skip to Main Content
7 Tanaman Hias Beracun Yang Sebaiknya Dihindari Di Hunian

7 Tanaman Hias Beracun yang Sebaiknya Dihindari di Hunian

Tanaman hias memang dapat mencerahkan hunian dan membantu meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah. Namun, Teman Narasi mungkin tidak tahu bahwa di antara tanaman hias yang ada di teras atau halaman rumah ada yang beracun. Oleh sebab itu, sebelum menghiasi kebun rumah dengan tanaman hias, ada baiknya untuk berhati-hati dan mencari informasi detail tentang tanaman yang ingin dibeli atau ditanam. Berikut adalah 7 tanaman hias beracun yang berbahaya untuk penghuni rumah, termasuk anak-anak dan hewan  peliharaan.

1. Peace Lily

Tanaman hias Peace Lily yang beracun - source: fareastflora.com
Tanaman hias Peace Lily yang beracun – source: fareastflora.com

Tanaman hias asal Amerika Selatan ini memiliki daun yang mengkilap dan bunga berwarna putih. Tanaman satu ini biasanya dapat ditemukan pada area indoor karena tanaman ini hanya membutuhkan sedikit sinar matahari. Selain cantik sebagai dekorasi ruangan, tanaman Peace Lily juga baik sebagai pembersih sirkulasi udara. Namun, tanaman ini mengandung racun yang dapat menyebabkan gejala seperti pembengkakan pada lidah dan mulut, mual, muntah, dan diare. Jika hewan peliharaan terutama kucing dan anjing terkena getah tanaman Peace Lily, mereka akan terlihat letih dan nafsu makan makan pun berkurang.

2. Kembang Bokor (Hydrangea)

Tanaman hias Adenium yang beracun - source: dekoruma.com
Tanaman hias Adenium yang beracun – source: dekoruma.com

Hydrangea adalah tanaman hias asal daerah subtropis yang tumbuh subur di daerah dataran tinggi. Hydrangea juga dikenal sebagai tanaman hias abadi yang mekar setiap tahun, mulai dari musim semi hingga musim gugur, dengan bunga berwarna-warni dan berdiameter 30 cm. Sayangnya, semua bagian tanaman ini mengandung zat sianida, salah satu racun paling mematikan bagi manusia. Walaupun hanya mengandung zat sianida dalam kadar yang sangat rendah, gejala yang dapat ditimbulkan jika seseorang terpapar racun tanaman ini adalah sulit bernapas, letih, muntah, dan sakit perut. 

3. Kamboja Jepang (Adenium/Desert Rose)

Tanaman hias Adenium yang beracun - source: dekoruma.com
Tanaman hias Adenium yang beracun – source: dekoruma.com

Tanaman hias Adenium yang beracun – source: dekoruma.com

Walaupun dikenal dengan nama Kamboja Jepang, tanaman hias ini sebenarnya berasal dari Asia Barat dan Afrika. Dikenal pula dengan nama Desert Rose atau Mawar Padang Pasir karena tanaman ini tumbuh dengan baik pada kondisi media yang kering. Kamboja Jepang memiliki banyak warna bunga sesuai varietasnya masing-masing. Bentuk bunganya seperti terompet dengan bentuk daun yang bervariasi. Di balik pesonanya, tanaman hias ini mengandung salah satu racun mematikan. Getahnya dapat menyebabkan pusing, mual, muntah, diare, pembengkakan mulut dan tenggorokan.

4. Bunga Jepun (Oleander)

Tanaman hias Oleander atau bunga jepun yang beracun - source: dekoruma.com
Tanaman hias Oleander atau bunga jepun yang beracun – source: dekoruma.com

Tanaman ini sangat digemari banyak orang sebagai bunga hias karena warnanya yang cantik, aromanya yang harum serta perawatannya yang mudah. Di Indonesia, Bunga Jepun termasuk tanaman hias yang mudah dijumpai, baik di halaman sekolah, taman kota, dan di tepi-tepi jalan. Namun, perlu Teman Narasi ketahui bahwa mulai dari daun, bunga, biji buah, dahan, dan tangkai sampai ke getah batang pohonnya, semuanya beracun. Gejala yang dapat ditimbulkan jika seseorang terpapar racun tanaman ini adalah rasa kantuk, muntah, detak jantung melambat, aritmia, kejang, dan tremor. Jika tanaman ini terbakar, asapnya juga mengandung racun dan akan membawa pengaruh buruk bagi mereka yang menghirupnya. 

5. Sago Palm

Tanaman hias Sago Palm yang beracun - source: robertsonsflowers.com
Tanaman hias Sago Palm yang beracun – source: robertsonsflowers.com

Salah satu varian tanaman palem ini memiliki ukuran yang kecil hingga besar sehingga cocok digunakan sebagai dekorasi pada area indoor maupun outdoor. Namun, jika Teman Narasi tidak berhati-hati dan ada bagian tanaman yang tidak sengaja tertelan, gejala yang akan muncul adalah muntah, diare, dan bahkan kerusakan pada hati.

