skip to Main Content
7 Inspirasi Desain Dan Dekorasi Foyer Untuk Hunian

7 Inspirasi Desain dan Dekorasi Foyer untuk Hunian

Foyer atau ruang perantara antara pintu masuk dan bagian dalam rumah adalah salah satu bagian rumah yang penting untuk didesain dengan baik. Posisi area foyer yang terletak persis setelah pintu masuk akan membentuk impresi pertama setiap tamu yang berkunjung. Narasi Design telah menyiapkan tujuh ide dekorasi yang dapat dengan mudah diaplikasikan pada desain foyer rumah. Selamat membaca!

1. Memasang antai kayu berpola

Lantai kayu berpola chevron pada area foyer rumah - source: hgtv.com
Lantai kayu berpola chevron pada area foyer rumah – source: hgtv.com

Ide dekorasi pertama yang dapat diaplikasikan untuk membuat area foyer rumah lebih bergaya adalah dengan memasang lantai kayu berpola. Pada desain foyer rumah di atas, pola chevron yang menghadap ke dalam rumah dapat memberikan kesan ‘mengundang’ dan mengarahkan tamu untuk masuk ke bagian dalam rumah. Untuk pola lainnya, Teman Narasi dapat memilih pola herringbone, double herringbone, wood strip, mosaik, papan catur, dan pola lainnya.

Macam-macam pola lantai kayu – source: myscandinavian.com

2. Bermain dengan tekstur

Permadani sebagai dekorasi lantai pada foyer rumah - source: hgtv.com
Permadani sebagai dekorasi lantai pada foyer rumah – source: hgtv.com

Permadani adalah salah satu dekorasi yang dapat memberikan tekstur ke dalam area foyer. Tidak hanya tekstur, permadani yang dipasang secara vertikal juga dapat memberikan ilusi yang membuat jalan masuk ke rumah tampak lebih besar. Mulai dari permadani yang polos hingga bermotif, semua dapat disesuaikan dengan tema desain interior rumah Teman Narasi. 

3. Memajang karya seni abstrak

Karya seni abstrak sebagai dekorasi foyer rumah - source: hgtv.com
Karya seni abstrak sebagai dekorasi foyer rumah – source: hgtv.com

Meja dengan laci adalah furnitur paling umum yang biasa digunakan untuk mendekorasi foyer rumah. Selain mendekorasi meja laci tersebut dengan tanaman hias atau pajangan lainnya, Teman Narasi juga dapat melengkapi keseluruhan tampilan foyer dengan memajang karya seni abstrak, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Pemilik rumah menggantungkan lukisan abstrak warna-warni yang membuat foyer rumah tampil lebih hidup. Untuk memberi efek dramatis, Teman Narasi juga dapat memasang track light untuk menyoroti karya seni.

4. Menggunakan elemen cermin

Cermin bundar sebagai elemen dekorasi foyer rumah - source: hgtv.com
Cermin bundar sebagai elemen dekorasi foyer rumah – source: hgtv.com

Cermin berfungsi untuk membuat ruangan sempit tampak lebih luas dan terang. Pada desain foyer rumah di atas, pemilik rumah menggantungkan cermin bundar yang memberikan efek tinggi pada ruangan. Selain cermin bundar, Teman Narasi juga dapat bermain dengan cermin dekoratif seperti yang digunakan pada desain foyer rumah di bawah ini. 

Cermin dekoratif sebagai elemen dekorasi foyer rumah - source: hgtv.com
Cermin dekoratif sebagai elemen dekorasi foyer rumah – source: hgtv.com
Cermin sebagai elemen dekorasi foyer rumah - source: homeedit.com
Cermin sebagai elemen dekorasi foyer rumah – source: homeedit.com

5. Menaruh meja dan kursi mungil

Meja dan kursi mungil sebagai dekorasi foyer rumah - source: archify.com
Meja dan kursi mungil sebagai dekorasi foyer rumah – source: archify.com

Area foyer juga dapat Teman Narasi gunakan sebagai area penerima tamu. Teman Narasi bisa menempatkan meja dan kursi dengan model yang tampak serasi dengan keseluruhan tema interior rumah. Di luar dari pemilihan model, ada baiknya memilih meja dan kursi berukuran mungil untuk menyesuaikan area foyer yang pada umumnya berukuran kecil. 

6. Menaruh furnitur multifungsi

Meja laci sebagai furnitur multifungsi yang cocok diletakkan di bagian foyer rumah - source: Dok. Pribadi Narasi Design
Meja laci sebagai furnitur multifungsi yang cocok diletakkan di bagian foyer rumah – source: Dok. Pribadi Narasi Design

Area foyer rumah yang pada umumnya berukuran kecil, membuat kita harus betul-betul memerhatikan pemilihan perabotan agar tidak membuatnya semakin sesak. Untuk menyiasati desain ruang kecil, Teman Narasi dapat memanfaatkan furnitur multifungsi seperti meja dengan laci yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan barang.

7. Menggunakan lampu dekoratif untuk pencahayaan

Lampu gantung dekoratif yang berfungsi sebagai pencahayaan sekaligus dekorasi foyer rumah - source: hgtv.com
Lampu gantung dekoratif yang berfungsi sebagai pencahayaan sekaligus dekorasi foyer rumah – source: hgtv.com

Alih-alih menggunakan lampu standar pada langit-langit, Teman Narasi dapat menggunakan lampu dekoratif seperti wall sconces, chandelier, atau lampu gantung berdesain unik lainnya. Memiliki aksen unik pada foyer rumah tentunya akan membawa daya tarik untuk setiap tamu yang berkunjung.

Lampu gantung dekoratif yang berfungsi sebagai pencahayaan sekaligus dekorasi foyer rumah – source: Dok. Pribadi Narasi Design

Apabila Teman Narasi mengikuti satu atau beberapa dari tujuh ide dekorasi di atas untuk desain foyer rumah, jangan lupa untuk mengambil foto dan mengunggahnya ke Instagram dan mention ke @narasidesign . Kami tunggu hasil kreasi Teman Narasi! Happy living!

Selamat menjalankan ‘New Normal’. Tetap jaga jarak dan kebersihan ya, Teman Narasi!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber: hgtv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top