skip to Main Content
Desain Interior Industrial Unik Ala Youtuber Claire Marshall

Desain Interior Industrial Unik ala Youtuber Claire Marshall

Ingin menata rumah baru atau mendekor ulang ruangan tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu besar? Bisa banget, dan tidak perlu melulu menggunakan jasa desainer interior karena Teman Narasi pun dapat melakukannya sendiri. Dengan rajin mencari inspirasi dari berbagai sumber di internet, media sosial, ataupun majalah desain interior, perlahan tapi pasti Teman Narasi akan menemukan konsep interior yang diinginkan beserta karakteristik dan keunikannya.

Ada beberapa desain interior kekinian yang bisa Teman Narasi aplikasikan pada hunian, salah satunya adalah desain interior industrial. Selain desainnya yang modern, maskulin, dan minimalis, desain interior bergaya industrial juga terkesan artsy dan unik. Selain itu, konsep interior industrial, yang identik dengan konsep open space, juga dapat menjadi cara untuk menyiasati rumah atau apartemen yang berukuran mungil menjadi lebih lapang.

Hunian apartemen berdesain interior industrial dengan sentuhan gaya bohemian milik Youtuber berdarah Korea Claire Marshall dapat Teman Narasi jadikan inspirasi, nih! Sebagai seorang content creator dan lifestyle vlogger yang lebih sering menghabiskan waktu di rumah untuk bekerja, Marshall mendesain dan mendekorasi huniannya senyaman mungkin agar dapat mendukung setiap aktivitas yang ia lakukan.

The Nook

Dalam video YouTube-nya satu ini, nama ‘The Nook’, atau dalam Bahasa Indonesia yang berarti sudut atau tempat kesukaan, adalah salah satu bagian apartemennya yang ia desain dengan gaya interior dengan sentuhan bohemian. Sesuai dengan artinya, area ini memang menjadi area favorit Marshall untuk bersantai, membaca buku, bermeditasi, dan menikmati pemandangan luar jendela sambil menyeruput kopi di pagi hari.

The Nook, sudut favorit Marshall dari seluruh ruangan apartemen - source: youtube.com/user/ohhaiclaire
The Nook, sudut favorit Marshall dari seluruh ruangan apartemen – source: youtube.com/user/ohhaiclaire

Konsep industrial di dalam area ini terlihat dari dinding batu bata, kursi bergaya industrial dengan perpaduan material logam pada kaki dan kulit pada alas duduk. Selain mendekorasi area ini dengan tumpukan lukisan, koleksi piringan hitam, dan sehelai daun palem, ia juga menaruh pernak-pernik bertema bohemian seperti karpet dan tenda kemah mini.

Dekorasi berupa kursi bergaya industrial - source: youtube.com/user/ohhaiclaire
Dekorasi berupa kursi bergaya industrial – source: youtube.com/user/ohhaiclaire

The Living Room

Youtuber yang kini tinggal di Los Angeles, California ini juga sempat membuat video ‘The Living Room‘ yang menunjukkan bagian ruang tamunya yang memiliki gaya industrial yang kental. Hal ini terlihat dari beberapa furnitur dan dekorasi bertema industrial seperti meja televisi yang terbuat dari gabungan material logam dan kayu, lampu baca berbahan logam, dan meja kayu bergaya modern lengkap dengan dekorasi berupa boks yang terbuat dari seng.

Inspirasi ruang tamu bergaya industrial - source: youtube.com/user/ohhaiclaire
Inspirasi ruang tamu bergaya industrial – source: youtube.com/user/ohhaiclaire

Marshall mendeskripsikan ruang tamunya sebagai tempat yang fungsional karena selain untuk tempat bersantai, ia pun banyak menghabiskan waktunya di sini untuk bekerja. Oleh karena itu, untuk memastikan agar ruang tamunya memiliki suasana yang nyaman dan mendukung, Marshall memiliki beberapa trik dalam mendekorasinya. Pertama, agar ruangan tidak terkesan terlalu maskulin, ia menaruh bangku kecil (stool) bertemakan bohemian yang berwarna-warni di depan sofa. Kedua, agar suasana ruang tamu menjadi lebih sejuk, ia pun menaruh beberapa tanaman indoor yang mudah dirawat seperti elephant ear palm dan bird of paradise. Ketiga, untuk memberikan tekstur dan efek layering pada ruangan, Marshall pun memadukan material linen dan velvet pada pelapis sofa dan sarung bantal serta mendekorasi coffee table-nya dengan menaruh parfum, buku, bunga kering, dan lilin secara sporadis.

Coffee table kayu bergaya modern dengan sentuhan gaya industrial - source: youtube.com/user/ohhaiclaire
Coffee table kayu bergaya modern dengan sentuhan gaya industrial – source: youtube.com/user/ohhaiclaire

Jika dilihat di awal dan di akhir video, apartemen milik Marshall memiliki denah open space, yaitu menyatu dengan area lainnya yang berada di dalam ruangan apartemen. Hal ini pun identik dengan karakteristik desain interior industrial yang dikhususkan untuk ruangan berdenah terbuka. 

Tanaman indoor yang digunakan sebagai dekorasi - source: youtube.com/user/ohhaiclaire
Tanaman indoor yang digunakan sebagai dekorasi – source: youtube.com/user/ohhaiclaire

A Mix Between Wood, Metal, and Dark Colors 

Salah satu ciri utama dalam desain interior industrial adalah adanya perpaduan material kayu, logam, dan warna-warna gelap baik itu yang diaplikasikan pada dinding, lantai, furnitur, dan ornamen dekorasi. Terlihat juga pada beberapa furnitur di dalam hunian apartemen milik Marshall, di antaranya aksen logam pada kaki meja televisi yang dipadukan dengan kayu bergaya rustic dan coffee table kayu dengan dekorasi boks yang terbuat dari seng (zinc box).

Tidak hanya terdapat perpaduan unik antara material kayu dan logam saja, tetapi Teman Narasi juga akan sering menemukan perpaduan tekstur, misalnya flooring kayu dengan tampilan glossy, yang disandingkan dengan dinding semen yang kasar.

Bagi yang penasaran bagaimana tampilan keseluruhan apartemen milik Claire Marshall ini, Teman Narasi bisa langsung mampir ke kanal Youtube-nya, Claire Marshall. Semoga menginspirasi ya!

As always, selamat berkreasi dan happy living!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
youtube.com/user/ohhaiclaire,
famousbirthdays.com,
hasna.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top