skip to Main Content
5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Desain Interior Modern

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Desain Interior Modern

Saat membahas tentang gaya desain interior, kamu pasti pernah mengaitkannya dengan kata “modern.” Sebenarnya apa sih definisi dan ciri khas dari desain interior bergaya modern? Apakah selama ini Teman Narasi sudah menggunakan dan mendeskripsikan gaya interior modern dengan benar?

Untuk mengetahui seluk beluknya, berikut 5 hal mengenai desain interior modern yang wajib Teman Narasi ketahui! 

1. Desain interior modern sering disamakan dengan desain interior kontemporer

Masih banyak orang yang keliru karena sering menyamakan kedua gaya interior ini, padahal keduanya sebenarnya sangat berbeda. Desain interior modern mengacu pada bangunan yang sederhana, desain yang minimalis, pemilihan warna yang netral dan monokromatik, tidak memiliki pola atau motif yang rumit, serta menggunakan material alami seperti batu, kayu, dan kulit yang terkadang dipadukan dengan material solid seperti logam, kaca, dan baja. Desain modern mengutamakan kesan simple di setiap elemen, termasuk pada furnitur dan dekorasinya. Kata “ramping” juga biasa digunakan untuk mendeskripsikan gaya interior yang satu ini.

Hunian dengan gaya interior modern - source: pinterest.com

Hunian dengan gaya interior modern – source: pinterest.com

Lain halnya dengan desain interior kontemporer yang mengacu pada tren desain saat ini dengan tetap memberikan ruang kepada tren masa lalu. Kembali ke tahun 1970-an, gaya kontemporer dinilai unik karena ‘meminjam’ elemen dari beberapa gaya desain seperti Art Deco. Palet warna yang digunakan dalam desain interior kontemporer adalah warna-warna yang lebih terang dan berani seperti merah, kuning, biru, dan lain sebagainya.

Hunian dengan desain interior kontemporer - source: idesignarch.com
Hunian dengan desain interior kontemporer – source: idesignarch.com

2. Desain interior modern sudah ada sejak tahun 1920-an

Gaya desain interior modern muncul pada tahun 1920-an dan menjadi gaya desain interior yang cukup populer sampai tahun 1950-an. Berakar dari arsitektur dan desain Scandinavian dan Jerman, desain interior modern memiliki gaya yang khas dengan, berfokus pada fungsi dan potongan yang sederhana. Selain itu, karakteristik lainnya adalah tampilan ruangan yang bersih, rapi dan cenderung minim hiasan atau dekorasi-dekorasi lainnya.

3. Mengutamakan fungsi dari pada estetika

Sederhana namun tetap fungsional. Kedua hal tersebut menjadi daya tarik khusus bagi para desainer interior, pemilik rumah serta perancang bangunan lainnya ketika memilih gaya interior modern. Saat mengadaptasi desain interior modern, Teman Narasi diwajibkan untuk melihat nilai furnitur berdasarkan fungsinya sehingga dapat membantu aktivitas sehari-hari dengan lebih cepat dan efisien.

Furnitur modern dan dekorasi yang fungsional - source: pinterest.com
Furnitur modern dan dekorasi yang fungsional – source: pinterest.com

Gagasan ‘bentuk mengikuti fungsi’ merupakan salah satu karakteristik penting dalam konsep desain interior modern. Dengan kata lain, semua desain furnitur beserta dekorasi tidak hanya fokus pada bentuk dan pesona estetikanya, tetapi juga harus mencerminkan sisi fungsionalnya. Jika furnitur atau dekorasi hanya dianggap sebagai unsur untuk memenuhi ruangan dan tidak memiliki tujuan praktis, maka unsur tersebut bisa dihilangkan. Salah satu contoh yang bisa Teman Narasi lakukan adalah memanfaatkan decorative tray. Selain berguna sebagai pemanis ruangan, decorative tray juga dapat digunakan sebagai wadah lilin, cangkir teh, dan lain-lain.

Decorative tray sebagai salah satu contoh dekorasi rumah yang fungsional - source: nookandcranny.com
Decorative tray sebagai salah satu contoh dekorasi rumah yang fungsional – source: nookandcranny.com

Interior bergaya modern sangat cocok dengan gaya hidup perkotaan yang serba cepat, namun tetap dapat menghadirkan suasana yang tenang di dalam rumah. Hal ini dapat dirasakan oleh Teman Narasi karena selain memiliki desain interior yang minimalis dan clutter-free, hunian dengan interior bergaya modern juga dilengkapi dengan furnitur modern serta dekorasi yang fungsional dan efisien. 

4. Gaya interior dengan clean lines dan dekorasi minimal

Salah satu ciri khas hunian dengan gaya interior modern adalah garis arsitektur yang tegas dan minimal. Contoh konkretnya adalah unsur interior berupa pola atau garis tepi yang rumit pada langit-langit sebuah ruangan sangat jarang ditemui pada gaya ini. Lalu, hunian dengan desain modern juga kerap menggunakan kaca tanpa bingkai yang juga berfungsi sebagai dinding rumah. Selain itu, struktur atau model furnitur pun sederhana, tidak mengkilap, dan tidak memperlihatkan detail-detail rumit seperti banyaknya lekukan, pahatan, ukiran, celah, motif, dan lainnya. 

Desain interior modern juga menganut tampilan yang efisien sehingga hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada unsur hiasan atau dekorasi. Biasanya, dekorasi dipilih berdasarkan fungsi dan bukan berdasar pada unsur estetikanya. Gaya interior ini sangat cocok untuk Teman Narasi yang ingin menciptakan kesan minimalis nan elegan pada hunian.

Hunian dengan desain interior modern yang minimalis dan elegan - source: uvarchitects.com
Hunian dengan desain interior modern yang minimalis dan elegan – source: uvarchitects.com

5. Palet warna yang minimalis

Palet warna yang netral seperti putih, krem, coklat muda, dan abu-abu adalah palet warna utama pada desain interior bergaya modern. Namun, tidak menutup kemungkinan warna-warna yang lebih tegas dan berani, seperti hitam pekat, kuning, dan biru digunakan pada hunian. Hanya saja, warna-warna tersebut sekadar digunakan sebagai warna aksen bukan untuk diaplikasikan ke seluruh warna dinding ruangan. 

Desain interior modern juga menggunakan furnitur dan dekorasi yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu dan batu alam, sehingga tampilan ruangan akan dihiasi dengan warna-warna netral.

Tren minimalis yang kian berkembang di kalangan masyarakat saat ini membuat konsep interior modern yang sederhana, fungsional, dan berfokus pada denah lantai terbuka ini terus menjadi idaman banyak kalangan. Semoga beberapa fakta menarik mengenai desain interior modern di atas dapat membantu Teman Narasi dalam menentukan dos’ dan dont’s sebelum menerapkan desain interior modern, ya! Selamat berkreasi dan happy living!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.decoraid.com,
www.decorilla.com,
www.voireproject.com,
www.interiordesign.id,
www.thespruce.com,
www.housebeautiful.com.

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top