skip to Main Content
5 Karakteristik Dasar Desain Interior Oriental China

5 Karakteristik Dasar Desain Interior Oriental China

Terinspirasi dari tempat tinggal Kekaisaran Tiongkok yang ada sejak ribuan tahun sebelum masehi, desain interior Oriental China masih sering digunakan hingga sekarang. Hal tersebut dikarenakan ruangan dengan desain interior Oriental China kerap menghadirkan kesan yang harmonis, elegan, dan penuh wibawa. Pengaturan warna, ruang, serta furnitur dan ornamen dekorasi berdasarkan Feng Shui membuat ruangan mampu mengalirkan energi baik, harmoni, dan keseimbangan, dan tentunya membawa manfaat baik lainnya untuk penghuni rumah.

Jika Teman Narasi tertarik untuk mengaplikasikan gaya Oriental China pada interior restoran, hotel, atau hunian, berikut 5 karakteristik dasar desain Oriental China yang perlu diketahui!

1. Pahami 2 jenis pemilihan warna pada konsep desain Oriental China

Perpaduan warna pada interior hotel bergaya Oriental China - source: medium.com
Perpaduan warna pada interior hotel bergaya Oriental China – source: medium.com

Dalam konsep interior Oriental China, kita dapat menjumpai 2 jenis pemilihan warna, yaitu warna natural seperti putih, krem, dan coklat, serta warna mencolok dan lebih dramatis seperti merah, oranye, kuning, hijau, dan hitam. Warna netral biasanya digunakan sebagai dasar atau latar belakang pada ruangan, sedangkan warna dramatis digunakan sebagai aksen di salah satu sisi dinding, furnitur, dan ornamen dekorasi. Perpaduan kedua kelompok warna tersebut akan menghadirkan kesan yang harmonis.

2. Mementingkan unsur Feng Shui

Inspirasi hunian modern dengan desain interior Oriental China – source: pinterest.com

Desain interior Oriental China kerap menggabungkan konsep Feng Shui yang merupakan pengaturan ruangan agar dapat mengalirkan energi baik, harmoni, dan keseimbangan ke dalam ruangan. Oleh karena itu, pemilihan warna, furnitur, ornamen dekorasi, dan elemen lainnya patut disesuaikan sedemikian rupa agar membawa manfaat baik untuk penghuni rumah.

Sebagai contoh, hunian yang didesain dengan denah open space dan minim sekat ditujukan untuk memberikan jalan untuk energi positif. Kemudian, pemilihan meja makan yang berbentuk lingkaran, menurut kepercayaan etnis Tionghoa, mampu membuat rezeki datang terus menerus karena desain lingkaran tidak memiliki sudut.

3. Elemen dekorasi biasanya berupa handcrafts

Pintu masuk restoran yang didekorasi dengan chinese umbrella - source: pinterest.com
Pintu masuk restoran yang didekorasi dengan chinese umbrella – source: pinterest.com

Ornamen dekorasi pada ruangan bergaya Oriental China biasanya banyak yang berupa buatan tangan, seperti halnya hiasan dinding dengan ukiran berbentuk ikan, naga, burung, bunga teratai, atau kerajinan kertas yang disulap menjadi lampion, payung, atau gambar tokoh-tokoh mitologi Cina. Elemen dekoratif tersebut sangat penting untuk memperkuat kesan oriental khas interior Oriental China di dalam ruangan.

4. Elemen Interior menggunakan material alam

Furnitur dan ornamen dekorasi bergaya Oriental China dengan material alam - source: aliexpress.com
Furnitur dan ornamen dekorasi bergaya Oriental China dengan material alam – source: aliexpress.com

Material alam berupa batu alam, kayu, bambu, logam, kain sutra dan lainnya adalah material utama yang digunakan pada ruangan bergaya Asian China. Selain memberikan kesan yang organik dan elegan pada ruangan, masing-masing bahan yang memiliki tekstur khas tersebut dapat dikombinasikan untuk menciptakan harmoni yin dan yang. Material interior tersebut dapat diaplikasikan pada furnitur dan ornamen dekorasi seperti ukiran-ukiran kayu pada dinding, partisi, guci, lukisan berupa tulisan Cina atau lukisan kayu yang dipahat menyerupai bentuk naga, ikan, dan bunga teratai. 

5. Ruangan memiliki pencahayaan yang hangat

Restoran bergaya Asia modern dengan pencahayaan yang hangat - source: pinterest.com
Restoran bergaya Asia modern dengan pencahayaan yang hangat – source: pinterest.com

Ruangan dengan interior Oriental China kerap menggunakan lampion atau lentera kertas dengan pencahayaan yang hangat sehingga dapat menciptakan atmosfer ruangan yang menenangkan. Lampu dekoratif seperti lampu sconces yang dipasang di dinding dengan bohlam bercahaya kuning juga dapat dijadikan alternatif.

Desain interior Oriental China merupakan bukti bahwa kombinasi elemen tradisional dan modern dapat menghasilkan sesuatu yang menarik. Percampuran antara sesuatu yang lama dengan yang baru, serta material alam dengan teknologi modern dapat menciptakan karakteristik kunci dalam desain interior Oriental China, yaitu harmoni dan keseimbangan.

Selamat berkreasi dan happy living, Teman Narasi!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
arsitag.com,
edupaint.com,
impressiveinteriordesign.com,
livinator.com,
rooang.com,
smalldesignideas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top