skip to Main Content
7 Kelebihan Gaya Interior Oriental China Untuk Hunian

7 Kelebihan Gaya Interior Oriental China untuk Hunian

Desain interior orientalChina atau yang sering disebut dengan gaya interior oriental sudah sering kita jumpai di berbagai tempat publik seperti restoran dan kafe, baik itu yang bertemakan minimalis maupun ala peranakan. Tidak hanya itu, pengembang juga mulai menggunakan konsep oriental China untuk dijadikan desain interior rumah dan apartemen.

Nah, mungkin sebagian dari Teman Narasi berpikir, bukankah gaya interior oriental China akan terlihat terlalu tradisional untuk hunian? Tenang saja, gaya interior oriental China dapat didesain secara elegan dan menyesuaikan konsep desain interior rumah modern. Salah satunya adalah dengan mengimplementasikan beberapa elemen bertema oriental di rumah seperti partisi kayu dengan ukiran, guci, lukisan teratai, dan lainnya. Selain dapat dipadukan dengan gaya interior lain, konsep interior oriental China juga memiliki beberapa manfaat lain, seperti adanya unsur Feng Shui, elemen-elemen interior yang bersifat organik dan sustainable, dan lain sebagainya.

Berikut penjelasan singkat mengenai manfaat dan kelebihan hunian bernuansa oriental yang dapat menghadirkan keindahan dan harmoni.

1. Hunian dengan konsep oriental China biasanya mementingkan unsur Feng Shui

Inspirasi hunian dengan interior oriental China - source: smalldesignideas.com
Inspirasi hunian dengan interior oriental China – source: smalldesignideas.com

Desain interior oriental China terkadang menggabungkan metode desain Feng Shui yang merupakan konsep mengatur ruangan agar dapat mengalirkan energi baik, harmoni, dan keseimbangan dalam ruangan. Dengan demikian, pemilihan warna, furnitur, ornamen dekorasi, dan elemen lainnya akan dipilih dan ditempatkan dengan sangat hati-hati untuk membawa manfaat baik bagi semua penghuni rumah.

Sebagai contoh, hunian yang didesain dengan denah open space dan minim sekat dipercaya akan memberikan jalan bagi energi positif. Kemudian, memilih meja makan yang berbentuk lingkaran, yang menurut kepercayaan etnis Tionghoa, dapat mendatangkan rezeki terus menerus karena bentuk lingkaran tidak memiliki sudut.

2. Dapat dikombinasikan dengan desain interior modern

Inspirasi interior modern dengan sentuhan oriental - source: livinator.com
Inspirasi interior modern dengan sentuhan oriental – source: livinator.com

Konsep interior oriental China dapat dipadukan dengan desain interior lainnya, seperti desain interior modern. Perpaduan keduanya menghadirkan konsep desain kontemporer yang menarik dan dapat diaplikasikan pada desain hunian masa kini. Ruang tamu berdesain modern dengan plafon putih berbingkai, lampu dekorasi gantung, dan dinding marmer, dapat disandingkan dengan furnitur dan ornamen dekorasi oriental seperti yang terlihat pada gambar di atas.

3. Elemen interior pada hunian bertemakan oriental China berfokus pada alam

Hunian dengan interior oriental China yang kental dengan unsur alam - source: livinator.com
Hunian dengan interior oriental China yang kental dengan unsur alam – source: livinator.com

Hunian dengan desain interior oriental China atau desain interior Asia modern lainnya cenderung kental dengan unsur-unsur alam, seperti warna natural, material interior berupa kayu, bambu, dan batu alam serta penggunaan tanaman hias bonsai dan anggrek sebagai dekorasi.

Material interior kayu, bambu, dan batu alam dapat diaplikasikan pada furnitur dan ornamen dekorasi seperti ukiran-ukiran kayu pada dinding, guci, lukisan berupa tulisan Cina atau lukisan kayu yang dipahat menyerupai bentuk naga, ikan, dan bunga teratai. 

4. Pencahayaan yang menenangkan

Ruang tamu dengan desain interior oriental China - source: livinator.com
Ruang tamu dengan desain interior oriental China – source: livinator.com

Ruangan berdesain oriental China kerap menggunakan lampion atau lentera kertas dengan pencahayaan yang hangat sehingga dapat menciptakan atmosfer yang menenangkan. Lampu dekoratif seperti lampu sconces yang dipasang di dinding dengan bohlam bercahaya kuning juga dapat dijadikan pilihan. 

5. Desain interior oriental China tidak selalu harus menggunakan warna merah atau  furnitur yang terlihat tebal dan kaku

Inspirasi ruang tamu dengan interior oriental China yang minimalis dan klasik -  source: home-designing.com
Inspirasi ruang tamu dengan interior oriental China yang minimalis dan klasik –  source: home-designing.com

Terdapat dua jenis pemilihan warna pada konsep desain oriental China yaitu warna netral dan natural seperti krem dan coklat kayu, serta warna mencolok dan dramatis seperti merah, oranye, kuning, hijau, dan hitam. Warna netral biasanya digunakan sebagai dasar atau latar belakang pada ruangan dan warna dramatis digunakan sebagai aksen di salah satu sisi dinding, furnitur, dan ornamen dekorasi di dalam ruangan. Dengan begitu, perpaduan kedua kelompok warna tersebut akan memberikan kesan yang harmonis.

6. Hunian dengan konsep oriental China dapat menghadirkan kesan yang tenang dan damai

Inspirasi ruangan tidur dengan interior bergaya oriental China - source: flickr.com
Inspirasi ruangan tidur dengan interior bergaya oriental China – source: flickr.com

Ruang yang dirancang dengan interior oriental China atau desain Asia modern lainnya sering kali menampilkan visual yang menenangkan. Beberapa fitur pendukungnya adalah fitur air dan tanaman. Menambahkan unsur air adalah cara yang mudah dan sederhana untuk menghadirkan gaya oriental China pada hunian. Menurut konsep Feng Shui, suara air yang mengalir dianggap harmonis dan positif. Untuk Teman Narasi yang ingin menambahkan fitur air yang hidup, membuat kolam koi di taman belakang rumah adalah salah satu caranya. Adanya tanaman seperti pohon bambu dan bonsai juga dapat menambah nuansa alami.

7. Elemen-elemen interiornya bersifat organik dan sustainable

Tanaman bonsai sebagai dekorasi bertema oriental - source: pinterest.com
Tanaman bonsai sebagai dekorasi bertema oriental – source: pinterest.com

Detail-detail kecil seperti kerajinan kayu, tirai bambu, anyaman tikar, dan tanaman hias justru dapat membawa pengaruh besar pada suasana ruangan, yaitu menghadirkan unsur alam yang organik. Pastikan Teman Narasi memilih furnitur dan ornamen dekorasi yang organik dan dapat berkelanjutan agar senantiasa menghadirkan kesan oriental yang kental pada ruangan. 

Jika tertarik, Teman Narasi dapat mengaplikasikan konsep interior oriental China atau desain rumah asia modern secara keseluruhan atau sebagian. Namun, perhatikan juga bagaimana elemen-elemen interior berdampingan dalam satu ruangan agar tetap terlihat harmonis. Konsep interior oriental China ini juga cocok dijadikan preferensi untuk orang-orang yang menyukai ketenangan dan hal-hal yang memiliki arti, seperti konsep Feng Shui.

Selamat berkreasi dan happy living!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
algedra.com.tr,
impressiveinteriordesign.com,
interiordesign.id,
livinator.com,
rooang.com,
smalldesignideas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top