skip to Main Content
5 Hal Yang Kamu Harus Tau Mengenai Desain Interior Georgian

5 Hal yang Kamu Harus Tau Mengenai Desain Interior Georgian

Gaya Georgian atau desain interior Georgian biasanya dapat langsung kita kenali saat pertama kali kita melihatnya, karena desain ini memiliki ciri khas dan karakter tersendiri. Tapi di balik itu semua, ada 5 fakta menarik tentang gaya atau desain interior Georgian yang juga patut kita ketahui, lho!

Desain bangunan, interior, dan furnitur Georgian sangat kuat dengan kesan elegan dan mewah karena perpaduan bentuk serta warna yang digunakan. Meskipun arsitektur gaya Georgian sulit ditemukan di Indonesia, desain interior Georgian banyak dipakai di rumah-rumah berukuran besar, karena memang detail motif dekorasi dan desain furnitur Georgian sebaiknya dipadupadankan dengan ruangan yang memiliki desain langit-langit tinggi khas gaya Georgian. 

Tidak hanya mewah, desain Georgian juga memiliki keistimewaan lainnya yang menarik untuk kita ketahui. Apa saja sih? Yuk langsung kita simak 5 fakta menarik berikut ini.

1. Memiliki Nama yang Diambil dari Nama Raja Inggris

Desain Georgian berasal dari nama empat orang Raja Britania Raya - source: royal.uk
Desain Georgian berasal dari nama empat orang Raja Britania Raya – source: royal.uk

Nama “Georgian” berasal dari nama empat orang Raja Britania Raya yang memerintah dari masa ke masa, mulai dari tahun 1714 – 1830. Nama keempat Raja tersebut adalah King George yang hingga kini telah menjadi inspirasi dari berbagai desain bangunan, interior, dan juga furnitur yang termasuk ke dalam gaya Georgian. 

2. Menjadi Melting Pot dari Beberapa Gaya

Gaya Georgian merupakan perpaduan dari beberapa gaya - source: freshome.com
Gaya Georgian merupakan perpaduan dari beberapa gaya – source: freshome.com

Gaya Georgian merupakan perpaduan dari berbagai gaya yang eksis di masa pemerintahan para Raja George saat itu, diantaranya Gaya Romawi, Yunani, Palladian, Rokoko, hingga Barok. Perpaduan dari berbagai unsur yang dimiliki oleh beberapa gaya tersebut, baik sedikit ataupun banyak, menjadi asal mula terciptanya gaya Georgian yang kerap disebut sebagai gaya yang banyak dipengaruhi oleh gaya klasikisme. 

3. Identik dengan Penggunaan Warna Pastel

Gaya Georgian identik dengan penggunaan warna pastel - source: dk-decor.com
Gaya Georgian identik dengan penggunaan warna pastel – source: dk-decor.com

Walaupun memiliki kesan mewah, jangan berharap gaya Georgian akan didominasi oleh  warna-warna solid seperti merah, biru gelap, hijau emerald, atau emas. Justru, warna-warna pucat dan lembut akan menjadi warna yang mendominasi gaya ini, yang menjadi warna-warna yang digunakan untuk wallpaper, cat dinding, sofa, atau karpet. Warna cream, dusky rose, powder blue, pea green, dan putih adalah palet warna yang kerap digunakan dalam sebuah ruangan dengan desain interior Georgian. 

4. Penuh dengan Karya Seni

Gaya Georgian umumnya dipadukan dengan barang-barang yang bernilai seni - source: homesandgardens.com
Gaya Georgian umumnya dipadukan dengan barang-barang yang bernilai seni – source: homesandgardens.com

Rumah dengan gaya Georgian akan memiliki banyak barang yang bernilai seni. Tidak heran jika lukisan, dinding dengan motif menarik, vas, dekorasi, dan lampu hias gantung adalah unsur dari gaya Georgian yang tidak boleh terlupakan. Belum lagi furnitur kayu dengan ukiran rumit pada sofa, meja, atau lemari. 

5. Menghadirkan Rasa Nyaman Bagi Penghuninya

Gaya Georgian memberikan rasa nyaman bagi penghuninya - source: pinterest.com
Gaya Georgian memberikan rasa nyaman bagi penghuninya – source: pinterest.com

Memiliki langit-langit tinggi, jendela sash yang simpel dan praktis, ruangan simetris, dan proporsionalitas serta efisiensi penggunaan ruang, semua itu adalah hal-hal yang diutamakan dalam penerapan gaya Georgian. Mengapa demikian? Karena penerapan gaya Georgian pada desain interior, arsitektur serta furnitur bertujuan tidak hanya untuk menciptakan rumah yang nyaman untuk dihuni, tapi juga membuat rumah tampak estetis, sehingga nyaman pula untuk dinikmati oleh mata dan juga hati. 

Bagaimana? Apakah Teman Narasi jadi semakin tertarik untuk memiliki ruangan dengan gaya Georgian? 

Penulis: Agatha Elma Febiyaska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.wikipedia.com,
www.loveantiques.com,
www.victoria-era.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top