skip to Main Content
7 Alasan Memilih Desain Eclectic Nan Unik

7 Alasan Memilih Desain Eclectic nan Unik

Desain eclectic adalah ide desain interior yang sangat cocok untuk Teman Narasi yang mencintai hal-hal yang berbeda dan unik. 

Teman Narasi pasti sudah mengetahui berbagai desain interior rumah dan desain interior ruang tamu yang begitu akrab di telinga. Sebut saja desain minimalis, klasik, vintage, georgian, dan juga industrial. Namun, desain eclectic mungkin masih terdengar asing di telinga, meskipun sebenarnya desain yang satu ini sangat mudah ditemukan di berbagai tempat umum seperti kafe, restoran, mall, hingga rumah atau hunian. 

Memiliki 7 alasan menarik, desain eclectic merupakan desain yang pantas untuk dilirik. Simak 7 alasan kenapa Teman Narasi patut mencoba menerapkan desain eclectic dan menjadikannya sebagai inspirasi dalam mendesain interior rumah Teman Narasi berikut ini. 

1. Desain yang memadukan berbagai ide

Desain eclectic merupakan desain yang memadukan berbagai ide - source: hayneedle.com
Desain eclectic merupakan desain yang memadukan berbagai ide – source: hayneedle.com

Meskipun terdengar asing, desain eclectic bisa menjadi jenis desain yang sangat akrab di dalam kehidupan sehari-hari. Inspirasi desain eclectic berasal dari perpaduan berbagai inspirasi desain. Pada desain eclectic, terdapat bermacam-macam elemen seperti perpaduan tekstur, material furnitur, dekorasi, dan beragamnya desain interior dari berbagai periode waktu, tren, dan juga gaya. Apabila salah dalam proses padu-padan, maka ruangan bisa terlihat berantakan. Supaya hal tersebut tidak terjadi, pastikan Teman Narasi memperhatikan beberapa hal penting yang kami ulas di poin-poin selanjutnya. 

2. Simple, dan bisa dimulai hanya dengan dua warna

Desain eclectic merupakan desain yang simple, dengan memadukan minimal 2 warna
Desain eclectic merupakan desain yang simple, dengan memadukan minimal 2 warna

Mungkin Teman Narasi akan merasa bingung memulai proses desain interior eclectic, karena ada terlalu banyak elemen yang terlibat di dalamnya. Langkah pertama untuk memulainya adalah dengan menentukan dua warna utama yang akan menjadi awal mula dari keseluruhan tampilan artistik desain eclectic. Pilihlah satu warna netral seperti abu-abu, putih, atau krem, Lalu tentukan satu warna cerah atau pop up yang bisa diaplikasikan pada beberapa furnitur maupun dekorasi ruang, misalnya pink, hijau, atau biru. 

3. Kreativitas tanpa batas

Desain eclectic yang memadukan berbagai ide, merupakan kanvas untuk mengekspresikan kreativitas pemilik - source: madebybood.com
Desain eclectic yang memadukan berbagai ide, merupakan kanvas untuk mengekspresikan kreativitas pemilik – source: madebybood.com

Tidak ada batasan dalam pengaplikasian ide pada desain eclectic, baik itu sebagai desain interior ruang tamu, kamar, maupun dapur. Teman Narasi bebas untuk berekspresi dan memadu-padankan berbagai inspirasi desain, karena desain eclectic memberikan kebebasan dalam perpaduan desain, hingga tercipta desain interior rumah yang unik.

4. Tidak membutuhkan adanya focal point

Desain eclectic umumnya tidak berpaku pada suatu focal point tertentu, melainkan keselarasan antar furnitur dan aksesoris - source: decozilla.com
Desain eclectic umumnya tidak berpaku pada suatu focal point tertentu, melainkan keselarasan antar furnitur dan aksesoris – source: decozilla.com

Saat ide desain interior lainnya kerap menyebut tentang pentingnya focal point pada sebuah ruangan sebagai hal yang tidak boleh terlewatkan, lain halnya dengan inspirasi desain eclectic. Pada desain ini focal point justru tidak dibutuhkan, karena keunikan dari inspirasi desain interior ini adalah segala unsur yang ada menjadi penting dan tidak saling bersaing untuk menjadi yang paling menonjol di dalam ruangan. Baik dari sisi pemilihan warna atau bentuknya, setiap furnitur dan dekorasi ruang memiliki porsi yang sama dalam menjadikan ruangan agar terlihat cantik secara estetik. 

5. Bebas untuk berkreasier dengan motif

Desain eclectic juga banyak dipadukan dengan beragam motif sesuai kreativitas pemilik - source: clairebrodydesigns.com
Desain eclectic juga banyak dipadukan dengan beragam motif sesuai kreativitas pemilik – source: clairebrodydesigns.com

Desain interior vintage pun kerap bermain dengan motif. Namun dalam desain eclectic, permainan motif bisa jauh lebih variatif karena tidak adanya batasan dalam berkreasi. Tabrak motif pun kerap dilakukan oleh mereka yang menyukai hal-hal unik dan berjiwa ekspresif serta berani. Dengan motif yang berbeda-beda itu, setidaknya masih ada kesamaan dari unsur warna supaya tidak terlihat dan berkesan terlalu penuh. Permainan motif dapat dilakukan pada sofa dan cushion yang beragam, dinding, dekorasi meja, dan juga taplak meja. 

6. Bisa memiliki galeri Seni pribadi

Desain eclectic dapat juga dijadikan galeri seni pribadi - source: houzz.co.uk
Desain eclectic dapat juga dijadikan galeri seni pribadi – source: houzz.co.uk

Teman Narasi termasuk penyuka gambar, lukisan, atau karya seni sejenis yang biasa dipajang di dinding? Desain eclectic adalah ide interior desain yang akan memberikan ruang untuk Teman Narasi memiliki “galeri seni” pribadi di dinding ruangan favorit. Bisa jadi di ruang tamu ataupun di kamar tidur, tergantung apakah  ingin menunjukkan koleksi seni tersebut pada banyak orang atau hanya untuk dinikmati sendiri. Hal ini menjadi salah satu ciri khas desain eclectic, karena sesuai dengan konsep eclectic yang tidak berbatas, berseni tinggi, dan penuh warna. 

7. Bisa menggunakan bermacam tekstur 

Selain motif, desain eclectic juga mudah dipadukan dengan berbagai macam tekstur - source: hgtv.com
Selain motif, desain eclectic juga mudah dipadukan dengan berbagai macam tekstur – source: hgtv.com

Tidak hanya bermain dengan motif seperti disebutkan sebelumnya, desain interior rumah eclectic juga dapat membuat Teman Narasi bermain dengan tekstur. Kalau biasanya penggunaan tekstur pada lapisan sofa, dinding, gorden, dan furnitur dibatasi agar tidak menimbulkan kesan yang terlalu ramai atau tumpang-tindih, dalam desain eclectic permainan berbagai macam tekstur sangat bisa dilakukan. Contohnya saja sofa wol dengan karpet bulu halus dan dinding berlapis embossed wallpaper, semuanya bisa terlihat estetik dan eclectic dengan penempatan dan pemilihan paduan warna yang tepat. 

Setelah melihat ketujuh alasan di atas, semakin tertarik kan untuk menerapkan desain eclectic di rumah? Teman Narasi bisa mulai mencari berbagai referensi supaya inspirasi desain eclectic kalian semakin banyak, sebelum mulai merombak ruang tamu atau kamar. Selamat berekspresi!

Writer: Agatha Elma Febiyaska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
apartmenttherapy.com,
decoraid.com,
elledecor.com,
freshome.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top