skip to Main Content
5 Hal Menarik Tentang Desain Minimalis Yang Wajib Diketahui

5 Hal Menarik Tentang Desain Minimalis yang Wajib Diketahui

Desain interior minimalis merupakan salah satu desain interior yang semakin familiar di mata banyak kalangan, terutama keluarga muda, karena saat ini semakin banyak rumah pribadi maupun ruang publik yang mengaplikasikan konsep desain interior minimalis. 

Desain interior rumah, kafe, ataupun restoran berkonsep minimalis kini kian mudah kita jumpai di berbagai tempat. Tidak heran, karena desain interior minimalis tidak hanya mampu memanjakan mata kita, namun juga menyentuh rasa setiap insan yang melihatnya atau berada di dalamnya. Mengapa begitu? Hal ini berkaitan dengan lima hal menarik tentang desain interior minimalis yang patut kita ketahui berikut ini.

1. Less is More

Semakin sedikit, maka akan semakin berkesan minimalis. Maksud dari kalimat ini adalah dalam konsep desain minimalis, terlebih interior minimalis, apabila jumlah furnitur dan unsur yang digunakan pada suatu ruangan semakin sedikit, maka kesan minimalis dari ruangan tersebut akan semakin kuat. Beberapa hal yang menyempurnakan konsep interior minimalis adalah kesederhanaan, monokrom, kerapian, reduktif, dan garis bersih. Seperti interior kamar minimalis misalnya. Furnitur yang Teman Narasi butuhkan mungkin hanya tempat tidur, lemari, dan juga nakas. Sementara aksesoris pelengkapnya bisa dalam bentuk lampu meja yang diletakkan di atas nakas serta sebuah jam dinding. Untuk tambahan, meja kerja yang merangkap meja rias dan kursi juga bisa diletakkan di dalam kamar tidur. 

Furnitur minimalis pada kamar sesuai dengan kebutuhan - source: unsplash.com
Furnitur minimalis pada kamar sesuai dengan kebutuhan – source: unsplash.com

Lalu, warna yang kerap digunakan dalam konsep desain interior minimalis adalah warna-warna monokrom seperti halnya warna pada dinding, tempat tidur, nakas, tirai, serta kursi dengan rangka minimalis berwarna putih yang dipadukan dengan karpet atau lantai berwarna abu-abu. Interior kamar minimalis seperti itu sudah mencakup unsur kesederhanaan, monokrom, reduktif, dan juga adanya garis bersih. Penyempurnaan dari interior kamar minimalis juga bisa diperoleh dari kerapian dan kebersihan ruangan yang selalu terjaga. 

2. Memiliki Tantangan Tersendiri

Menata rumah dengan konsep desain interior minimalis mungkin terkesan mudah karena kita hanya perlu meletakkan sedikit furnitur atau barang, serta memilih satu hingga tiga warna netral dalam menentukan tone warna ruangan. Tapi ternyata kemudahan itu justru memberikan tantangan tersendiri, lho. Apabila pemilihan dan penempatan furnitur ditambah penggunaan cat serta lantai kurang tepat, maka ruangan di rumah malah akan terkesan dingin dan memiliki potensi untuk menghilangkan rasa nyaman yang seharusnya mampu dihadirkan oleh konsep minimalis. 

Mendesain ruangan bertema minimalis memberikan tantangan tersendiri - source: unsplash.com
Mendesain ruangan bertema minimalis memberikan tantangan tersendiri – source: unsplash.com

Untuk menghindari hal tersebut, teknik pencahayaan ruangan yang tepat juga harus dipelajari lebih lanjut, misalnya dengan memilih lampu berwarna kuning hangat dan nyaman dipakai dalam durasi waktu tertentu. Kemudian, pilih beberapa furnitur serta aksesoris ruangan dengan desain minimalis namun tidak bersudut tajam. Selanjutnya, pilihlah material untuk lantai, furnitur, dan aksesoris yang terbuat dari bahan-bahan yang alami seperti kayu dan batu untuk membuat ruangan terasa lebih hangat dan nyaman. Dengan begitu, konsep minimalis yang bersih namun tidak membosankan dapat Teman Narasi ciptakan. 

3. Minimalis = Efisien

Perlu diingat juga bahwa tidak sembarang meja, kursi, lemari, lampu, karpet, dan hiasan ruang lain yang berbentuk minimalis bisa diletakkan begitu saja di dalam satu ruangan untuk mendapatkan interior minimalis, karena konsep minimalis yang sesungguhnya sebenarnya sama dengan efisiensi. Maka dari itu, segala sesuatu yang ada di dalam ruangan dengan konsep interior minimalis harus memiliki nilai guna yang tinggi dan tidak cukup hanya sekedar terlihat estetis saja. 

