skip to Main Content
Cantik Dan Mudah Dirawat, Ini 5 Tanaman Hias Untuk Hunianmu

Cantik dan Mudah Dirawat, Ini 5 Tanaman Hias untuk Hunianmu

Ingin menciptakan suasana rumah yang lebih sejuk dan tenang dengan menghadirkan tanaman? Kadang Teman Narasi mungkin bingung memutuskan karena ada saja yang membuat ragu, seperti tidak adanya waktu luang untuk merawat atau bahkan sering lupa untuk menyiram. Tidak perlu khawatir, ada beberapa tanaman hias outdoor dan indoor yang cepat tumbuh dan dapat beradaptasi di berbagai kondisi lingkungan, suhu ruangan, dan situasi pencahayaan lho, bahkan dengan penyiraman yang tidak rutin dilakukan. 

Tidak hanya mudah dirawat dan cantik dijadikan sebagai dekorasi ruangan, tanaman-tanaman ini juga dapat membuat udara di rumahmu menjadi lebih segar karena dapat menyerap berbagai polutan dan melepaskan oksigen. Berikut 5 pilihan tanaman hias yang cantik, mudah dirawat, dan cocok untuk pemula sekalipun!

1. Pothos / Devil’s Ivy (Tanaman Sirih Gading)

Tanaman hias lili paris - source: creativejewishmom.com
Tanaman hias lili paris – source: creativejewishmom.com

Tanaman merambat ini dapat bertahan bertahun-tahun dan tidak mudah layu atau mati sehingga cocok untuk pemula. Teman Narasi tidak perlu menghabiskan waktu yang banyak untuk mengurusnya karena tanaman Sirih Gading dapat hidup di cahaya rendah sekalipun, bahkan di berbagai suhu ruangan. Sering menyiram atau tidak juga tidak akan menjadi masalah karena tanaman Sirih Gading tidak membutuhkan air dalam jumlah besar untuk terus tumbuh. 

Kalau tanaman Sirih Gading sudah merambat dengan panjang dan Teman Narasi merasa terganggu, kamu dapat memotongnya dan Pothos akan tetap tumbuh dengan sehat. Tanaman Sirih Gading juga dapat membuat rumah tampak lebih asri dan hijau tanpa perlu memakan terlalu banyak ruang karena tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias gantung. Plus, tanaman Sirih Gading juga merupakan tanaman hias pembersih udara yang efektif menyerap dan menghilangkan senyawa kimia yang dihasilkan dari semprotan pembasmi serangga, parfum, sabun cuci piring, dan lainnya.

2. Spider Plant (Tanaman Lili Paris)

Tanaman hias lili paris - source: creativejewishmom.com
Tanaman hias lili paris – source: creativejewishmom.com

Tanaman asal Afrika Selatan ini merupakan tanaman yang cepat pertumbuhannya. Tanaman ini bisa Teman Narasi gantung di bagian teras rumah atau ditaruh dalam pot sebagai dekorasi coffee table, bedside table, rak buku, dan lain-lain. Tanaman ini sangat mudah beradaptasi di tempat dengan pencahayaan sedang sampai rendah dan di tempat yang panas, sejuk, dingin, ataupun cuaca ekstrem.

Tanaman ini tidak perlu disiram secara rutin, siram jika permukaan tanahnya sudah mulai mengering saja. Sama seperti Pothos, Spider Plant juga dapat membersihkan dan menyegarkan udara di dalam rumah dari karbon monoksida yang dihasilkan dari kompor, asap rokok, knalpot motor dan mobil.

3. Snake Plant (Tanaman Lidah Mertua)

Tanaman hias lidah mertua - source: pinterest.com
Tanaman hias lidah mertua – source: pinterest.com

Snake Plant cocok untuk Teman Narasi yang merasa kurang telaten memelihara tanaman dan sering lupa menyiram karena tanaman ini dapat tumbuh relatif cepat dan subur dalam keadaan kekurangan air sekalipun. Tanaman ini dapat hidup di suhu ruangan yang normal dan toleran terhadap tingkat cahaya rendah ataupun saat terpapar langsung oleh sinar matahari.

Hanya dengan satu pot kecil yang bisa kamu taruh sebagai dekorasi ruang tamu atau dekat pintu masuk rumah, tanaman hias ini dapat membuat sirkulasi udara di dalam ruangan ataupun di sekitar rumah menjadi kian segar. Snake Plant mampu menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari.

4. Rubber Plant (Tanaman Karet Kebo)

Tanaman hias karet kebo - source: ko.gardenmanage.com
Tanaman hias karet kebo – source: ko.gardenmanage.com

Ingin memiliki tanaman hias dengan perawatan mudah yang dapat tumbuh tinggi, memiliki daun besar, dan mengkilap? Rubber Plant jawabannya! Tanaman ini dapat tumbuh 2-4 meter dan tidak memerlukan pemeliharaan yang terlalu signifikan. Rubber Plant dapat tumbuh subur dalam kondisi pencahayaan dari sedang ke terang dan dalam kisaran suhu ruangan 60-80 derajat. Kabar baik lainnya adalah Rubber Plant tidak harus sering disiram.

Seperti tanaman lainnya di atas, tanaman ini juga bermanfaat untuk mengeliminasi racun pada udara, dan cocok ditaruh di pojok-pojok ruangan sehingga dapat memberi dimensi dan kesan tinggi pada ruangan. Daun pada Rubber Plant mungkin dapat berdebu dan hal tersebut dapat mengundang jamur dan bakteri yang menyebabkan hama dan penyakit, jadi cukup gunakan kain katun yang dibasahi dengan sedikit air untuk membersihkannya.

5. Fiddle-Leaf Fig Tree (Pohon Ara Biola/Kimunding)

Tanaman hias kimunding atau ara biola - source: gardenista.com
Tanaman hias kimunding atau ara biola – source: gardenista.com

Tanaman ini tentu akan membuat perubahan yang signifikan jika diletakkan di depan pintu rumah, di dalam ruangan, maupun di teras belakang rumah, karena dapat menciptakan suasana yang lebih cerah karena tinggi pohon dan daunnya yang berwarna hijau gelap yang besar, mengkilap, dan tidak mudah rontok. Tanaman ini menyukai suhu ruangan sekitar 65-75 derajat dan paparan cahaya sedang ke terang. Pilihlah sudut rumah yang terang, namun pastikan tak terpapar langsung oleh sinar matahari karena dapat merusak daunnya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih! Jika menemukan titik-titik berwarna coklat pada daun, itu artinya Teman Narasi terlalu sering atau justru terlalu jarang menyiramnya. Teman Narasi dapat menyiasatinya dengan menyiram hanya saat permukaan tanahnya terlihat kering. Lalu, jika mulai melihat akar-akar tumbuh dari bawah pot, itu artinya tanaman harus dipindahkan ke pot yang lebih besar. Sama seperti Rubber Plant, Teman Narasi dapat membersihkan daunnya dengan kain katun yang telah dibasahi.

Sekarang tidak perlu lagi ada alasan untuk tidak memiliki tanaman di dalam rumah, mulai saja dengan jenis tanaman hias di atas, karena perawatannya tidak sulit dan juga bisa hidup di tempat yang sedikit terkena paparan sinar matahari. Perlu diketahui juga, jika suhu udara di rumahmu nyaman, maka sama halnya dengan tanamanmu. Selamat mencoba dan happy living, Teman Narasi!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
crocus.co.uk,
thesill.com,
thespruce.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top