skip to Main Content
Agam Riadi, Desainer Interior Gaya Asia Asal Indonesia

Agam Riadi, Desainer Interior Gaya Asia asal Indonesia

Agam Riadi merupakan sosok desainer ternama asal Indonesia dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di dunia desain. Desainer kelahiran Tanjung Pinang, Kepulauan Riau ini ternyata besar di Cirebon, Jawa Barat, yang kemudian membuatnya akrab dengan kesenian batik. Tidak hanya akrab, batik juga menjadi inspirasi terbesar dan membentuk visinya dalam karya-karya desainnya.

“Cirebon adalah salah satu kota batik di Indonesia yang sangat dipengaruhi oleh banyak budaya Jawa, Cina, Peranakan, dan Arab. Saya tumbuh dalam masyarakat multikultural dan orang tua saya mengajari saya untuk merangkul perbedaan dalam budaya, etnis dan agama.” – Agam Riadi (via prestigeonline.com)

Kecintaannya terhadap batik muncul sejak ia tumbuh di lingkungan yang kaya akan pengaruh seni dan etnis. Bahkan, saat Agam masih duduk di bangku SMA, ia pun sempat melakukan freelance batik pattern-making. Kemudian, ia pun sempat memperkenalkan dirinya kepada Haryanto dan Lily Admodirdjo, pendiri Pakis Culinary Group dan Batik Wijaya lewat sepucuk surat. Tak disangka, Lily menanggapi suratnya dengan positif dan bersedia menjadi mentor baginya, bahkan hingga hari ini. Bagi Agam, sosok Haryanto dan Lily Admodirdjo telah mengajarkannya semua hal yang perlu diketahui oleh seorang seniman. Selain itu, mereka juga memperkenalkan Agam pada barang-barang antik dan pengetahuan tentang budaya Peranakan dan gaya Asia-Oriental.

Proyek Restoran Meradelima

Restoran Meradelima di bilangan Senopati, Jakarta Selatan dengan desain interior Cina Peranakan - source: dining.indonesiatatler.com
Restoran Meradelima di bilangan Senopati, Jakarta Selatan dengan desain interior Cina Peranakan – source: dining.indonesiatatler.com

Kariernya di dunia desain pun terus meroket, karena setelah lulus dari Fakultas Seni Trisakti pada tahun 1990, Agam Riadi pun mendirikan perusahaan konsultan desain interior  bersama salah seorang temannya. Desainer yang juga dikenal sebagai kolektor batik ini telah mengerjakan proyek-proyek restoran seperti Meradelima, Kembang Goela, Bunga Rampai, Rumah Tajur, Serumpun Bambu, dan banyak restoran lainnya yang berada di bawah naungan perusahaan Pakis Culinary Group. Hal ini menunjukkan ikatannya yang kuat dengan keluarga Admodirdjo, yang masih terjalin dengan baik hingga saat ini

Dalam video wawancaranya dengan fimela.com, Agam Riadi menyebutkan bahwa ia memiliki karakter desain yang berkiblat pada gaya Asia. Hal ini ditunjukkan melalui berbagai proyek-proyek residensial dan komersialnya yang bergaya Asia, dan tidak sedikit yang memiliki sentuhan oriental. Salah satu proyek komersial bertemakan oriental yang sukses ia eksekusi adalah restoran Meradelima.

Karena saya berasal dari Indonesia, dan mempunyai latar belakang Asia, maka saya juga memasukkan unsur Asia dan Indonesia ke dalam desain saya.

Agam Riadi (via prestigeonline.com)
Restoran Meradelima di bilangan Senopati, Jakarta Selatan dengan desain interior Cina Peranakan - source: sugarandcream.co
Restoran Meradelima di bilangan Senopati, Jakarta Selatan dengan desain interior Cina Peranakan – source: sugarandcream.co

Inspirasi desain restoran Meradelima berangkat dari warna-warna yang ada pada Bukeran, salah satu jenis motif batik Pekalongan, di mana budaya peranakan berkembang. Desainnya juga sangat terinspirasi oleh budaya Peranakan Cina dan masa kecilnya di Cirebon. Agam menempatkan elemen peranakan seperti kebaya encim dan piranti makan bermotif peranakan sebagai ornamen dekorasi tata saji.

Salah satu objektif yang ingin dicapai dalam mendesain restoran ini adalah menampilkan suasana rumahan, di mana dekorasi aksesori Peranakan Cina memenuhi ruang, memancarkan getaran elegan dan nostalgia. Meradelima dipenuhi dengan elemen-elemen klasik yang menakjubkan seperti kebaya dan batik, furnitur vintage, porselen, dan bahkan patung.

Pesan dan Harapan

Potret Agam Riadi - source: prestigeonline.com
Potret Agam Riadi – source: prestigeonline.com

Agam percaya bahwa di dunia ini tidak ada istilah instant success, karena untuk mencapai sesuatu, kita harus melewati proses. Walaupun kita berada di dunia yang serba instan seperti sekarang, Agam berpesan bahwa kita semua harus tetap menghargai segala proses yang dilalui dan bersedia untuk bekerja keras. Dilansir dari prestigeonline.com, Agam mengatakan bahwa seorang desainer yang baik harus memiliki identitas dan karakter desain yang khas. Tentunya hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah dan membutuhkan waktu yang lama, tetapi Agam sendiri telah membuktikannya. Agam menghabiskan waktu 10 sampai 15 tahun mengasah dan menyempurnakan karakter desain khas yang dimilikinya.

Agam juga terus menyemangati desainer interior muda untuk terus membuka diri pada banyak hal baru. Jangan membatasi karakter desain hanya karena menyukai gaya modern dan avant-garde, tetapi pertimbangkan juga gaya-gaya lain seperti klasik. Selain itu, sempatkan diri untuk traveling, karena itu adalah cara yang baik untuk membantu kita menemukan inspirasi dan membentuk identitas serta karakter desain kita.  

Hal lain yang ia tekankan adalah jangan pernah menolak atau meremehkan proyek, terlepas dari skala kecil atau besar. Menurut pengalaman Agam, ia sempat ditawari proyek kecil yang sebenarnya dapat dieksekusi oleh timnya yang lain, tetapi Agam tetap turun tangan. Salah satu teman pemilik proyek tersebut ternyata menyukai karya Agam dan kemudian menawarkannya proyek yang lebih besar. 

Karena ketika kita melakukannya dengan sepenuh hati, itu akan menjadi besar akhirnya.

Agam Riadi

Untuk informasi lebih detail, Teman Narasi dapat mengunjungi halaman webnya di www.agamriadi.com, dan jika Teman Narasi memiliki proyek interior dan ingin bekerja sama dengan Agam Riadi, Teman Narasi juga dapat menyambangi kantor Agam Riadi yang bertempat di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

As always, selamat berkreasi dan happy living!

Penulis: Kezia Mariska

Editor: Renya Nuringtyas

Sumber:
dewimagazine.com,
fimela.com,
home.co.id,
prestigeonline.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top