skip to Main Content
7 Alasan Desain Bergaya Country Layak Untuk Menjadi Pilihan

7 Alasan Desain Bergaya Country Layak untuk Menjadi Pilihan

Desain interior bergaya country atau gaya pedesaan kini mulai banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia. Desain gaya pedesaan ini biasanya diaplikasikan pada hunian sementara atau villa  yang khusus dibangun untuk dijadikan sebagai tempat berlibur, dan biasanya dibangun di dataran tinggi seperti area Puncak.. Rumah dengan desain interior country biasanya membutuhkan lahan yang luas. Namun dengan desain yang tepat, kini Teman Narasi juga bisa menerapkan desain rumah dengan gaya pedesaan di lahan yang lebih kecil atau terbatas. Berikut 7 alasan kenapa desain gaya pedesaan cocok untuk dijadikan pertimbangan oleh Teman Narasi.

1. Menghadirkan Suasana Tenang Seperti di Pedesaan

Rumah bergaya country memiliki ciri khas tersendiri, seperti bangunan yang melebar atau memanjang, dengan overstek yang lebar sebagai peneduh jendela dan pintu masuk, serta memiliki teras yang luas. Teras yang luas biasanya digunakan sebagai ruang tamu atau ruang beristirahat sembari menikmati pemandangan pedesaan. Ruangan yang ada di dalamnya juga saling berhubungan tanpa dibatasi dengan sekat atau pemisah ruangan. Sebagai gantinya, railing, wall cabinet, dan perbedaan level lantai menjadi alternatif untuk menciptakan kesan batasan antar ruangan.

2. Sangat Cocok untuk Pecinta Ketenangan

Desain country sangat cocok untuk pecinta ketenangan
Desain country sangat cocok untuk pecinta ketenangan

Dalam desain interior gaya pedesaan, satu hal yang paling ditonjolkan adalah selera atau imajinasi si pemilik rumah. Jika Teman Narasi ingin memiliki hunian yang menenangkan dengan suasana yang sejuk, desain gaya pedesaan bisa menjadi pilihan. Perpaduan antara sofa bergaya vintage, bantal-bantal klasik, secangkir teh dan juga hiasan buku bisa membangun suasana yang menenangkan setelah melakukan aktivitas di luar rumah seharian, atau sekedar untuk mengisi waktu luang.

3. Dapat Membangun Rasa Kekeluargaan dan Keterbukaan

Desain country dapat membangun rasa kekeluargaan dan keterbukaan
Desain country dapat membangun rasa kekeluargaan dan keterbukaan

Rumah dengan gaya pedesaan memiliki ciri khas berupa teras yang luas. Dengan ruang yang luas tersebut, sangat memungkinkan bagi pemilik rumah untuk menampung kehadiran banyak orang, seperti tamu yang berkunjung, atau ketika kumpul keluarga besar sewaktu libur panjang. Pada bagian interiornya, khususnya langit-langit, atap ruangan dibuat tinggi sehingga memungkinkan sirkulasi udara di dalam rumah untuk menjadi lebih lancar.

4. Furnitur yang Awet dan Tahan Lama

Desain country cenderung memiliki furniture yang awet dan tahan lama
Desain country cenderung memiliki furniture yang awet dan tahan lama

Pada desain gaya pedesaan, sebagian besar furnitur yang digunakan berbahan kayu asli. Desain gaya country atau pedesaan biasanya menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam. Dengan perawatan yang tepat, furnitur berbahan alami tersebut bisa bertahan lama hingga sangat mungkin untuk diwariskan ke generasi berikutnya.

5. Memiliki Unsur yang Serba Alami

Desain country memiliki unsur yang serba alami
Desain country memiliki unsur yang serba alami

Pencahayaan pada rumah bergaya country bersumber pada cahaya alami berupa cahaya matahari. Sirkulasi udaranya juga berasal dari sirkulasi udara alami. Pada rumah gaya pedesaan, rumah seolah menyatu dengan alam sekitar, sehingga cocok sekali bagi Teman Narasi yang memiliki hobi bercocok tanam atau berkesenian. Desain gaya pedesaan ini juga merupakan salah satu desain yang tepat untuk diterapkan di wilayah beriklim tropis.

6. Memiliki Banyak Alternatif Bahan Baku

Memiliki banyak alternatif bahan baku
Memiliki banyak alternatif bahan baku

Kendala yang dimiliki oleh hunian bergaya pedesaan adalah bahan baku alami yang tidaklah murah. Teman Narasi bisa mencari solusi alternatif untuk bahan bakunya, seperti penggunaan bambu atau jenis kayu yang menggunakan kayu damar laut. Untuk jelasnya, Teman Narasi bisa berkonsultasi dengan tim Narasi Design agar tidak salah mengambil keputusan ketika hendak memilih bahan baku.

7. Dapat dibangun di Kota

Gaya country dapat dibangun di kota
Gaya country dapat dibangun di kota

Meskipun desain gaya pedesaan ini cenderung lebih cocok dibangun di dataran tinggi atau desa. Namun saat ini, banyak desainer yang dapat membantu Teman Narasi untuk mewujudkan desain impian bergaya pedesaan ini di tengah kota, sehingga impian Teman Narasi untuk memiliki hunian bergaya country bisa menjadi kenyataan. Ingin konsultasi lebih lanjut mengenai desain interior country? Langsung saja hubungi tim Narasi Design.

Penulis: Wisesa Wirayuda
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.okezone.com
www.lamudi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top