skip to Main Content
7 Alasan Memilih Desain Victorian Untuk Hunian Yang Mewah

7 Alasan Memilih Desain Victorian untuk Hunian yang Mewah

Dengan adanya kemajuan teknologi di bidang arsitektur dan desain interior, gaya Victorian yang melekat dengan tema klasik dan diilhami oleh gaya hunian khas bangsawan Inggris kuno, tetap memberikan inspirasi pada kehidupan modern saat ini. Berikut adalah 7 alasan mengapa desain interior Victorian masih sering dilirik banyak orang saat menentukan gaya interior hunian. 

1. Menciptakan suasana hunian yang elegan, megah, dan mewah

Hunian dengan desain interior bergaya Victorian - source: hiranandaniparks.com
Hunian dengan desain interior bergaya Victorian – source: hiranandaniparks.com

Desain interior bergaya Victorian sarat dengan sentuhan arsitektur dan interior ala kerajaan Inggris, dengan warna dan pola yang megah, serta ukiran, furnitur dan ornamen klasik berukuran besar mulai dari tangga, jendela, lemari, sofa, cermin dan lampu yang memberikan kesan mewah dan berkelas. Tidak hanya pada interior, hunian dengan arsitektur bergaya Victorian juga memiliki atap rumah yang curam dengan bagian puncak dilengkapi dengan cupola, yaitu struktur bangunan tambahan dengan bentuk menyerupai kubah.

2. Cocok diaplikasikan untuk hunian berukuran besar dengan langit-langit tinggi

Gaya interior Victorian pada ruangan yang berukuran cukup besar - source: houzz.com
Gaya interior Victorian pada ruangan yang berukuran cukup besar – source: houzz.com

Hunian dengan arsitektur dan desain interior bergaya Victorian biasanya berdiri di atas lahan yang luas, sehingga gaya ini selalu melekat dengan bangunan besar dan megah. Ciri khas gaya Victorian juga terlihat pada ukuran pintu yang relatif tinggi serta ornamen-ornamen dalam ruangan yang berukuran besar, seperti gorden berukuran besar dan tinggi dengan rumbai yang menjuntai dan sofa besar dengan sandaran tinggi. So, untuk Teman Narasi yang memiliki hunian bertingkat dan area rumah yang luas dengan ruangan-ruangan besar, gaya Victorian layak untuk dijadikan pilihan.

3. Selaras dengan barang-barang antik

Desain interior berkonsep Victorian yang sudah digunakan sejak era Ratu Victorian dari Inggris ini, merupakan kombinasi antara desain tradisional dan kontemporer modern. Maka dari itu, Teman Narasi dapat meletakkan koleksi barang-barang antik untuk menghadirkan suasana klasik dan tradisional yang lebih kental ke dalam hunian bergaya Victorian.

4. Dapat dipadukan dengan interior bergaya modern

Sebagian besar orang yang memiliki rumah bergaya Victorian menginginkan sedikit suasana modern di rumah mereka, dan mereka yang tidak memiliki gaya Victorian mendambakan kualitas dan karakter desain interior bergaya Victorian yang tampaknya sulit didapat saat ini.

Ruang tamu bergaya Victorian modern - source: stylebyemilyhenderson.com
Ruang tamu bergaya Victorian modern – source: stylebyemilyhenderson.com

Ada beberapa cara yang dapat Teman Narasi lakukan, misalnya saja memasangkan meja kayu kuno dengan kursi ultra-modern, seperti kursi akrilik atau kursi industrial, menambahkan potongan kayu berukir pada ornamen seperti bingkai cermin, lampu, dan bingkai foto, menghadirkan dinding aksen dengan warna dan pola bergaya Victorian pada ruangan dengan denah lantai terbuka, atau menaruh bantal dengan sarung bermotif bunga di kursi atau sofa modern. Langkah-langkah tersebut dapat melahirkan desain interior bergaya Victorian modern.

5. Pencahayaan hunian yang hangat

Desain interior bergaya Victorian semakin terlihat elegan dengan pencahayaan yang hangat dan bersinergi dengan warna gelap. Bohlam dengan cahaya kuning pada lampu dinding dan lampu gantung, yang biasanya digunakan pada hunian bergaya Victorian, memberikan pencahayaan lembut serta suasana yang nyaman pada ruangan. Menambahkan beberapa lampu dekoratif seperti lampu “Tiffany” juga akan menjadi tambahan dekorasi yang sempurna untuk rumah bertema Victorian.

Lampu ‘Tiffany’ - source: tobysreclamation.com
Lampu ‘Tiffany’ – source: tobysreclamation.com

6. Cocok untuk pribadi yang ekspresif dan gemar mendekor hunian dengan berbagai ornamen

Hunian bertema Victorian lengkap dengan berbagai ornamen dekorasi serta penggunaan warna dan pola yang megah - source: rooang.com
Hunian bertema Victorian lengkap dengan berbagai ornamen dekorasi serta penggunaan warna dan pola yang megah – source: rooang.com

Gaya interior Victorian biasanya mengandung banyak ornamen, seperti permadani, gorden besar, wallpaper berpola, lampu gantung besar, juga furnitur yang kaya akan motif dan ukuran. Teman Narasi juga dapat dengan mudah mengekspresikan diri lewat warna dan pola megah nan berani seperti merah tua, hijau tua, ungu, dan emas, serta pola bunga, dedaunan, burung, dan kupu-kupu yang merupakan ciri khas interior bertema Victorian.

7. Salah satu konsep desain interior yang tidak lekang oleh waktu

Interior desain bergaya Victorian dengan pemilihan warna yang selaras - source: interiordesign.id
Interior desain bergaya Victorian dengan pemilihan warna yang selaras – source: interiordesign.id

Teman Narasi tidak perlu khawatir saat mengaplikasikan desain interior unik satu ini untuk hunian, karena gaya interior Victorian adalah salah satu konsep desain interior yang tidak akan lekang oleh waktu, selama konsep ini diterapkan dengan tepat dan sesuai. Sesuatu yang lawas selalu menjadi hal yang memiliki nilai seni dan memiliki keunikan tersendiri. Begitu pula dengan gaya desain interior Victorian yang sudah muncul sejak pertengahan hingga akhir abad ke-19. Konsep desain interior satu ini dipercaya jika semakin tua usianya, semakin tinggi pula nilai estetikanya.

Mengubah interior hunian dengan gaya Victorian memang tidak semudah kedengarannya. Selain membutuhkan budget yang cukup besar, tantangan yang akan dihadapi saat memadukan warna, pola, gaya furnitur, dan lainnya juga lumayan menghabiskan energi. Namun, hunian dengan gaya interior Victorian adalah ide sekaligus proyek menarik yang patut dicoba untuk Teman Narasi yang memiliki budget, waktu, dan tenaga yang cukup. Selamat berkreasi dan happy living, Teman Narasi! 

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.imaniadesain.com,
www.rumahsabine.co.id,
www.arsitag.com,
www.propertyinside.id,
www.impressiveinteriordesign.com,
www.freshome.com,
www.interiordesign.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top