skip to Main Content
Hunian Gaya Tropis Karya Ezequiel Farca & Christina Grappin

Hunian Gaya Tropis Karya Ezequiel Farca & Christina Grappin

Ezequiel Farca dan Christina Grappin adalah duo desainer asal Meksiko yang telah dikenal di kancah internasional dengan karakteristik desain gaya Mexican Modernism. Dalam rancangannya, kedua desainer ini fokus pada pentingnya kolaborasi dengan pengrajin lokal yang masih melestarikan kerajinan kuno Meksiko, untuk menghasilkan furnitur sustainable yang kemudian diaplikasikan pada interior modern.

I think the way modernism was expressed in Mexico versus other countries is that it has a richness to each space, even as simple as it can be, you can see detail, craftsmanship and the use of local, natural materials.

Christina Grappin
Potret Ezequiel Farca dan Christina Grappin - source: californiahomedesign.com
Potret Ezequiel Farca dan Christina Grappin – source: californiahomedesign.com

Dengan latar belakang pendidikan arsitektur dan desain interior, kedua desainer ini kemudian berkolaborasi dan mendirikan studio arsitektur dan desain interior, yang kini telah memiliki tiga lokasi, yaitu di Meksiko, Los Angeles, dan Milan. Studio mereka fokus pada penciptaan ruang holistik, yang merupakan perpaduan sempurna antara desain yang timeless dan fungsional, serta menggunakan bahan-bahan alami dan detail elegan. Hasil karya kedua desainer ini juga kerap menggabungkan desain gaya modern dengan elemen-elemen tropis sehingga menciptakan kesan nyaman dan santai seperti layaknya sedang berlibur.

Understated Luxury” adalah tema umum dari desain interior hunian yang mereka ciptakan. Perabotan dirancang secara khusus dan menghadirkan bahan-bahan dan karya seni dari seluruh dunia, yang diharapkan dapat menciptakan ketenangan, kesederhanaan, dan menampilkan palet yang lembut di dalam hunian.

Barrancas House bergaya tropical karya Ezequiel Farca dan Christina Grappin - source: ezequielfarca.com
Barrancas House bergaya tropical karya Ezequiel Farca dan Christina Grappin – source: ezequielfarca.com

Barrancas House adalah salah satu proyek rumah hasil karya dua desainer ini. Rumah ini adalah contoh sempurna bagaimana desain interior modern disandingkan dengan elemen-elemen tropis. Interior modern menghadirkan nuansa yang bersih, terarah, dan minimalis, sedangkan elemen tropis memberikan lebih banyak tekstur, warna, dan kesegaran pada ruangan yang mungkin bisa terkesan kaku dari waktu ke waktu. 

Barrancas House juga merupakan hasil perombakan properti yang sudah berdiri sejak tahun 1970 di Meksiko. Pada properti ini, studio interior milik Ezequiel Farca dan Christina Grappin ini bertanggung jawab untuk merancang desain arsitektur, desain interior, dan juga desain furnitur. 

Walaupun rumah ini didesain dengan gaya modern, kedua desainer ini juga memberikan perhatian khusus pada material interior dan elemen-elemen dekorasi yang berasal dari alam. Hal ini dilakukan untuk memperkuat unsur tropis pada hunian, sehingga dapat membawa nuansa outdoor ke dalam rumah, dan menciptakan ruang tanpa batas. 

Desain lansekap pada salah satu teras rumah yang bernuansa tropical - source: ezequielfarca.com
Desain lansekap pada salah satu teras rumah yang bernuansa tropical – source: ezequielfarca.com

Desain lansekap pada rumah ini juga secara maksimal menunjukkan elemen tropis yang berhasil menyeimbangkan bentuk arsitektur modern, seperti adanya kolam renang yang dikelilingi tanaman-tanaman tropis, green roofs, dan vertical garden. Tidak hanya itu, pemandangan area kolam renang juga dapat dinikmati dari dalam kamar tidur, sehingga memberikan nuansa liburan mewah di rumah. 

Desain lansekap pada salah satu teras rumah yang bernuansa tropical - source: ezequielfarca.com
Desain lansekap pada salah satu teras rumah yang bernuansa tropical – source: ezequielfarca.com

Selain itu, teras rumah juga didesain dengan sangat nyaman dan cocok untuk bersantai sore bagi para penghuninya. Pemandangan teras ini juga dapat dinikmati melalui jendela yang terbuka sepenuhnya ke halaman luar. Cara inilah yang kemudian diaplikasikan oleh kedua desainer ini untuk membuat ruangan terasa lebih lapang dan terkesan tanpa batas. Desain lansekap pada rumah ini juga sangat baik untuk menghilangkan fakta bahwa teras sebenarnya dikelilingi oleh tembok tinggi.

Desain ruang keluarga terbuka yang menyatu dengan teras rumah  dengan nuansa tropical - source: ezequielfarca.com
Desain ruang keluarga terbuka yang menyatu dengan teras rumah dengan nuansa tropical – source: ezequielfarca.com

Dilansir dari interiorcravings.com, berikut 3 tips desain dari Barrancas House yang dapat Teman Narasi coba dalam mengaplikasikan elemen-elemen tropis pada hunian modern.

  1. Ciptakan keseimbangan antara elemen interior modern dengan clean lines dan elemen interior tropis yang lebih bertekstur. Sebagai contoh, tempatkan beberapa tanaman indoor di samping meja kerja bergaya modern.
  2. Gunakan mantra ‘keep it simple’. Teman Narasi tidak perlu berlebihan saat mencoba menyatukan gaya interior modern dengan tropis. Tidak perlu menjadikan hunian terasa seperti hutan rimbun, tetapi tetap pada porsi yang secukupnya saja.
  3. Bukalah ruangan untuk menghadirkan nuansa outdoor ke dalam rumah. Langkah ini juga akan membuat hunian terasa lebih lapang.

Untuk melihat proyek lainnya, Teman Narasi dapat mengunjungi halaman web Ezequiel Farca + Christina Grappin atau akun Instagram @farca.grappin

Selamat berkreasi dan happy living, Teman Narasi!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
californiahomedesign.com,
interiorcravings.com,
rizzoliusa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top