skip to Main Content
7 Alasan Memilih Desain Minimalis Untuk Interior Ruangan

7 Alasan Memilih Desain Minimalis untuk Interior Ruangan

Desain interior minimalis tengah menjadi primadona dalam beberapa tahun belakangan. Tidak mengherankan, karena desain interior minimalis bisa membuat rumah dan ruangan terlihat cantik dalam kesederhanaan. 

Desain minimalis merupakan aplikasi turunan dari arsitektur minimalis yang dipelopori oleh Ludwig Mies van der Rohe, seorang arsitek asal Jerman yang menggunakan prinsip minimalis dalam karya arsitekturnya pada awal abad ke-20. Bentuk geometris seperti persegi serta garis dan warna netral adalah beberapa unsur yang mendominasi interior minimalis. Unsur-unsur tersebut menjadikan interior minimalis banyak digemari dari masa ke masa. 

Ada setidaknya 7 alasan yang menjadikan interior minimalis layak untuk dipilih dan diterapkan di rumah Teman Narasi, seperti diulas berikut ini.

1. Membuat Ruangan Terlihat Bersih

Desain minimalis dapat memberikan kesan ruangan terlihat lebih - source: unsplash.com
Desain minimalis dapat memberikan kesan ruangan terlihat lebih – source: unsplash.com

Ruangan akan terlihat bersih karena penggunaan warna pada interior minimalis yang mengacu pada palet warna netral seperti putih, abu-abu, dan krem. Mayoritas inspirasi interior minimalis menggunakan warna putih di seluruh bagian ruangan, atau menjadikan warna putih sebagai warna yang dominan. Pemilihan warna putih tentunya akan langsung membuat ruangan terlihat bersih. Namun, untuk menjaga kenyamanan mata mereka yang melihat dan yang menggunakan ruangan tersebut, pembersihan secara berkala menjadi “konsekuensi” penggunaan warna putih pada ruangan dengan desain interior minimalis. 

2. Ruangan Terasa Lebih Luas

Desain minimalis memberikan kesan ruangan lebih luas - source: unsplash.com
Desain minimalis memberikan kesan ruangan lebih luas – source: unsplash.com

Apakah Teman Narasi pernah merasa bingung dalam menata kamar atau ruang tamu yang sempit? Nah, desain interior minimalis adalah jawaban dari kebingungan Teman Narasi. Interior kamar minimalis dengan penggunaan warna netral yang cerah seperti putih, krem, dan abu-abu muda akan menjadikan kamar tidur terlihat dan terasa lebih lega. Interior ruang tamu minimalis yang menggunakan warna serupa pun pasti akan tampak lebih luas. Selain itu, penggunaan furnitur dengan desain minimalis menggunakan material yang tipis, tidak tebal dan besar, juga akan menghemat penggunaan ruang. 

3. Menghemat Biaya Desain Interior

Desain minimalis cenderung lebih hemat dalam hal biaya desain - source: unsplash.com
Desain minimalis cenderung lebih hemat dalam hal biaya desain – source: unsplash.com

Banyaknya inspirasi desain interior minimalis yang bertebaran di internet akan mempermudah eksekusi penerapan desain yang satu ini di rumah, tanpa perlu membayar jasa desainer interior. Tentunya, Teman Narasi perlu meluangkan waktu khusus untuk turun tangan langsung dalam mendesain ruangan rumah dengan konsep minimalis. Kesederhanaan dalam melakukan pemilihan furnitur, warna, serta penempatan furnitur sangat mudah ditemukan pada berbagai foto maupun gambar desain interior minimalis di internet maupun buku. Inspirasi tersebut juga sangat mudah untuk ditiru, yang kemudian bisa kita disesuaikan dengan selera pribadi dan juga ukuran ruangan. 

4. Hanya Butuh Furnitur Secukupnya

Desain minimalis sangat simple dan hanya membutuhkan furnitur secukupnya - source: unsplash.com
Desain minimalis sangat simple dan hanya membutuhkan furnitur secukupnya – source: unsplash.com

Dibandingkan dengan desain interior klasik, rustic, atau industrial, desain interior minimalis tidak memerlukan banyak furnitur atau aksesoris untuk mempresentasikan desain minimalis seutuhnya. Untuk interior ruang tamu minimalis, misalnya, cukup dengan menempatkan sofa atau dua buah armchair dengan satu coffee table, yang kemudian dipermanis dengan sebuah vas atau patung keramik yang simple. Selain itu, Teman Narasi juga bisa meletakkan  selembar karpet bermotif di bawah coffee table sebagai focal point ruang tamu.

5. Memberikan Kenyamanan Lebih

Desain minimalis memberikan kenyamanan lebih - source: unsplash.com
Desain minimalis memberikan kenyamanan lebih – source: unsplash.com

Melihat ruangan yang terlalu penuh, sekalipun ruangan itu rapi, terkadang menimbulkan rasa ‘sumpek’ dan kurang nyaman. Dengan memilih desain interior rumah minimalis, maka Teman Narasi akan merasa lebih nyaman dan terhindar dari perasaan ‘sumpek’ atau terhimpit karena banyaknya furnitur dan barang-barang yang ada di dalam satu ruangan. Desain interior minimalis akan membuat kita merasa lebih betah berada di kamar atau ruang tamu dengan desain tersebut. 

6. Mudah Dikombinasikan

Desain minimalis mudah dikombinasikan

Apabila Teman Narasi termasuk tipe orang yang suka bereksperimen dengan desain interior, memiliki rumah berdesain interior minimalis akan memudahkan Teman Narasi dalam memadukan  konsep minimalis dengan konsep desain lainnya, misalnya rustic atau industrial. Contohnya, salah satu ruangan yang memiliki dinding dan sofa dengan desain minimalis,  dipasangkan dengan meja yang berasal dari peti kemas untuk memberikan sentuhan industrialis. Selain itu, desain interior rumah minimalis juga akan memudahkan Teman Narasi mengganti tema ruangan jika sudah mulai merasa bosan. Tidak perlu menambah atau mengurangi banyak unsur, cukup dengan tetap mempertahankan beberapa unsur minimalis yang ditata ulang, ruangan pun akan terlihat lebih segar.  

7. Perawatan yang Mudah

Desain minimalis memiliki perawatan yang mudah
Desain minimalis memiliki perawatan yang mudah

Seperti sudah disebutkan di atas, desain interior minimalis cenderung tidak menggunakan terlalu banyak banyak furnitur atau aksesoris. Jumlah barang di dalam ruangan yang terbatasmembuat proses membersihkan ruangan akan menjadi lebih ringkas dan cepat, sehingga mampu membuat Teman Narasi merasa ingin lebih sering membersihkannya. Tidak hanya itu, material furnitur berkonsep minimalis biasanya menggunakan bahan kaca, kayu, besi, bahkan plastik, yang merupakan material yang mudah dibersihkan dan tidak memerlukan perawatan khusus. 

Desain interior minimalis dapat Teman Narasi terapkan di salah satu ruangan atau bahkan seluruh bagian rumah, termasuk disesuaikan dengan konsep arsitektur rumah tersebut. Semoga 7 alasan di atas bisa membuat Teman Narasi semakin mantap memilih desain minimalis, ya! 

Penulisa: Agatha Elma Febiyaska
Editor: Renya Nuringtyas
Source: berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top