skip to Main Content
5 Cara Mudah Merawat Engsel Pintu Agar Awet Dan Bebas Macet

5 Cara Mudah Merawat Engsel Pintu agar Awet dan Bebas Macet

Setiap rumah pasti memiliki pintu yang menjadi batas antar ruangan, dan berfungsi sebagai akses utama untuk keluar masuk setiap ruangan yang ada di dalam rumah. Pintu hadir dalam berbagai desain, jenis, dan material yang bisa dipilih, dengan berbagai metode dan cara pemasangan. Umumnya jenis pintu yang banyak digunakan adalah pintu tipe engsel. Pada pintu tipe ini, masalah yang kerap timbul adalah  engsel yang macet atau mengeluarkan bunyi yang bisa mengganggu apabila tidak dirawat dengan benar. Untuk membantu Teman Narasi dalam merawat engsel pintu agar tahan lama, berikut kami hadirkan 5 cara perawatan engsel pintu agar terbebas dari macet.

1. Hindari dari Basah

Engsel yang dipasang di luar rumah akan sering terkena air hujan dan lama kelamaan akan berkarat. Untuk di luar rumah, pilihlah tipe engsel yang terbuat dari bahan anti karat atau plastik yang kuat. Teman Narasi juga bisa melakukan pengecatan pada engsel dengan menggunakan cat anti air, namun cara ini tidak akan bertahan lama karena cat akan terkikis seiring waktu.

Tidak hanya untuk engsel pintu di luar rumah, perawatan engsel pintu di dalam rumah pun harus diperhatikan, seperti halnya pintu kamar mandi yang juga sering terkena air. Salah satu cara yang dapat Teman Narasi lakukan untuk melindungi engsel pintu kamar mandi adalah dengan memberi jarak antara pintu dan sumber air, sehingga dapat mengurangi kemungkinan engsel terkena cipratan air. Cara lain yang bisa dilakukan oleh Teman Narasi adalah dengan menggunakan tipe engsel plastik sebagai alternatif, namun pintu mungkin akan terlihat kurang elegan.

2. Semprotkan Cairan Anti Karat pada Engsel Pintu

Apabila engsel pintu Teman Narasi sudah terlanjur berkarat, sebaiknya gantilah dengan engsel yang baru, kemudian berikan cairan anti karat. Dengan begitu, engsel pintu Teman Narasi akan lebih awet dan tidak mudah macet. Tapi ingat ya, cara ini tidak perlu dilakukan pada tipe engsel berbahan plastik.

Gunakan Cairan Anti Karat pada Engsel Pintu
Gunakan Cairan Anti Karat pada Engsel Pintu

3. Bersihkan Engsel Pintu Secara Rutin

Tak hanya air, engsel pintu juga harus dibersihkan dari debu secara berkala. Debu yang menumpuk akan mengakibatkan pintu macet dan sulit dibuka. Cara membersihkan engsel juga terbilang mudah, karena Teman Narasi dapat menggunakan sikat kecil tanpa air. Tips ini bisa juga dilakukan pada tipe engsel plastik. Apabila ada kotoran yang menempel pada engsel plastik, Teman Narasi bisa menggunakan air sabun untuk membersihkannya.

Bersihkan Engsel Pintu Secara Rutin
Bersihkan Engsel Pintu Secara Rutin

Tak hanya pada engsel, Teman Narasi juga perlu memeriksa kotoran dan debu yang menempel di bagian bawah pintu. Kotoran yang menumpuk di bagian bawah pintu dapat membuat pintu sulit untuk dibuka dan nantinya akan mengakibatkan engsel berbahan besi bengkok atau patah.

4. Gunakan Oli Pelumas

Engsel pintu yang sudah lama biasanya akan mulai mengeluarkan bunyi yang mengganggu. Bunyi ini dihasilkan dari tipe engsel besi yang tidak memiliki cukup pelumas, sehingga bagian besi yang bersinggungan menghasilkan bunyi mendecit. Apabila engsel pintu di rumah Teman Narasi sudah mulai mengeluarkan bunyi, maka ada baiknya Teman Narasi menggunakan oli pelumas. Dalam keadaan yang mendesak, Teman Narasi bisa juga menggunakan oli rantai kendaraan bermotor sebagai pelumas engsel.

5. Ganti Engsel yang Rusak dan Bermasalah

Kondisi engsel yang macet terkadang juga disebabkan oleh engsel yang bengkok atau patah. Segera ganti engsel yang rusak dengan yang baru dan pilihlah tipe engsel yang kokoh dan tahan lama, karena engsel merupakan bagian dari pintu yang memiliki fungsi paling penting. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, mintalah bantuan dari ahlinya agar pintu Teman Narasi dapat terpasang secara baik. Pemasangan pintu yang sembarangan akan mengakibatkan engsel cepat rusak atau bahkan membuat pintu tidak bisa tertutup sama sekali. Silakan hubungi Narasi Design apabila Teman Narasi memiliki permasalahan seputar tipe engsel pintu di rumah.

Penulis: Wisesa Wirayuda
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.jjfmradio.com
www.griyamania.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top