skip to Main Content
7 Alasan Memilih Desain Interior Art Deco Pada Hunian

7 Alasan Memilih Desain Interior Art Deco pada Hunian

Apakah Teman Narasi merupakan salah satu penggemar film “The Great Gatsby”? Film yang berlatar belakang tahun 1920-an ini menampilkan pesona dan suasana klasik khas tahun 20-an, lengkap dengan unsur metalik, warna emas, dan furnitur klasik, yang ternyata sangat bisa diaplikasikan pada gaya interior hunian Teman Narasi, lho! Gaya interior inilah yang sering disebut dengan desain interior Art Deco.

Art deco merupakan salah satu gaya desain interior dan arsitektur yang unik dan sudah mulai dikenal dan berpengaruh sejak abad ke-20 hingga saat ini. Interior art deco sangat mudah untuk diadaptasi sehingga Teman Narasi tidak perlu khawatir kesulitan mencari inspirasi ataupun menemukan furnitur dan dekorasi bergaya art deco di pasaran.

Sebelum Teman Narasi mulai berkreasi, yuk simak dulu 7 alasan mengapa gaya art deco masih menginspirasi interior hunian di abad ke-21 berikut ini!

1. Memberi kesan yang klasik dan mewah

Desain interior art deco yang kerap menggunakan motif hewan seperti kulit macan, sayap kupu-kupu, burung merak, serta motif tanaman eksotis pada wallpaper maupun pelapis furnitur, mampu memberikan kesan yang klasik dan glamor pada ruangan. Warna yang mewah seperti emas, perak, hijau emerald, hitam, silver, dan warna yang berkesan mewah lainnya juga sangat cocok dalam merepresentasikan gaya interior yang satu ini. Nuansa mewah juga dapat Teman Narasi wujudkan dengan memilih material kulit atau kain velvet untuk elemen interior, seperti furnitur dan dekorasi.

2. Penggunaan material kaca sebagai dekorasi akan membuat ruangan tampak luas

Art Deco Style Mirror - source: theartofbespoke.com
Art Deco Style Mirror – source: theartofbespoke.com

Material kaca adalah salah satu ornamen yang wajib digunakan pada hunian bergaya art deco. Agar sisi artistik art deco semakin terlihat, pilih setidaknya satu atau empat sisi dinding ruangan untuk dikreasikan dengan mengaplikasikan potongan-potongan kaca, untuk membentuk art deco style mirror. Tidak hanya sebatas dekorasi saja, dinding kaca juga dapat menjadi titik fokus pada sebuah ruangan dan memberikan kesan luas.

3. Dapat dipadukan dengan desain interior klasik dan kontemporer

Perpaduan interior klasik dan kontemporer - source: architecturaldigest.com
Perpaduan interior klasik dan kontemporer – source: architecturaldigest.com

Keunikan desain interior art deco lainnya adalah adanya perpaduan antara interior klasik dan kontemporer. Meskipun art deco berakar pada gaya desain tahun 1920-an dan 1930-an, tidak berarti desain art deco terlalu kuno untuk dijadikan referensi desain interior di masa sekarang ini. Bahkan, komitmen dan karakter unik seperti keberanian dan ekspresi diri yang ditunjukkan oleh desain interior art deco membuatnya sangat cocok untuk diaplikasikan di kehidupan modern.

Bagi Teman Narasi yang ingin kembali ke era 20-an dan 30-an, hal esensial yang penting untuk dilakukan adalah memilih furnitur dan dekorasi yang tepat, agar dapat memperkuat suasana interior art deco. Tema-tema populer pada masa itu adalah binatang, dedaunan, dan sinar matahari. Selain itu, artefak dan karya seni yang unik seperti batu giok, gading, batu obsidian, dan kristal juga dapat Teman Narasi manfaatkan guna mendatangkan suasana klasik pada era tersebut.

4. Dapat dipadupadankan dengan barang-barang antik

Penempatan furnitur dan barang-barang antik dalam interior bergaya art deco - source: architecturaldigest.com
Penempatan furnitur dan barang-barang antik dalam interior bergaya art deco – source: architecturaldigest.com

Pada desain interior art deco, Teman Narasi tidak perlu khawatir untuk menempatkan furnitur atau barang-barang antik seperti meja bergaya victorian, lampu meja vintage,  atau kaca dengan bingkai berupa pahatan di dalam ruangan yang akan menghadirkan kesan classy interior. Keunikan desain interior art deco yang memadukan interior klasik dan kontemporer membuat barang-barang antik tetap memiliki tempat yang spesial di masa sekarang. 

5. Memberikan kebebasan berekspresi

Penggunaan warna terang pada hunian bergaya interior art deco - source: architecturaldigest.com
Penggunaan warna terang pada hunian bergaya interior art deco – source: architecturaldigest.com

Segala sesuatu dalam desain interior art deco memang sangat unik, sehingga jangan kaget bila Teman Narasi menemukan furnitur atau dekorasi berbentuk aneh dan berukuran tidak lazim. Hal ini dikarenakan gaya interior art deco memberikan kesempatan bagi para desainernya atau pun pemilik rumah untuk berkreasi secara bebas. Selain itu, tidak adanya batasan yang terlalu rumit pada gaya interior ini juga dapat memberikan kesempatan untuk memilih lebih banyak warna, motif, serta material furnitur.

6. Gaya art deco cocok untuk semua kalangan

Interior art deco sering kali digambarkan sebagai desain interior yang sangat mewah dan artistik. Namun sebenarnya gaya interior ini bukan hanya sebatas untuk kaum golongan atas saja, tetapi cocok untuk digunakan oleh semua kalangan, tanpa terkecuali. Tingkat produksi dan ketersediaan elemen-elemen interior berupa furnitur dan dekorasi art deco juga terus meningkat, sehingga lebih mudah didapat dan Teman Narasi dapat mewujudkan tampilan hunian yang diinginkan.

7. Eye-catching dan artistik

Salah satu karakteristik pada desain interior art deco adalah penggunaan warna yang kontras serta penggabungan banyak motif lewat furnitur, dinding, dan ornamen dekorasi lainnya, yang dapat menciptakan kesan yang artistik pada hunian. Selain itu, Teman Narasi juga dapat memajang karya seni berupa pahatan berlapis logam atau perunggu, atau membuat galeri foto atau lukisan dengan tema warna emas pada dinding.  Pemasangan wallpaper berwarna biru tua atau hijau tua dengan detail emas atau perak pada dinding juga merupakan cara cermat untuk memunculkan kesan hunian yang glamor dan berdaya tarik tinggi. 

Inspirasi hunian dengan desain interior art deco - source: architecturaldigest.com
Inspirasi hunian dengan desain interior art deco – source: architecturaldigest.com

Dengan memilih desain interior bergaya art deco lengkap dengan furnitur beserta dekorasi yang senada, Teman Narasi dapat memadukan unsur klasik dan kontemporer pada tampilan interior hunian, dan membuat ruangan di rumah jadi lebih cantik dan berkarakter. Jadi, tunggu apa lagi? Segera wujudkan tampilan hunian idamanmu dengan interior art deco. Selamat berkreasi dan happy living!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.thespruce.com,
www.architecturaldigest.com,
www.theartofbespoke.com,
www.impressiveinteriordesign.com,
www.decoraid.com,
www.freshome.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top