skip to Main Content
Do’s & Don’ts Dalam Memadukan Berbagai Gaya Desain Interior

Do’s & Don’ts dalam Memadukan Berbagai Gaya Desain Interior

Apakah Teman Narasi sedang kesulitan memilih satu dari sekian banyak gaya desain interior untuk diaplikasikan pada hunian? Jawabannya adalah kamu cukup mix and match saja, karena dengan memadukan dua atau lebih gaya desain interior, hunian akan tampil lebih dinamis dan menarik. Sebelum berkreasi, ada baiknya kamu memperhatikan do’s and don’ts dalam mengkombinasikan gaya desain interior supaya dapat menciptakan a well-styled home!

Do’s

1. Padukan furnitur modern dengan dekorasi vintage

Kombinasi meja makan bundar tradisional dengan kursi modern – source: hgtv.com

Inspirasi ruang makan di atas adalah salah satu contohnya. Sebuah lampu gantung klasik yang gemerlapan membuat dapur bergaya country ini tampil unik. Ruang makan ini juga menjadi contoh sempurna dari perpaduan furnitur modern dan tradisional dengan mempertimbangkan skala dan bentuknya. Meja bundar tradisional yang dipasangkan dengan kursi modern membuat tampilan ruang makan mengalir secara alami.

2. Gunakan warna netral sebagai warna utama interior dan warna terang sebagai aksen

Inspirasi dapur dan ruang makan dengan dinding aksen berwarna kuning - source: freshome.com
Inspirasi dapur dan ruang makan dengan dinding aksen berwarna kuning – source: freshome.com

Jika Teman Narasi baru mengenal desain eklektik, langkah paling mudah adalah menggunakan palet warna netral sebagai warna utama hunian atau ruangan. Untuk menambahkan pop of color, gunakan warna-warna terang pada satu dinding sebagai aksen atau pada furnitur dan elemen dekorasi lainnya. Gunakan kain berpola atau bertekstur untuk membantu menyatukan elemen-elemen yang ada. Teman Narasi juga dapat menambahkan kesan kontras dengan mengombinasikan furnitur kayu dengan furnitur logam mengkilap seperti saat menggabungkan gaya desain rustic dengan industrial.

Perpaduan gaya desain rustic dengan industrial – source: 6sqft.com

3. Menciptakan titik fokus pada ruangan

Jika menempatkan terlalu banyak furnitur dan ornamen dekorasi pada ruangan, hunian akan terlihat ramai dan tidak memiliki titik fokus. Temukan satu elemen, baik itu furnitur ataupun karya seni yang benar-benar Teman Narasi ingin pamerkan, dan jadikanlah elemen tersebut sebagai titik fokus sebuah ruangan. Setelah itu, atur benda-benda lain di sekitarnya untuk mengarahkan pandangan tamu ke titik fokus ruangan.

Kursi modern dengan perpaduan kain etnis dan permadani Oriental sebagai titik fokus ruangan - source: hgtv.com
Kursi modern dengan perpaduan kain etnis dan permadani Oriental sebagai titik fokus ruangan – source: hgtv.com

Don’ts

1. Memilih format yang salah

Format yang salah adalah di saat kamu tidak memerhatikan proporsi dan tata letak, baik itu dari segi ukuran ruangan atau penempatan furnitur. Walaupun menggabungkan dua desain atau lebih mendorong Teman Narasi untuk bereksperimen dengan warna dan tekstur, tetapi kamu juga tetap harus memiliki hunian yang layak huni dan nyaman.

Furnitur atau elemen dekorasi yang berukuran besar lainnya sebaiknya tidak ditempatkan di ruangan yang sempit. Salah satu contoh yang sering dilakukan adalah memasang lampu gantung berukuran besar di atas meja makan, sehingga membuat ruang makan terlihat kecil. Pilihan terbaik adalah membeli furnitur dan elemen dekorasi dengan ukuran serupa alih-alih menggunakan satu item besar.

2. Menggunakan terlalu banyak gaya desain interior

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan dalam mengombinasikan gaya desain interior adalah menggunakan terlalu banyak desain. Jika Teman Narasi secara acak menaruh elemen-elemen interior ke dalam ruangan tanpa pemikiran yang tepat, hunian atau ruangan bisa berakhir terlihat seperti garage sale. Jika tidak terlalu yakin, kombinasikan beberapa gaya yang umum digunakan seperti modern dengan rustic, mid-century modern dengan boho, skandinavian dengan industrial, dan lain sebagainya.

Memadukan dua atau lebih gaya desain interior memang menjadi salah satu tren desain sejak beberapa tahun belakangan ini. Terlihat banyak elemen tak terduga yang bercampur menjadi satu sehingga menciptakan gaya yang unik, seperti rumah bertema rustic dipadukan dengan furnitur modern yang minimalis, ruangan bergaya industrial yang dipadukan dengan gaya bohemian, hunian bergaya mid century modern dengan sentuhan gaya victorian, dan masih banyak lagi. Semoga tips dan trik di atas dapat membantu Teman Narasi mencapai hunian dengan tampilan eklektik yang sempurna!

Happy living dan tetap jaga kesehatan ya, Teman Narasi!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
harbersdesign.com,
hgtv.com,
homesbytradition.com,
lumens.com,
remodelaholic.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top