skip to Main Content
7 Alasan Utama Memilih Desain Interior Georgian

7 Alasan Utama Memilih Desain Interior Georgian

Munculnya istilah Georgian dalam dunia desain interior, arsitektur, maupun desain furnitur berasal dari beberapa negara berbahasa Inggris. Gaya Georgian mengarah pada serangkaian gaya bangunan, interior, dan furnitur yang berkembang di tahun 1714 hingga 1830. Nama ‘Georgia’ sendiri merupakan nama dari empat orang raja Inggris, yakni King George I, II, III dan King George IV yang sukses memimpin pemerintahan Inggris selama rentang waktu tersebut. Desain interior Georgian menawarkan kesan klasik yang abadi untuk pecinta desain ruangan yang berkelas. 

Definisi Gaya Georgian 

Gaya Georgian bermula dari gaya Barok yang dikenal pada abad ke-18 di Inggris. Sifat dan karakter yang harus dimiliki oleh desain interior Georgian adalah megah, tegas, ber-ornamen, serta berwarna-warni. Ada pula gaya Georgian yang lebih klasik karena terpengaruh oleh gaya desain Romawi dan Yunani. 

7 Alasan Kenapa Kita Harus Memilih Desain Interior Georgian? 

Berikut 7 alasan kenapa kita harus memilih desain interior Georgian - source: cdn.homedit.com
Berikut 7 alasan kenapa kita harus memilih desain interior Georgian – source: cdn.homedit.com

Setidaknya ada 7 alasan yang bisa menjadi pertimbangan  Teman Narasi dalam memutuskan untuk memilih desain interior Gregorian. 

1. Menggambarkan Kemewahan yang Tak terbatas

Mewah merupakah salah satu sifat atau karakter wajib dari desain interior Gregorian, karena penggunaan ornamen-ornamen yang memberikan kesan tegas dan elegan, serta pemilihan warna yang berkelas. Hal tersebut tentunya akan memberikan kesan mewah yang tidak hanya berumur sementara, tapi akan bertahan selamanya. 

2. Memiliki Proporsi yang Indah

Proporsi merupakan hal penting dalam mendesain sebuah ruangan karena akan berdampak pada keindahan visual dan kenyaman penghuninya. Penggunaan desain interior Georgian memberikan proporsi ruang yang indah karena gaya Georgian terpengaruh gaya Palladian yang klasik dan elegan dengan desain langit-langit yang tinggi. Memiliki langit-langit ruang yang tinggi bisa jadi persoalan jika tidak diperlakukan dengan benar atau salah memilih desain interior. 

3. Memiliki Ciri Khas Jendela Sash yang Elegan

Gaya Georgian memiliki jendela Sash yang elegan - source: sashwindow.com
Gaya Georgian memiliki jendela Sash yang elegan – source: sashwindow.com

Selain langit-langit yang tinggi, ada satu jenis jendela yang menjadi ciri khas gaya Georgian dalam penerapannya pada desain interior, yaitu jendela sash. Jendela ini merupakan jendela yang terdiri dari dua bagian, yaitu atas dan bawah dengan bagian bawah yang dapat dibuka dengan cara digeser ke atas. Jendela sash jarang ditemukan di rumah-rumah pada umumnya, jadi jika Teman Narasi menggunakan jendela sash di rumah, maka selain interiornya, eksterior rumah pun akan terlihat berbeda dengan kebanyakan rumah yang ada. Kesan klasik gaya Georgian begitu melekat pada jendela sash ini. 

4. Menawarkan Bentuk yang Simetris

Bagi orang yang menyukai segala sesuatu yang presisi atau simetris, gaya Georgian merupakan gaya yang sangat tepat, karena ciri khas lainnya yang dimiliki oleh gaya Georgian adalah bentuk ruang, jendela, dan bangunan yang simetris. Hal ini akan memudahkan Teman Narasi dalam mendekorasi ruangan dan juga dalam memilih furnitur, karena hampir dipastikan tidak akan ada sudut janggal yang membuat Teman Narasi kesulitan meletakkan furnitue tertentu, atau perlu ditutupi oleh dekorasi yang tepat untuk menyiasati bentuk ruangan yang asimetris. 

5. Pemilihan Unsur Warna yang Lembut

Elegansi gaya Georgian salah satunya muncul dari penggunaan warna. Baik itu penggunaan warna pada desain interior Georgian, yaitu di bagian dinding, langit-langit, dan lantai, maupun warna pada furnitur Georgian yang dipilih untuk memperkuat karakter desain. Palet warna yang digunakan adalah warna-warna yang cenderung lembut atau pucat seperti warna putih, abu-abu muda, hijau sage, dan hijau moss. Poin ini akan cocok untuk Teman Narasi yang tidak ingin memiliki ruang dengan warna terlalu mencolok, tapi juga tidak membuat ruangan terkesan gelap. 

6. Memiliki Desain Dinding yang Ramai Namun Menenangkan

Gaya Georgian cenderung memiliki desain dinding yang ramai namun tetap elegan - source: outsourceplan.com
Gaya Georgian cenderung memiliki desain dinding yang ramai namun tetap elegan – source: outsourceplan.com

Penggunaan wallpaper akan sering kita jumpai pada ruangan dengan desain interior Georgian. Motif dinding yang ‘sangat Georgian’ umumnya memiliki ornamen yang rumit, namun berwarna lembut dan menenangkan, dan bentuknya tidak mencolok sehingga nyaman untuk dilihat, serta tidak membuat ruangan terasa terlalu penuh. Namun jika Teman Narasi tidak terlalu menyukai penggunaan wallpaper, maka Teman Narasi bisa memilih dinding polos dan lebih bermain dengan penggunaan furnitur Georgian untuk menambahkan aksen gaya Georgian pada ruangan. 

7. Penggunaan Furnitur yang Fleksibel

Penggunaan furnitur, baik banyak maupun sedikit tetap dapat membuat ruangan dengan desain interior Georgian terlihat proporsional. Jika ingin menggunakan banyak furnitur, maka pilihlah desain furniture Georgian yang tidak banyak memiliki unsur ukiran atau ornamen, namun memiliki kesan tegas dan tetap memiliki khas gaya Georgian dengan unsur lekukan ataupun ornamen kecil berbahan logam. Lalu, apabila ingin menggunakan sedikit furnitur, gaya Georgian akan semakin terlihat nyata dengan pemilihan furnitur yang penuh ukiran. Pilih saja furnitur inti seperti sofa, coffee table, dan drawer berbahan kayu keras seperti jati dan mahoni yang merupakan ciri khas furnitur Georgian 

Nah, itulah 7 alasan yang bisa dijadikan pertimbangan bagi Teman Narasi dalam memilih desain Georgian untuk diterapkan di ruangan maupun di rumah. Selamat berkreasi!

Penulis: Agatha Elma Febiyaska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.wikipedia.com,
www.arsitag.com,
www.britannica.com,
phmc.state.pa.us

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top