skip to Main Content
5 Fakta Tentang Desain Kontemporer Yang Perlu Kita Ketahui

5 Fakta Tentang Desain Kontemporer yang Perlu Kita Ketahui

Kata kontemporer mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita semua, namun berbeda dengan desain kontemporer karena tampaknya masih banyak orang yang bingung mendefinisikan desain kontemporer dan mengetahui apa yang membedakan desain kontemporer dengan desain lainnya. Sebenarnya apa sih kriteria sebuah desain agar dapat dikategorikan sebagai desain kontemporer? Untuk lebih jelasnya, berikut kami ulas 5 fakta yang perlu diketahui tentang desain kontemporer.

1. Desain Kontemporer Bukan Merupakan Desain Modern

Desain Kontemporer Bukan Merupakan Desain Modern
Desain Kontemporer Bukan Merupakan Desain Modern

Desain kontemporer dan desain modern memang memiliki kesan yang sama-sama ‘kekinian’ namun sebenarnya, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda di mata sebagian besar desainer. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Kontemporer memiliki definisi “pada waktu yang sama; semasa; sewaktu; pada masa kini; dewasa ini” sehingga bisa diartikan kalau desain kontemporer merupakan sebuah desain yang mengikuti perkembangan waktu dan memiliki sifat yang dapat berubah atau tidak menentu. Sedangkan desain modern, bagi sebagian besar desainer, memiliki definisi sebuah desain yang mengacu pada gaya tahun 1920-an dan 1950-an.

2. Desain Kontemporer Bukan Desain yang Baru

Desain Kontemporer Bukan Desain yang Baru
Desain Kontemporer Bukan Desain yang Baru

Gaya kontemporer mulai berkembang sejak awal tahun 1920-an yang dimotori oleh sekumpulan arsitek Bauhaus School of Design di Jerman. Kala itu, mereka merespon kemajuan teknologi dan perubahan sosial masyarakat akibat dari adanya perang dunia, termasuk kemajuan dalam bidang desain bangunan Gaya kontemporer dalam seni bangunan mulai berkembang pesat pada tahun 1940 hingga 1980-an.

Dari waktu ke waktu, desain kontemporer terus menampilkan gaya yang selalu berkembang dan tampil lebih baru, segar, dan berbeda. Hingga saat ini, desain kontemporer masih terus dikenal dan diaplikasikan oleh masyarakat dunia, dan terus memiliki berbagai inovasi, karena memiliki karakter yang juga terus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

3. Desain Kontemporer Memiliki Sifat Seperti Manusia

Desain Kontemporer Bersifat Seperti Manusia
Desain Kontemporer Bersifat Seperti Manusia

Seperti halnya Manusia, desain kontemporer tercipta sebagai penyempurnaan dari versi sebelumnya, karena adanya perasaan tidak puas akan desain yang telah muncul sebelumnya. Desain kontemporer juga memiliki kecenderungan untuk berevolusi atau berkembang menjadi sesuatu yang baru. Hal ini didorong oleh kecenderungan desain kontemporer yang tercipta untuk  melepaskan diri dari proses dan cara berpikir yang telah menjadi standar umum atau untuk menjadi sesuatu yang out of the box.

4. Desain Kontemporer Bukan Berarti Aneh

Desain Kontemporer Bukan Berarti Aneh
Desain Kontemporer Bukan Berarti Aneh

Gaya kontemporer memang terdengar sebagai sesuatu yang nyeleneh. Jika kita melihat lukisan dengan gaya kontemporer, kita seolah dipaksa untuk mengerti konteksnya terlebih dahulu. Berbeda dengan desain interior gaya kontemporer, karena dalam menerapkan desain interior kontemporer, Teman Narasi tidak perlu melakukannya secara berlebihan, karena gaya kontemporer pada interior rumah juga bisa menampilkan kesederhanaan dengan sedikit furnitur bergaya minimalis, ruangan terbuka, atau lantai semen polos yang akan menambah kesan luas pada ruangan.   

5. Desain Rumah Kontemporer Haruslah Ramah Lingkungan

Desain Rumah Kontemporer Haruslah Ramah Lingkungan
Desain Rumah Kontemporer Haruslah Ramah Lingkungan

Saat ini, climate change atau perubahan iklim menjadi perhatian semua orang di dunia. Hal ini mendorong para desainer untuk membuat rancangan hunian dengan desain yang lebih ramah lingkungan, dan mengedepankan aspek lingkungan sekitar. Dengan mengadopsi fitur ramah lingkungan dalam membangun konstruksi perumahan, desain rumah kontemporer dapat membangun karakter hunian yang ergonomis bagi para penghuninya dengan cara mengintegrasikan bangunan rumah dengan alam sekitarnya. Nah, setelah mengetahui beberapa fakta menarik tentang desain kontemporer, apakah Teman Narasi tertarik untuk menerapkannya di rumah? Selamat berkreasi!

Penulis: Wisesa Wirayuda
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber: www.rumah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top