skip to Main Content
5 Hal Tentang Desain Mediterranean Yang Wajib Kamu Tahu!

5 Hal Tentang Desain Mediterranean yang Wajib Kamu Tahu!

Ingin memiliki hunian dengan suasana tenang dan nyaman seperti layaknya suasana saat kita sedang berlibur? Dengan desain Mediterranean, Teman Narasi bisa mewujudkan impian memiliki hunian yang memberikan sensasi berlibur sepanjang hari. 

Dalam mencari inspirasi ide desain interior yang dapat menghadirkan rasa nyaman, baik secara mental maupun fisik, bagi semua penghuninya, pastikan Teman Narasi memasukkan desain interior rumah Mediterranean ke dalam pilihan. Selain dikenal sebagai desain yang nyaman untuk dilihat, hunian dengan desain interior Mediterranean juga merupakan tempat yang nyaman untuk beristirahat. Yuk kita kenalan dengan desain Mediterranean lebih dalam dengan menyimak lima poin penting berikut ini. 

1. Terinspirasi dari negara-negara di Eropa Selatan

Desain mediteranian terinspirasi dari negara-negara di Eropa Selatan - source: houzz.com
Desain mediteranian terinspirasi dari negara-negara di Eropa Selatan – source: houzz.com

Negara-negara di Eropa Selatan seperti Yunani, Italia, dan Spanyol merupakan wilayah yang kental dengan kesan akrab nan santai, yang tercermin mulai dari kehidupan sosial hingga desain bangunannya. Bangunan-bangunan yang ada di pesisir selatan Eropa ini memiliki ciri khas desain yang tidak kaku, berwarna-warni, memiliki dinding bertekstur dan didominasi furnitur bergaya rustic. Teman Narasi akan kerap menjumpai rumah dengan desain Mediterranean di daerah yang memiliki suhu udara yang cenderung lebih hangat. 

2. Kaya akan unsur alam 

Desain mediteranian juga banyak menggunakan unsur alam seperti kayu dan bebatuan - source: homeawakening.com
Desain mediteranian juga banyak menggunakan unsur alam seperti kayu dan bebatuan – source: homeawakening.com

Inspirasi desain Mediterranean yang natural, hidup, dan sejuk datang dari suasana laut, bunga-bunga, dan lansekap alam indah  yang menjadi ciri khas negara-negara di Eropa Selatan. Dengan latar belakang tersebut, maka penggunaan material berbagai jenis kayu dan batu adalah hal yang tidak boleh dilewatkan pada desain ini. Material alam tersebut memberikan tekstur yang kaya pada ruangan, baik itu di lantai maupun dinding. Berbagai jenis bebatuan digunakan sebagai material untuk lantai dan dinding pada desain rumah Mediterranean. Sementara material kayu banyak digunakani untuk furnitur, lantai, dan bingkai pintu maupun jendela. 

3. Matahari memegang pengaruh besar

Desain mediteranian sangat dipengaruhi oleh pencahayaan matahari dan ukuran jendela - source: onekindesign.com
Desain mediteranian sangat dipengaruhi oleh pencahayaan matahari dan ukuran jendela – source: onekindesign.com

Kehangatan sinar matahari di daerah Eropa Selatan membawa pengaruh besar pada desain Mediterranean. Hal ini ditampilkan melalui pemasangan jendela berukuran besar atau pintu kaca yang bertujuan untuk membiarkan sebanyak mungkin sinar matahari masuk ke dalam ruangan, untuk menyempurnakan konsep natural desain Mediterranean. Uniknya, dalam desain Mediterranean, bermain dengan bentuk jendela di luar bentuk persegi sangatlah disarankan. Baik itu jendela berbentuk lingkaran, setengah lingkaran, ataupun jajaran genjang, karena hal itu akan membuat desain interior Mediterranean tampak semakin menarik. 

4. Menggunakan banyak warna

Desain mediteranian juga cocok dipadukan dengan beragam warna - source: houzz.in
Desain mediteranian juga cocok dipadukan dengan beragam warna – source: houzz.in

Bukan warna-warna mencolok seperti yang ada di ruangan berdesain eclectic yang digunakan oleh desain Mediterranean. Desain Mediterranean lebih dominan dengan penggunaan warna-warna earthy tone yang lebih kalem dan sesuai dengan konsepnya yang natural. Meskipun demikian, warna-warna cerah seperti biru, pink, dan kuning juga sering dimunculkan sebagai point of view ruangan, misalnya desain interior ruang tamu Mediterranean ala Yunani yang didominasi oleh warna putih, diberi sentuhan biru cerah pada cushion dan bingkai jendela, layaknya warna khas Santorini, Yunani. Bagi Teman Narasi yang suka dengan hunian estetis yang sedap dipandang, permainan paduan warna dalam berbagai inspirasi desain Mediterranean sangat bisa dijadikani referensi. 

5. Desain langit-langit yang unik 

Langit-langit pada desain mediteranian tidak terlalu banyak unsur dekoratif tetapi tetap dapat memberikan keunikan - source: stylemotivation.com
Langit-langit pada desain mediteranian tidak terlalu banyak unsur dekoratif tetapi tetap dapat memberikan keunikan – source: stylemotivation.com

Source: stylemotivation.com

Kalau biasanya pada desain minimalis atau modern, langit-langit tidak terlalu banyak memainkan unsur dekoratif, berbeda halnya dengan desain Mediterranean. Untuk menciptakan rumah dengan desain Mediterranean yang kental, langit-langit rumah bisa didesain berbentuk cekung, karena adanya kubah sebagai pengganti atap atau langit-langit dengan kerangka kayu yang terekspos. 

Masih banyak contoh desain Mediterranean lainnya yang bisa Teman Narasi temukan. Tidak hanya pada hunian pribadi, namun Teman Narasi juga bisa menemukan beberapa restoran dan kafe yang memiliki desain Mediterranean. Selain itu, banyak juga villa hingga hotel yang mengaplikasikan gaya Mediterranean. Dengan berkunjung ke tempat-tempat bernuansa Mediterranean seperti itu, Teman Narasi pasti akan banyak memperoleh banyak inspirasi desain Mediterranean untuk dijadikan referensi yang bisa diterapkan di hunian pribadi Teman Narasi.

Penulis: Agatha Elma Febiyaska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
elledecor.com,
impressiveinteriordesign.com,
interiordesign.lovetoknow.com,
pufikhomes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top