skip to Main Content
Cara Memilih Model Funitur Minimalis Terbaru Untuk Hunian

Cara Memilih Model Funitur Minimalis Terbaru untuk Hunian

Dewasa ini, gaya minimalis menjadi gaya yang cukup populer digunakan, termasuk dalam desain interior dan funitur. Apakah Teman Narasi familiar dengan interior café monochrome, seperti pada dinding, meja, kursi, yang hanya mengaplikasikan satu warna? Sangat menarik bukan? Kira – kira, model furnitur minimalis terbaru seperti apa yang sedang populer? 

Dalam artikel ini Tim Narasi Design akan membahas soal apa itu minimalis dan perannya pada desain furnitur, serta beberapa model furnitur minimalis terbaru untuk referensi Teman Narasi.

Konsep Furnitur Minimalis

Minimalism sebenarnya adalah sebuah gerakan yang mulai populer pada periode awal abad 20, saat para desainer membuat sebuah objek dengan mempertimbangkan fungsi – fungsi / faktor – faktor esensialnya saja. Konsep minimalism bisa diterapkan pada bidang desain secara luas, karena minimalism lebih mengarah pada prinsip – prinsip / guideline dalam mendesain, bukan bentuk dari desain itu sendiri.

Gaya minimalism mulai muncul pada pertengahan awal 20an. Pada 1917, muncul gerakan “De Stilj” di Belanda, yang merupakan gerakan para seniman dalam membuat dan mempublikasikan karya-karya dimana mereka menyederhanakan objek-objek dan hanya menampilakn garis – garis lurus, bentuk persegi, serta warna-warna primer saja. Setelah itu, seorang arsitek bernama Ludwig Mies van der Rohe mulai mempopulerkan bentuk – bentuk arsitektural yang dinilai sebagai cikal bakal gaya modern/minimalis, dengan ciri khas bentuk-bentuk yag sederhana dan penggunaan material modern seperti besi dan kaca. Ludwig bahkan mempopulerkan kata – kata yang saat ini dianggap sebagai salah satu slogan desain minimalis, yaitu “less is more”.

Selain itu, gaya desain minimalis juga cukup banyak dipengaruhi oleh desain tradisional khas Jepang, yang umumnya mengutamakan fungsionalitas serta berfokus pada nilai-nilai zen dan kesederhanaan. Saat ini, minimalism sudah menjadi gaya desain yang cukup populer. Baik untuk desain web, desain majalah, seni, musik, hingga arsitektur dan desain interior, minimalism sudah sering diterapkan di banyak bidang. Desain interior menjadi salah satu bidang yang sering menerapkan minimalism dalam praktiknya. Furnitur dengan konsep desain minimalis sudah sering kita lihat di pasaran, dan berbagai model furnitur minimalis terbaru juga bisa dengan mudah kita temukan di internet.

Contoh Model Furnitur Minimalis Terbaru

Nah, setelah tau seluk beluk dari minimalism, kira – kira  bagaimana ya bentuk dari funitur sehari – hari yang didesain dengan konsep minimalism? Yuk kita lihat beberapa contoh model furnitur minimalis terbaru!

Desain Kursi Minimalis - source : www.dezeen.com
Desain Kursi Minimalis – source : www.dezeen.com

Warna monochrome, desain yang sederhana sekaligus unik, tetapi tetap terlihat nyaman untuk digunakan. Kursi ini merupakan salah satu contoh desain furnitur minimalis yang tetap memperhitungkan estetika dan keunikan bentuk, selain fungsionalitas. Meskipun memiliki desain minimalis, kursi ini tidak terkesan “cold” dan “unwelcoming” (dua kesalahan yang biasanya tampak pada desain minimalis). Cocok untuk mempermanis ruang tamu atau ruang makan Teman Narasi, nih! 

Dining Room Set Minimalis - source : www.home-designing.com
Dining Room Set Minimalis – source : www.home-designing.com

Meskipun menggunakan dua material yang berbeda yaitu besi dan kayu, tetapi kesan minimalis masih terasa pada set meja makan ini. Warna coklat dari kayu yang dikontraskan dengan warna dinding dan warna meja yang dominan putih membuat kayu menonjol dari latar belakannya. Penggunaan dua material yang berbeda dalam desain furnitur minimalis bukanlah hal yang tidak mungkin; justru malah bisa membuat material menjadi salah satu point of interest dari furnitur Teman Narasi.

Desain Lemari Minimalis - source : id.pinterest.com
Desain Lemari Minimalis – source : id.pinterest.com

Salah satu ciri khas dari desain furnitur minimalis adalah kesan “clean” yang ditimbulkan dari meminimalisir detail – detail yang tampak pada furnitur. Dengan menggunakan pintu geser, mengubah gagang pintu lemari, dan penggunaan warna putih polos, lemari ini berhasil menyembunyikan detail – detail sambungannya, sehingga terlihat simple dan menarik. Pintu geser memang menjadi salah satu opsi yang sering digunakan dalam desain minimalis, karena kesan seamless yang menjadi keunggulannya.

Furnitur Minimalis Multifungsi

Sofa Bed Minimalis
Sofa Bed Minimalis

Model furnitur minimalis terbaru juga banyak lho yang memiliki dua fungsi sekaligus atau seringkali disebut sebagai multifungsi, contohnya ada pada kursi ini. Dengan hanya memindahkan posisi bantal, furnitur tersebut dapat berubah bentuk dari sofa menjadi tempat tidur. Mungkin Teman Narasi mengealnya dengan istilah sofa bed.  Sangat menarik bukan? Selain lebih ringkas, furnitur minimalis multifungsi juga hemat biaya lho!

Sebenarnya selain sofa bed ini masih banyak lagi desain furnitur minimalis multifungsi yang bisa Teman Narasi temukan di toko furnitur, seperti rak yang bisa menjadi partisi, tempat tidur yang bisa menjadi lemari, dan lain sebagainya.

Bagaimana, Teman Narasi? Apa masih penasaran soal model – model furnitur minimalis terbaru? Atau, justru sudah punya ide soal menata interior dengan gaya minimalis? Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi Teman Narasi yang ingin mengadopsi gaya minimalis di huniannya.

Happy living, Teman Narasi!

Penulis: J. Sophia Priatna
Editor: Brigita Diva
Source: dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top