skip to Main Content
Begini Cara Merawat Furnitur Berbahan Keramik

Begini Cara Merawat Furnitur Berbahan Keramik

Furnitur atau dekorasi berbahan keramik memang memiliki daya tarik tersendiri. Dengan beragam corak dan tekstur, keramik bisa diterapkan hampir di semua ruangan dan bagian rumah, mulai dari kamar mandi hingga garasi. Agar material keramik selalu tampak bersih dan awet, Teman Narasi perlu melakukan langkah-langkah perawatan yang tepat untuk setiap jenis keramik yang digunakan di rumah. Berikut beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan untuk menjaga material keramik di rumah tetap terlihat cantik dan bersih. 

Perawatan Rutin

Perawatan Rutin
Perawatan Rutin

Cara membersihkan furnitur berbahan keramik sangat mudah, dan sebaiknya harus dilakukan secara rutin.  Teman Narasi hanya perlu mengelap dengan menggunakan kain lap dan cairan pembersih lantai biasa lalu kemudian dikeringkan. Hindari penggunaan asam berlebih karena akan merusak warna keramik. Untuk keramik yang bertekstur kasar, Teman Narasi bisa menggunakan sikat lembut. Perlu diingat juga kalau furnitur berbahan keramik, dekorasi keramik dan hiasan berbahas keramik lainnya cenderung mudah kotor jika tidak dibersihkan dengan segera.

Perawatan dari Jamur

 Perawatan dari Jamur
Perawatan dari Jamur

Untuk furnitur berbahan keramik yang diletakkan di area yang basah dan lembab, keramik biasanya akan ditumbuhi oleh jamur-jamur yang mengganggu. Furnitur berbahan keramik yang berjamur akan terlihat kusam dan memiliki bercak yang tidak enak dipandang, dan tentunya lama-kelamaan akan merusak keramik. Untuk mengatasi masalah ini, Teman Narasi bisa menggunakan satu sendok serbuk kristal yang dicampur dengan air, lalu bersihkan keramik dengan menggunakan spons. Jika jamur tetap sulit hilang, Teman Narasi hanya perlu menambahkan takaran serbuk kristal yang digunakan dan ulangi prosesnya sampai jamur hilang dan keramik kembali bersih.

Perawatan Noda Membandel

Perawatan Noda Membandel
Perawatan Noda Membandel

Lain halnya dengan noda membandel yang tidak hilang jika dibersihkan hanya dengan pembersih lantai biasa, seperti noda karat atau kerak. Untuk noda seperti ini, Teman Narasi perlu menggunakan cairan pembersih khusus. Cara membersihkannya pun tidak sembarangan. Hal ini biasa terjadi pada furnitur berbahan keramik outdoor yang bersinggungan langsung dengan material besi. Untuk mencegah hal ini, Teman Narasi bisa menggunakan alas antara keramik dan besi. Namun jika sudah terlanjur kotor, Teman Narasi perlu menggunakan Heavy Duty Cleaner atau pembersih noda berat. Silakan hubungi Narasi Design apabila Teman Narasi membutuhkan cairan Heavy Duty Cleaner untuk membersihkan noda membandel pada keramik.

Penulis: Wisesa Wirayuda
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.kompas.com
www.housingestate.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top