skip to Main Content
5 Karakteristik Utama Dari Desain Interior Craftsman

5 Karakteristik Utama dari Desain Interior Craftsman

Desain craftsman memiliki keunikan tersendiri. Keunikan yang dimiliki oleh desain yang satu ini bisa dibilang mencolok dan sudah bisa terlihat mulai dari tampak luar rumah, hingga dari desain interiornya. Jika kita perhatikan lebih seksama, desain interior rumah bergaya craftsman memiliki beberapa detail khas yang menggambarkan suasana kehidupan pekerja di Amerika pada zamannya.  

Desain interior craftsman yang juga dikenal sebagai desain interior Amerika ini sebenarnya lahir di Inggris, di sekitar abad ke-19, tepatnya ketika Inggris sedang mengalami era revolusi industri. aat itu, produk buatan tangan yang diproduksi oleh pekerja individu mulai kehilangan nilainya karena kehadiran metode produksi massal yang berkembang dari penggunaan mesin pabrik.

Setelah itu kemudian muncul gerakan Seni dan Kerajinan Inggris (British Arts and Crafts Movement)  yang menentang fenomena produksi massal ini. Gerakan ini berhasil mengambil kembali nilai berharga dari produk hasil kerajinan tangan. Ketika gerakan ini akhirnya tiba di Amerika, beberapa karakter  “over-decorating” pada desain perumahan yang kala itu banyak diaplikasikan oleh masyarakat Amerika mulai berkurang dan digantikan oleh desain craftsman, karena kehadiran desain craftsman dianggap mampu memenuhi permintaan kelas menengah Amerika.

Desain craftsman pun lantas kian digemari karena memiliki unsur orisinalitas, kesederhanaan, penggunaan bahan-bahan lokal dan alami, serta adanya unsur kerajinan tangan yang terlihat indah, yang lantas mengawali perkembangan desain craftsman di Amerika. Agar Teman Narasi dapat lebih mudah mengenali dan mengidentifikasi tipe rumah dengan desain yang satu ini, Teman Narasi sebaiknya ketahui dulu karakteristik utamanya. Seperti apa sih karakteristik utama desain craftsman ini? Berikut kami rangkum 5 karakteristik utama yang dimiliki oleh gaya craftsman yang wajib Teman Narasi ketahui.

1. Banyak menggunakan material kayu

Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari gaya craftsman adalah penggunaan material kayu di hampir setiap bagian rumah. Hal ini berkaitan dengan bahan bangunan yang mudah diperoleh dari lingkungan sekitar pada masa itu.

2. Desain jalan masuk yang dihiasi oleh pilar

Ciri khas dari rumah gaya craftsman adalah adanya pilar penyangga canopy yang sekaligus menandakan jalan masuk menuju ruang utama rumah. Pada pilar inilah biasanya aksen bebatuan dimunculkan untuk menambah kesan sederhana namun tetap cantik. Dengan desain yang tepat, penggunaan pilar kecil pun dapat dilakukan sebagai alternatif.

3. Kehadiran tempat duduk di sudut ruangan

Rumah bergaya craftsman didesain untuk mengakomodir jumlah anggota keluarga yang banyak. Sehingga pada bagian interior rumah bergaya craftsman, ditempatkan sebuah tempat duduk pada sudut ruangan. Tempat duduk ini digunakan sebagai tempat bersantai selepas bekerja. Tempat duduk ini juga biasanya dibuat menempel pada dinding dan jendela.

Desain craftman memiliki tempat duduk di sudut ruangan dan kental dengan material kayu
Desain craftman memiliki tempat duduk di sudut ruangan dan kental dengan material kayu

4. Memiliki basement/ruang wine

Fitur menarik lainnya dari rumah bergaya craftsman adalah adanya ruangan bawah tanah atau basement yang berfungsi sebagai tempat bermain billiard yang dilengkapi dengan rak botol wine.

5. Memiliki perapian

Ciri khas terakhir pada gaya craftsman adalah adanya perapian pada ruang tengah. Tentu saja untuk iklim tropis seperti di Indonesia perapian tidak diperlukan. Namun Teman Narasi bisa tetap menghadirkan perapian sebagai aksesoris untuk mempercantik ruangan tanpa perlu menyalakan apinya.

Desain craftman umumnya memiliki perapian untuk menghangatkan ruangan
Desain craftman umumnya memiliki perapian untuk menghangatkan ruangan

Itulah 5 detail pada gaya craftsman yang bisa menjadi inspirasi Teman Narasi dalam menerapkan gaya craftsman pada hunian. Jika Teman Narasi ingin memiliki hunian bergaya craftsman, Segera hubungi tim Narasi Design melalui kontak yang tersedia. Selamat berkreasi, Teman Narasi!

Penulis: Wisesa Wirayuda
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber Materi dan Gambar:
donpedrobrooklyn.com
decoist.com
thewowdecor.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top