skip to Main Content
5 Tips Penting Agar Hunian Bebas Virus Corona

5 Tips Penting Agar Hunian Bebas Virus Corona

Penyebaran Virus Corona di seluruh dunia semakin meluas. Tercatat sudah ada 152 negara yang terjangkit Virus Corona, yang awalnya diketahui menyebar untuk pertama kalinya di Kota Wuhan, China. Dilansir dari peta penyebaran COVID-19, Coronavirus COVID-19 Global Cases by John Hopkins CSSE, jumlah pasien yang sembuh hingga saat ini tercatat sebanyak 80.840 orang. Sementara itu, jumlah kasus Virus Corona di seluruh dunia telah mencapai 197.168 kasus dengan total korban meninggal sebanyak 7.905 orang.

Oleh karena itu, ada baiknya Teman Narasi melakukan pembersihan rutin pada hunian mulai sekarang. Berikut 5 tips sederhana yang bisa Teman Narasi lakukan untuk mencegah Virus Corona bersarang di rumah.

1. Gunakan sarung tangan sekali pakai

Sebelum memulai bersih-bersih rumah, gunakanlah sarung tangan sekali pakai terutama jika sedang bersentuhan langsung dengan bahan kimia. Kemudian buang sarung tangan tersebut jika sudah tidak digunakan lagi.

Gunakan sarung tangan sekali pakai
Gunakan sarung tangan sekali pakai – source: unsplash.com

2. Bersihkan rumah setiap hari

Sapu dan pel lantai setiap hari. Tak lupa juga bersihkan bagian-bagian rumah yang sering disentuh tangan seperti kenop pintu, saklar lampu, dan permukaan meja menggunakan disinfektan. 

Bersihkan rumah setiap hari
Bersihkan rumah setiap hari

3. Gunakan disinfektan rumah tangga

Disinfektan terbukti efektif membunuh virus, bakteri dan kuman. Disinfektan ini dapat ditemukan di toko online langganan Teman Narasi.

Gunakan disinfektan rumah tangga
Gunakan disinfektan rumah tangga

4. Sediakan tisu desinfektan 

Untuk kebutuhan harian, Teman Narasi bisa menyediakan tisu yang mengandung alkohol. Sangat penting memiliki tisu yang mengandung alkohol jika seseorang di rumah Teman Narasi tiba-tiba sakit.

5. Gunakan hidrogen peroksida tiga persen 

Selain disinfektan, Teman Narasi bisa menggunakan hidrogen peroksida tiga persen yang terbukti efektif melawan virus. Teman Narasi dapat menggunakannya langsung di permukaan seperti wastafel, toilet, dan permukaan meja. Diamkan selama 10-15 menit dan basuh sampai bersih. Hidrogen Peroksida juga dapat digunakan untuk membersihkan sikat gigi yang mengandung banyak bakteri. 

Jika rumah Teman Narasi sudah bersih, maka hindari terlalu sering keluar rumah atau berkumpul di kerumunan massa untuk menghindari perpindahan virus. Juga tetap jaga kebersihan dan kesehatan dengan cara cuci tangan dan makan makanan yang sehat ya, Teman Narasi! 

Penulis: Wisesa Wirayuda
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
kompas.com
architecturaldigest.com
usatoday.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top