6. Daun Bahagia/Bunga Bahagia (Dieffenbachia)

Tanaman hias Dieffenbachia yang beracun - source: crocus.co.uk
Tanaman hias Dieffenbachia yang beracun – source: crocus.co.uk

Tanaman hias satu ini merupakan tanaman yang umum dijumpai di berbagai tempat. Daunnya berpola dan merupakan kombinasi warna hijau tua, hijau muda, putih, dan kuning. Namun, jika Teman Narasi tidak berhati-hati dan terkena getahnya, kulit akan terasa gatal bahkan sampai bengkak. Untuk meredakan gatal, basuh bagian tubuh yang terkena getah selama 15 menit menggunakan air mengalir, sabun, dan bilas hingga bersih. Selain iritasi pada kulit, jika tidak sengaja menelan getah tanaman, lidah dan bagian sekitar mulut akan mengalami pembengkakan dan sulit untuk berbicara. Maka dari itu, gunakan sarung tangan saat mengurus tanaman hias satu ini, hindari memegang wajah, dan segera mencuci tangan.

7. Angel’s Trumpet

Tanaman hias Angel’s Trumpet yang beracun - source: wikipedia.org
Tanaman hias Angel’s Trumpet yang beracun – source: wikipedia.org

Tanaman hias dengan bunga berwarna-warni ini dinamakan Angel’s Trumpet karena penampilannya seperti lonceng. Meski indah, namun tanaman ini sangat beracun. Tanaman ini mengandung zat alkaloid yang mematikan. Konsentrasi tertinggi racun ini terdapat di dalam biji dan daun. Gejala yang ditimbulkan jika racun tersebut masuk ke dalam tubuh adalah halusinasi, detak jantung menjadi lebih cepat, sulit bernafas, lumpuh, hingga kematian.

Walaupun tanaman-tanaman hias di atas beracun, bukan berarti Teman Narasi tidak dapat memilikinya di rumah. Namun, perlu diingat untuk selalu berhati-hati dan memperhatikan langkah-langkah keamanan dasar, seperti menjauhkan tanaman dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan, melabeli pot dengan nama tanaman dan keterangan beracun atau tidak, memakai sarung tangan saat mengurus tanaman dan segera mencuci tangan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, tanaman hias dan semua penghuni rumah dapat hidup berdampingan secara damai.

Jika Teman Narasi atau anggota keluarga lainnya terpapar racun tanaman, hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengenali gejalanya. Zat tanaman beracun kemungkinan besar akan menyebabkan ruam kulit dari kontak eksternal atau tidak sengaja menghirup atau menelan bagian tanaman. Selain ruam kulit, gejala lainnya adalah pusing, muntah, pingsan, hingga kejang. Segera hubungi dokter jika menunjukkan gejala-gejala tersebut.

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
dengarden.com,
fantasticgardeners.co.uk,
thedailygardener.com,
thespruce.com,

This Post Has 20 Comments
  1. I was very pleased to search out this internet-site.I needed to thanks in your time for this wonderful read!! I undoubtedly having fun with each little bit of it and I’ve you bookmarked to take a look at new stuff you weblog post.

    1. Thank you, I hope you enjoy & can get some insight from our blog. Hey, we also have Instagram account @narasidesign I think you’ll like it too!

  2. I needed to create you that little bit of note to thank you so much again just for the beautiful suggestions you have shared above. It was certainly strangely generous with you to grant openly all that a number of us might have offered for sale for an e-book to get some money on their own, principally considering the fact that you could possibly have tried it in the event you desired. The smart ideas in addition served to provide a easy way to fully grasp that the rest have the identical fervor just like my own to grasp lots more related to this matter. I’m sure there are many more pleasurable moments up front for individuals who discover your blog.

  3. This is the best weblog for anybody who needs to search out out about this topic. You realize a lot its virtually arduous to argue with you (not that I truly would need…HaHa). You positively put a new spin on a topic thats been written about for years. Great stuff, simply nice!

  4. There are some attention-grabbing closing dates in this article however I don’t know if I see all of them center to heart. There is some validity but I’ll take hold opinion till I look into it further. Good article , thanks and we wish more! Added to FeedBurner as properly

  5. I was very happy to search out this net-site.I needed to thanks to your time for this wonderful read!! I positively enjoying each little little bit of it and I have you bookmarked to take a look at new stuff you weblog post.

  6. Excellent blog here! Also your site so much up fast! What web host are you the use of? Can I am getting your affiliate link on your host? I wish my web site loaded up as quickly as yours lol

  7. Hi, i believe that i noticed you visited my website thus i got here to “go back the desire”.I’m trying to find things to improve my website!I assume its good enough to make use of some of your ideas!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top