skip to Main Content
7 Manfaat Desain Interior Modern Tropical Untuk Hunian

7 Manfaat Desain Interior Modern Tropical untuk Hunian

Saat ini, desain interior bergaya modern tropical dengan tampilan yang segar merupakan salah satu desain yang tak pernah sepi peminat, khususnya kaum milenial.  Tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia memungkinkan Teman Narasi untuk mengaplikasikannya dengan mudah pada hunian. Selain itu, memilih desain tropis untuk hunian juga memiliki banyak manfaat positif. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan Narasi Design berikut ini!

1. Menghadirkan suasana yang nyaman dan santai

Inspirasi hunian bergaya tropikal yang nyaman dan santai - source: dezeen.com
Inspirasi hunian bergaya tropikal yang nyaman dan santai – source: dezeen.com

Dengan mengaplikasikan desain tropical pada interior rumah, Teman Narasi tidak perlu bepergian jauh untuk berlibur, karena rumah juga dapat dijadikan sebagai tempat bersantai setelah bekerja seharian. Itu sebabnya, banyak orang yang menyukai desain dan gaya interior ini untuk hunian mereka karena tempat-tempat tropis seperti pantai dianggap nyaman dan santai.

2. Penghijauan di dalam rumah

Tanaman sebagai elemen dekorasi utama pada hunian bergaya tropical - source: pinterest.com
Tanaman sebagai elemen dekorasi utama pada hunian bergaya tropical – source: pinterest.com

Hunian dengan konsep tropical tidak lengkap tanpa adanya tanaman. Selain dapat menjadi ornamen dekorasi yang enak dipandang dan memberikan kesan penghijauan baik indoor maupun outdoor, tanaman-tanaman tersebut juga dapat membuat udara menjadi lebih segar, karena dapat menyerap berbagai polutan dan melepaskan oksigen. Beberapa contoh tanaman yang cocok untuk konsep tropical adalah palem hias, agave, pandan bali, siklok, lidah mertua, kembang sepatu, amarilis, monstera, dan lain-lain.

3. Menghadirkan suasana liburan di rumah

Balkon rumah tropical yang menghadirkan suasana liburan - source: pinterest.com
Balkon rumah tropical yang menghadirkan suasana liburan – source: pinterest.com

Salah satu kelebihan desain tropical yang membuatnya unggul dibandingkan dengan desain interior lainnya adalah membuat penghuninya dapat menikmati suasana liburan ketika berada di rumah. Elemen-elemen dekorasi seperti tanaman palem hias, set meja dan kursi rotan, gantungan lampu yang terbuat dari kerang, dan lainnya dapat mengingatkan Teman Narasi akan suasana pantai yang tenang dan sejuk. 

4. Memanfaatkan unsur-unsur alam sebagai elemen interior

Inspirasi hunian bergaya tropical dengan menggunakan unsur alam sebagai elemen interior - source: algedra.com.tr
Inspirasi hunian bergaya tropical dengan menggunakan unsur alam sebagai elemen interior – source: algedra.com.tr

Hunian dengan desain interior tropical sangat kental dengan unsur-unsur alam, seperti warna hijau, biru, coklat, dan krem, material interior berupa kayu, bambu, rotan, dan batu alam serta penggunaan tanaman sebagai dekorasi baik indoor maupun outdoor. Selain memberikan kesan yang organik dan natural seperti suasana beach house di pinggir pantai, hunian juga akan terasa nyaman, tenang, dan santai. Oleh karena itu, cari dan pilih perabotan serta ornamen dekorasi handmade yang alami dan sustainable untuk memberikan nuansa tropis otentik pada hunian.

5. Mendatangkan suasana outdoor ke dalam rumah

Inspirasi hunian bergaya tropical dengan menggunakan unsur alam sebagai elemen interior - source: algedra.com.tr
Inspirasi hunian bergaya tropical dengan menggunakan unsur alam sebagai elemen interior – source: algedra.com.tr

Untuk hunian yang tidak memiliki halaman belakang, suasana outdoor juga tetap dapat dihadirkan ke dalam rumah, dengan mendekorasi berbagai ruangan dengan elemen-elemen tropical seperti tanaman indoor, meja dan kursi yang terbuat rotan atau kayu, memilih motif atau pola tropical untuk wallpaper dinding, sarung bantal, dan yang lainnya. Selain itu, untuk Teman Narasi yang tinggal di daerah yang dingin, konsep interior tropical dapat dipilih untuk menghilangkan nuansa dingin dan kaku di dalam rumah. 

6. Memiliki banyak palet warna yang dapat dipilih

Hunian bergaya tropis dengan palet warna terang - source: decoist.com
Hunian bergaya tropis dengan palet warna terang – source: decoist.com

Desain tropical bisa dibilang sebagai salah satu gaya desain interior yang versatile. Pertama, elemen tropical dapat dikombinasikan dengan berbagai gaya interior lainnya seperti rustic, modern, minimalis, dan lain sebagainya. Kedua, terdapat berbagai palet warna yang dapat dipilih. Untuk Teman Narasi yang menyukai warna-warna terang, kamu dapat menggunakan warna dengan tema tropical seperti biru, kuning, dan hijau. Selain bermain dengan warna, kamu juga dapat menggunakan motif atau pola tropical seperti daun, burung flamingo, dan lain-lain. Sedangkan untuk Teman Narasi yang lebih menyukai warna-warna netral, kamu dapat menggunakan palet warna abu, coklat, dan krem.

7. Mendatangkan cahaya alami yang maksimal ke dalam rumah

Inspirasi hunian bergaya tropical yang mendatangkan cahaya alami ke dalam rumah - source: balivillaescapes.com.au
Inspirasi hunian bergaya tropical yang mendatangkan cahaya alami ke dalam rumah – source: balivillaescapes.com.au

Hunian dengan desain tropical biasanya mampu menyulap halaman belakang menjadi oasis tropical dengan membangun kolam renang, menghadirkan banyak tanaman, atau dengan menaruh set meja dan kursi outdoor. Akses menuju halaman belakang rumah biasanya dipisahkan dengan pintu atau jendela dorong kaca yang kemudian dapat mendatangkan cahaya alami yang maksimal ke dalam rumah. Hal ini tentunya juga dapat membawa keuntungan lainnya, seperti kemudahan untuk menikmati suasana alam, menghilangkan rasa pengap, dan menghemat biaya listrik.

Inspirasi hunian bergaya tropical yang mendatangkan cahaya alami ke dalam rumah - source: prnewswire.com
Inspirasi hunian bergaya tropical yang mendatangkan cahaya alami ke dalam rumah – source: prnewswire.com

So, apakah Teman Narasi tertarik untuk menggunakan desain interior tropis bak nuansa liburan di pantai ini? Tulis pendapatmu di kolom komentar di bawah ya! And and always, selamat berkreasi dan happy living, Teman Narasi!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
decoist.com,
decoraid.com,
dekorinspira.com,
interiorcravings.com,
interiordesign4.com,
foozworld.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top