Furnitur minimalis memilik bentuk dan fungsi yang maksimal sehingga lebih efisien - source: hgtv.com
Furnitur minimalis memilik bentuk dan fungsi yang maksimal sehingga lebih efisien – source: hgtv.com

Contoh efisiensi furnitur untuk interior ruang tamu minimalis misalnya, bisa dipilih sofa three-seater atau two-seater sesuai dengan ukuran ruangan. Sofa sebaiknya memiliki bentuk yang tegas, namun memiliki material yang halus seperti katun atau linen untuk meminimalisir kesan dingin. Kemudian, untuk meja Teman Narasi bisa mempilih ottoman yang sekaligus bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang. Letakkan nampan bermaterial kayu pada permukaan ottoman tersebut untuk menyajikan hidangan bagi tamu atau menaruh hiasan seperti vas bunga maupun koleksi patung favorit. Apabila Teman Narasi membutuhkan tempat duduk lebih banyak, ottoman tersebut bisa juga bisa digunakan sebagai tempat duduk tambahan.

4. Menghadirkan Kenyamanan untuk Beristirahat

Desain interior minimalis memberikan kesempatan kepada berbagai unsur untuk menjadi fokus dari ruangan, termasuk pemandangan di luar jendela hingga orang yang berada di dalam ruangan. Kedua hal tersebut menggambarkan bahwa kenyamanan pengguna ruangan merupakan hal krusial dalam konsep desain interior minimalis pada suatu ruangan. Selain pemilihan bentuk dan warna furnitur serta dekorasi ruang yang tepat, pastikan juga penempatan segala unsur dalam ruangan tidak terlalu mencolok karena akan memberikan stimulasi yang berlebihan pada otak dan mata. 

Desain minimalis memberikan kenyamanan untuk beristirahat - source: unsplash.com
Desain minimalis memberikan kenyamanan untuk beristirahat – source: unsplash.com

Banyak orang yang sudah lelah dengan segala aktivitas di luar ruangan dan ingin menjadikan rumah sebagai tempat istirahat yang nyaman. Untuk hal yang satu ini, desain interior rumah minimalis memegang peranan yang sangat penting. Penggunaan jendela besar atau peletakkan ottoman di bawah jendela sebagai sudut bersantai bisa dilakukan untuk menghadirkan kesan nyaman pada ruangan. Lalu, menghindari menaruh meja dan kursi kerja di kamar tidur juga disarankan untuk dilakukan karena selain dapat mengurangi jumlah barang dalam ruangan. ecara psikologis, hal itu dapat membuat pikiran lebih rileks setelah lelah beraktivitas seharian, atau untuk terlepas dari kepenatan pekerjaan sehari-hari. 

5. Fokus Pada 3 Unsur Penting

Ada tiga hal penting dalam konsep minimalis, yaitu Netral, Keseimbangan, dan Ruang. Netral dapat diaplikasikan dalam proses pemilihan warna, karena dalam desain interior minimalis, warna-warna yang digunakan adalah warna netral serta monokrom seperti putih, cream, abu-abu, dan hitam. Apabila Teman Narasi ingin menambah warna lainnya, sebaiknya hanya menggunakan satu atau dua warna yang mencolok saja sebagai focal point ruangan, agar konsep minimalis ruangan dapat tetap terjaga. Kedua, keseimbangan visual merupakan kunci dalam konsep desain interior rumah minimalis agar ruangan dapat memberikan kenyamanan, dan keindahan estetika pun bisa dicapai. 

Desain minimalis berfokus pada 3 unsur penting - source: unsplash.com
Desain minimalis berfokus pada 3 unsur penting – source: unsplash.com

Keseimbangan dapat diperoleh dengan cara membuat layout ruangan secara melingkar, dimulai dengan menggunakan lampu untuk menjadi titik fokus ruangan, yang digantung di atas coffee table berbentuk bulat dengan dua armchair melingkarinya. Di bawah coffe table dan armchair tersebut bisa diletakkan karpet berbentuk lingkaran dengan ukuran sedikit lebih besar dari posisi peletakkan armchair. Selain melingkar, Teman Narasi juga bisa menciptakan keseimbangan secara vertikal dengan meletakkan lukisan minimalis di dinding atas sofa dan menempatkan coffee table berbentuk persegi di depannya. 

Semoga kelima hal menarik tentang konsep desain interior minimalis di atas dapat memberikan inspirasi bagi Teman Narasi yang ingin mewujudkan konsep desain interior minimalis, baik untuk kamar, ruang tamu maupun rumah secara keseluruhan. Jangan lupa juga untuk menghubung tim Narasi Design jika Teman Narasi memerlukan bantuan dalam mengaplikasikan konsep minimalis pada hunian, ya. Selamat berkreasi!

Penulis: Agatha Elma Febiyaska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
elledecor.com,
creativemarket.com,
hunker.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top