skip to Main Content
7 Elemen Dasar Yang Dibutuhkan Dalam Merancang Zen Garden

7 Elemen Dasar yang Dibutuhkan Dalam Merancang Zen Garden

Zen Garden yang merupakan desain halaman rumah ala Jepang ini memiliki desain yang menggabungkan elemen dasar tanaman, air, dan batu, dengan bentuk dan tekstur yang sederhana, untuk menciptakan tempat istirahat yang tenang dan nyaman. Desainnya yang sederhana memiliki hubungan yang kuat dengan filosofi dan praktik Zen, yang bertujuan untuk menciptakan ruang untuk merenung atau meditasi. Yuk pelajari cara menciptakan Zen Garden dengan panduan 7 elemen dasar di bawah ini.

1. Buatlah sebuah jalan masuk atau tembok pagar

Inspirasi model gerbang atau pintu masuk Zen Garden - source: freshome.com
Inspirasi model gerbang atau pintu masuk Zen Garden – source: freshome.com

Gunakanlah material kayu dan bambu untuk membuat pintu masuk atau pagar khas rumah tradisional Jepang. Pintu dan pagar yang mengelilingi taman juga dapat berfungsi sebagai ‘tembok’ untuk memberikan privasi sehingga suasana taman akan lebih nyaman dan tenang.

Penggunaan bambu dan kayu sebagai tembok - source: bramblefurniture.com
Penggunaan bambu dan kayu sebagai tembok – source: bramblefurniture.com

2. Hadirkan pepohonan

Inspirasi Zen Garden untuk hunian - source: thegardencentral.com
Inspirasi Zen Garden untuk hunian – source: thegardencentral.com

Jenis tanaman hias yang tepat untuk Zen Garden adalah tanaman rumpun bambu, perdu, bonsai, azalea, dan lainnya. Gunakan pasir dan batu kerikil sebagai lahan tanam. Batuan lapuk dengan lumut juga biasanya ditemukan di dalam Zen Garden. Selain itu, Teman Narasi juga dapat mempraktikkan seni topiary atau seni pangkas tanaman yang juga lekat dengan karakteristik Zen Garden. Jika Teman Narasi memiliki ruang dan sumber daya untuk membuat taman air atau water garden, lotus adalah tanaman yang harus dimiliki untuk Zen Garden. Zen Garden juga semakin terlihat cantik dengan pemandangan reflektif dari kolam.

3. Hadirkan elemen air

Inspirasi penggunaan fitur kolam pada Zen Garden - source: alabamaaquarium.com
Inspirasi penggunaan fitur kolam pada Zen Garden – source: alabamaaquarium.com

Air adalah elemen vital bagi kehidupan yang juga melambangkan pemurnian dan pembersihan. Dalam Zen Garden, elemen air dapat diwujudkan lewat kolam, water wall, atau air terjun mini. Suara air yang mengalir akan menambahkan karakter menenangkan dari Zen Garden. Adanya ikan koi dan ikan mas yang menghiasi kolam juga dapat menghadirkan suasana Zen Garden yang semakin kental. Selain itu, tanaman papirus, rumput hias, dan bebatuan juga cocok ditempatkan di sekitar water wall atau di tepi kolam.

4. Hadirkan gazebo

Fitur gazebo pada Zen Garden - source: pinterest.com
Fitur gazebo pada Zen Garden – source: pinterest.com

Jika ukuran taman yang dimiliki Teman Narasi cukup besar, kamu dapat menghadirkan gazebo ala Jepang di tengah-tengah Zen Garden. Selain mempercantik taman, gazebo juga dapat digunakan untuk bersantai di sore hari sambil menyeruput teh atau menikmati pemandangan lansekap taman. Dengan begitu, Teman Narasi akan menikmati suasana Zen Garden dengan lebih maksimal.

5. Batu sebagai elemen dekorasi

Inspirasi penataan batu dan kerikil pada Zen Garden - source: contemporist.com
Inspirasi penataan batu pada Zen Garden – source: lewisbamboo.com

Dalam Zen Garden, batu melambangkan gunung dan kekuatan. Batu besar dapat ditempatkan secara strategis di sekitar permukaan datar. Selain itu, granit hancur dan kerikil halus dapat disebar pada permukaan Zen Garden untuk dijadikan lahan tanam atau bentuk dekorasi lainnya. Selain digunakan sebagai lahan tanam, elemen batu juga dapat Teman Narasi hadirkan dalam bentuk lampu taman berbentuk lentera yang menawan pada malam hari. 

6. Berikan tekstur pada tampilan taman

Inspirasi desain taman bertema Zen Garden - source: paramountplants.co.uk
Inspirasi desain taman bertema Zen Garden – source: paramountplants.co.uk

Sebagian besar desain Zen Garden mengandalkan gradasi warna dan tekstur. Teman Narasi dapat memilih pepohonan dan tanaman hias berwarna hijau, kuning, dan merah tua serta warna-warna turunannya. Tekstur dapat dipertegas dengan bentuk daun tanaman yang berbeda-beda serta bebatuan dan kerikil yang disusun sedemikian rupa.

7. Bangunlah jembatan kecil khas Zen Garden

Fitur jembatan pada Zen Garden - source: blog.gardenloversclub.com
Fitur jembatan pada Zen Garden – source: blog.gardenloversclub.com

Dalam Zen Garden, jembatan adalah fitur umum lainnya yang digunakan untuk menghubungkan dataran satu dengan dataran lainnya. Jembatan biasanya dibangun dari material batu atau kayu dengan bentuk yang beragam. Tentu saja, tidak semua jembatan dibuat untuk dilintasi. Versi yang lebih kecil dapat digunakan secara murni sebagai elemen dekorasi, yaitu untuk mempercantik kolam dan bahkan keseluruhan desain Zen Garden.

Zen Garden cocok untuk Teman Narasi yang membutuhkan tempat yang tenang dan dapat menyegarkan jiwa. Setiap elemennya, mulai dari air, batu, penghijauan, hingga elemen-elemen lainnya membawa kesan simbolisme yang kuat dan bergabung menjadi satu untuk menenangkan pikiran. Merancang dan membuat Zen Garden dapat menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan dan Teman Narasi akan terkejut bahwa banyak hal sederhana yang membawa pengaruh besar ke dalam kehidupan sehari-sehari. Selamat berkreasi dan happy living, Teman Narasi!

Untuk artikel lainnya seputar gaya Zen, Teman Narasi dapat mengaksesnya di sini

Jangan lupa untuk #dirumahaja dan tetap jaga kesehatan!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber: bhg.com, homeguides.sfgate.com, freshome.com, hunker.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top