skip to Main Content
Berniat Memakai Furnitur Berbahan Plastik? Kenapa Tidak!

Berniat Memakai Furnitur Berbahan Plastik? Kenapa Tidak!

Jika Teman Narasi mencari furniture yang awet, ringan, dan dengan harga yang terjangkau, maka Teman Narasi perlu mempertimbangkan furnitur berbahan plastik. Furnitur berbahan plastic cenderung lebih awet dikarenakan sifatnya yang anti air dan juga tidak mudah pecah jika bersenggolan dengan benda lain. Furnitur berbahan plastik juga sangat mudah dibersihkan dan tidak perlu perawatan yang ribet. Dan tentunya, furnitur berbahan plastik tidak akan rusak oleh rayap.

Berikut kami jabarkan beberapa jenis plastik yang bisa Teman Narasi pelajari terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memilih furniture berbahan plastik.

Polypropylene (PP)

Plastic polypropylene adalah jenis plastik yang bisa kita temukan setiap hari. Dari mulai tutup botol minuman kemasan, spare part kendaraan Teman Narasi, hingga kursi-kursi taman yang berbahan plastik. Plastik polypropylene ini bersifat elastis dan tidak mudah patah. Furnitur berbahan plastik polypropylene cocok digunakan di ruang terbuka atau outdoor karena daya tahannya yang kuat terhadap terik matahari. Cara membersihkan plastik jenis ini cukuplah dengan mengelapnya dengan pembersih.

Furnitur dengan Bahan Plastik Polypropylene Digunakan untuk Luar Ruangan
Furnitur dengan Bahan Plastik Polypropylene Digunakan untuk Luar Ruangan

Selain kualitasnya yang baik, furnitur berbahan plastik polypropylene ini juga cukup terjangkau dan dapat ditemukan di banyak toko furnitur.

Polyvinyl Chloride (PVC)

Kemudian kita beralih kepada plastik jenis Polyvinyl Chloride yang juga dikenal dengan sebutan tacon sheet. Plastik ini biasa Teman Narasi temukan sebagai kulit sintetis atau kulit tiruan, mainan, taplak meja plastik, hingga selang yang biasa Teman Narasi gunakan di rumah. Furnitur berbahan plastik Polyvinyl Chloride memiliki harga yang murah dan durabilitas yang tinggi, PVC termasuk jenis plastik yang paling sering digunakan.

Tanpa Disadari Plastik Polyvinyl Chloride Sering Digunakan untuk Parquet Lantai
Tanpa Disadari Plastik Polyvinyl Chloride Sering Digunakan untuk Parquet Lantai

Sedangkan pada furnitur, plastik ini biasanya berbentuk plastik tipis yang memiliki tekstur menyerupai kayu asli dan terdiri dari berbagai motif yang kemudian direkatkan pada kayu olahan. Tak banyak memang furnitur berbahan plastik Polyvinyl Chloride, namun plastik jenis ini bisa digunakan sebagai lantai, kerangka jendela, dan juga sebagai pelapis ketika hendak melakukan finishing pada mebel milik Teman Narasi.

Polycarbonate (PC)

Selanjutnya ada plastik jenis Polycarbonate. Plastik ini memiliki warna tembus pandang atau transparan yang biasanya digunakan sebagai pengganti kaca pada rumah Teman Narasi. Furnitur berbahan plastik Polycarbonate dapat berupa kursi dan meja. Dengan menggunakan plastik jenis ini, furnitur Teman Narasi jauh lebih ringan dibandingkan dengan menggunakan kaca asli. Kekurangan plastik jenis ini adalah tidak tahan terhadap panas yang berlebihan.

Furnitur dengan Plastik Polycarbonate
Kursi dengan Bahan Plastik Polycarbonate

Akrilik atau Polymethyl Methacrylate (PMMA)

Berbeda dengan Polycarbonate, plastik Akrilik atau Polymethyl Methacrylate memiliki karakter yang lebih kuat namun dengan warna yang juga tembus pandang atau transparan. Maka dari itu, plastik jenis ini biasa digunakan sebagai pengganti kaca jendela pada rumah Teman Narasi. Juga dikarenakan sifatnya yang kuat pada paparan sinar ultraviolet, plastik jenis ini bisa digunakan sebagai kanopi rumah. Furnitur berbahan plastik Akrilik atau Polymethyl Methacrylate bisa bertahan lama dengan cuaca apapun, oleh karena itu plastic jenis ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Furnitur Meja dengan Bahan Akrilik
Furnitur Meja dengan Bahan Akrilik

Itulah jenis-jenis plastik yang bisa Teman Narasi pertimbangkan ketika hendak membeli furnitur. Silahkan hubungi Narasi Design jika Teman Narasi memiliki pertanyaan-pertanyaan seputar furnitur berbahan plastik.

Penulis: Wisesa Wirayuda
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber: www.dekoruma.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top