan Kondisi yang Ekstrim

Garasi dengan Material Stainless Steel - sumber: www.carguygarage.com
Garasi dengan Material Stainless Steel – sumber: www.carguygarage.com

Adakah ruangan interior yang lebih ekstrim lagi, Teman Narasi? Jawabannya ada, yaitu ruang bawah tanah, garasi, atau ruangan kecil di atas plafon rumah Anda. Dalam jenis ruangan tersebut, pergantian suhu ruangannya sangat ekstrim, mulai dari panas di siang hari sampai dingin di malam hari. Karena itu, interior stainless steel seperti rangka rumah, tangga, dan lemari garasi memakai bahan stainless steel yang lebih solid.

4. Untuk Ruangan yang Harus Selalu Steril

Rangka Ranjang dengan Material Stainless Steel
Rangka Ranjang dengan Material Stainless Steel

Satu keunggulan terbesar dari interior stainless steel adalah sifatnya yang tidak menyerap bakteri dan kebal oksidasi. Karena itu, ia cenderung sangat steril dan mudah dibersihkan. Nah, karakteristik ini sangat berguna untuk interior ruangan yang harus selalu steril, seperti pada rumah sakit atau ruang anak/bayi di rumah Teman Narasi.

Inilah Cara Merawat Interior Stainless Steel Anda

Akan tetapi, mau sekuat apapun sifatnya, material stainless steel harus tetap Anda rawat dengan rutin untuk menghindari karatan dan/atau noda menempel. Karena bila perabot tersebut sudah sangat melekat, ada risiko ia akan merusak permukaan perabot tersebut, mengurangi nilai estetikanya, bahkan sampai merusak total.

Nah, bagaimana cara merawat interior berbahan metal ini secara rutin? Ini dia yang perlu dilakukan, Teman Narasi:

  • Bersihkan debu dengan vacuum cleaner bersikat atau sulak
  • Cuci permukaannya dengan sikat berbahan nylon dan sabun cuci piring
  • Beri lapisan finish secara berkala
  • Bila perlu, lindungi permukaannya dengan kain atau lapisan pelindung lainnya

Namun, permasalahan yang lebih serius adalah ketika interior stainless steel Anda sudah sangat karatan sehingga sulit dibersihkan. Bila sudah begitu, Teman Narasi bisa membersihkannya dengan Heavy Duty Cleaner. Cara pakainya cukup dioles pada permukaan yang sudah sangat karatan, kemudian dibasuh dengan air bersih dan dilap hingga kering.

Bila perlu, Anda juga bisa memoles interior berbahan metal tersebut secara berkala dengan Heavy Duty Cleaner untuk mencegah karatan. Namun ingat, kunci utamanya adalah konsistensi perawatan.Jadi, sudahkan Anda paham cara penerapan interior stainless steel di rumah? Dengan membaca tulisan ini, semoga Teman Narasi bisa lebih bijak membeli perabot interior berbahan metal dengan tepat ya!

Penulis: Wisesa Wirayuda
Editor: Renya Nuringtyas
Source: www.stainless-structurals.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top