skip to Main Content
5 Detail Penting Dari Rumah Gaya Zen Yang Harus Kamu Ketahui

5 Detail Penting dari Rumah Gaya Zen yang Harus Kamu Ketahui

Desain rumah gaya zen, atau dikenal juga dengan desain rumah ala Jepang, merupakan gaya yang tidak bisa diaplikasikan secara sembarangan. Teman Narasi perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk menggunakan desain ini untuk hunian Teman Narasi. Seperti yang disebutkan di artikel sebelumnya, penggunaan desain zen mengajarkan Teman Narasi untuk lebih disiplin dalam hal membeli atau menambahkan furnitur ke dalam rumah. Selain itu, ada 5 hal penting yang perlu Teman Narasi ketahui sebelum menggunakan gaya zen untuk hunian. Yuk kita bahas satu per satu!

1. Harus Memiliki Taman

Salah satu ciri khas gaya zen adalah kehadiran taman yang terletak dekat sekali dengan ruang gerak rumah, yang juga merupakan ciri khas rumah tradisional Jepang. Tidak melulu harus taman yang besar, taman berukuran 3m x 3m pun bisa menjadi solusi. Yang terpenting, semua ruangan yang ada di rumah harus memiliki akses ke taman tersebut. Teman Narasi bisa memaksimalkan taman tersebut dengan cara memasang pintu dan jendela yang besar yang dibuat menghadap ke taman.

2. Gunakan Pintu Shoji

Pintu shoji adalah pintu geser khas rumah jepang yang biasanya terbuat dari kerangka kayu yang dilapisi oleh kain tembus cahaya. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini banyak ditemukan pintu shoji yang menggunakan material besi dan kaca. Penggunaan pintu ini mampu memaksimalkan pencahayaan ruangan ketika pintu dalam kondisi tertutup.

Pintu shoji merupakan pintu geser khas jepang yang menjadi ciri khas gaya Zen
Pintu shoji merupakan pintu geser khas jepang yang menjadi ciri khas gaya Zen

3. Gunakan Jendela Bukaan Besar

Selain pintu shoji, Teman Narasi juga perlu menghadirkan jendela bukaan besar pada setiap ruangan. Hal ini bertujuan untuk memenuhi syarat desain rumah gaya zen atau rumah gaya Jepang yang pertama, yaitu memiliki akses ke taman atau ruang terbuka hijau di sekitar rumah. 

Gaya Zen identik dengan jendela yang memiliki bukaan lebar / besar
Gaya Zen identik dengan jendela yang memiliki bukaan lebar / besar

4. Gunakan Material Kayu atau Bambu

Elemen kayu sangatlah penting untuk keberhasilan penerapan gaya zen ini. Jika Teman Narasi kesulitan menemukan furnitur berbahan kayu yang sesuai untuk melengkapi desain interior Jepang dengan gaya zen, Teman Narasi bisa pertimbangkan untuk menggunakan furnitur berbahan bambu. Hindari menggunakan material plastik untuk furnitur jika Teman Narasi ingin menggunakan gaya zen untuk hunian Teman Narasi.

Gaya Zen memberikan suasana nyaman dengan menggunakan material kayu
Gaya Zen memberikan suasana nyaman dengan menggunakan material kayu

5. Hadirkan Elemen Air

Salah satu elemen penting pada rumah bergaya zen atau rumah bergaya Jepang adalah adanya keseimbangan material-material alami di rumah. Selain kayu dan angin, Teman Narasi bisa menghadirkan kolam air kecil atau air mancur mini. Suara gemercik air tentunya bisa menambah kesan kedamaian dan ketenangan batin pada penghuninya.

Penulis : Wisesa Wirayuda
Editor : Renya Nuringtyas
Sumber:
kyotozenhouse.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top