skip to Main Content
Berapa Sih Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Renovasi Rumah Minimalis?

Berapa Sih Biaya yang Dibutuhkan Untuk Renovasi Rumah Minimalis?

Menghitung Biaya Renovasi Rumah Minimalis
Menghitung Biaya Renovasi Rumah Minimalis
Source :www.pexels.com

Mau renovasi rumah tapi masih bingung berapa biaya yang dibutuhkan? Kira-kira uang yang sudah dianggarkan cukup atau tidak ya? Untuk menjawab kegalauan teman-teman semua, kali ini tim Narasi Design akan mengajak Anda untuk tahu seluk beluk terkait biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah minimalis. Nah, simak ulasannya berikut yuk!.

Dalam sebuah proyek bangun ataupun renovasi rumah, biaya menjadi salah satu bagian yang penting dan krusial. Tanpa perencanaan anggaran biaya yang baik, risiko terjadinya pembengkakan biaya akan semakin besar. Apalagi pada jenis pekerjaan renovasi. Pekerjaan perombakan ataupun perbaikan ini cenderung memiliki risiko lebih besar untuk mengalami over budget dibandingkan pekerjaan membangun rumah baru. Disinilah letak pentingnya mengetahui sejak awal perkiraan biaya renovasi rumah Anda. Nah, kira-kira berapa ya biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah minimalis? 

Berikut adalah contoh rincian anggaran biaya renovasi rumah 2 lantai beserta dengan cara menghitung biaya renovasi rumah minimalis secara rinci. 

Rincian Anggaran Biaya Renovasi Rumah Minimalis
cian Anggaran Biaya Renovasi Rumah Minimalis
Source : bangunan.web.id

Rincian Biaya Renovasi Rumah Minimalis

Apa saja biaya yang harus dikeluarkan saat akan merenovasi rumah minimalis? Saat akan melakukan renovasi rumah minimalis, ada dua biaya yang perlu Anda perhitungkan yaitu biaya jasa dan biaya material. Biaya jasa adalah biaya tukang/pekerja yang membantu proses renovasi rumah. Sementara biaya material adalah biaya material yang digunakan untuk merenovasi rumah.

Model sistem pembayarannya pun beragam. Ada sistem upah harian, sistem upah borongan, serta sistem borongan penuh material dan jasa. Kalau untuk renovasi minor, Anda bisa memilih sistem upah harian. Sementara untuk renovasi mayor, Anda lebih baik untuk memilih sistem upah borongan ataupun sistem borongan penuh. Dengan sistem upah borongan, risiko adanya biaya-biaya tambahan lain bisa dikendalikan karena total biaya telah disepakati bersama sejak awal. Jika ingin lebih praktis lagi, pilihlah sistem borongan penuh. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot lagi, karena seluruh biaya renovasi rumah minimalis mulai dari material hingga upah jasa renovasinya telah disepakati di awal dan diserahkan kepada pekerja.

Sistem Pembayaran Jasa Renovasi Rumah Minimalis Beragam
Sistem Pembayaran Jasa Renovasi Rumah Minimalis Beragam
Source : www.pexels.com

Cara Menghitung Anggaran Biaya Renovasi Rumah Minimalis

Bagaimana sih cara menghitung biaya renovasi rumah minimalis? 

Untuk menghitung biaya renovasi rumah minimalis, ada dua cara yang biasa digunakan yaitu dengan membuat estimasi biaya kasar dan estimasi biaya rinci. 

Estimasi biaya kasar adalah perkiraan total biaya renovasi rumah per meter persegi. Sementara estimasi biaya rinci adalah estimasi detail biaya renovasi rumah yang dibutuhkan menggunakan analisa harga satuan pekerjaan. Untuk menghitung estimasi biaya rinci ini, Anda bisa menggunakan bantuan jasa professional seperti estimator, arsitek, kontraktor, ataupun desainer interior. Selain memudahkan, dengan menggunakan jasa professional untuk renovasi rumah, pekerjaan akan lebih terukur, baik dari segi hasil ataupun sistem pengontrolan pekerjaan.

Lalu, berapa biaya jasa renovasi rumah minimalis? 

Untuk biaya jasa tukang dengan sistem upah harian, biasanya berkisar antara Rp 100.000 – 150.000 per orang. Jika menggunakan sistem upah borongan, biayanya berkisar Rp 600.000 – 800.000 per meter persegi. Sementara jika menggunakan sistem borongan penuh, maka kisaran biayanya antara Rp 2.500.000 – 4.000.000 per meter persegi. Kisaran biaya tersebut biasanya digunakan untuk renovasi skala besar. Besar dan kecil biaya yang dibutuhkan tersebut juga tergantung akan jenis dan kualitas dari material yang digunakan.

Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah Minimalis
Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah Minimalis
Source : propertysnake.org

Renovasi Dengan Biaya Minim atau Terbatas

Bagaimana jika budget yang dimiliki terbatas? 

Jika budget yang dimiliki untuk renovasi rumah minimalis terbatas, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat skala prioritas bagian mana yang perlu direnovasi lebih dulu. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan material bekas layak pakai sehingga dapat mengurangi biaya material, seperti  berkreasi dengan furnitur DIY (Do It Yourself). Hal ini tentu akan mengurangi beban material yang harus Anda keluarkan. Dengan menggunakan sistem borongan penuh juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Biaya yang dikeluarkan lebih terkendali karena telah disepakati sejak awal.

Nah, bagaimana? Sudah ada gambaran berapa budget yang Anda butuhkan untuk renovasi rumah minimalis? Mulai buat rincian anggaran yang kira-kira Anda butuhkan dari sekarang yuk!

Penulis: Diah Kurniawati
Editor: Brigita Diva
Source: dari berbagai sumber

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top