skip to Main Content
Ide Dan Inspirasi Penataan Lampu Untuk Desain Interior

Ide dan Inspirasi Penataan Lampu untuk Desain Interior

Halo Teman Narasi! Masih membahas seputar lighting dan penataan lampu pada desain interior, kali ini Narasi Design akan berbagi tips dan trik mudah, dan tentunya sederhana, dalam memilih pencahayaan yang tepat untuk berbagai jenis ruangan di dalam rumah. Apa saja idenya? Yuk, simak uraiannya di bawah ini!

1. Ciptakan titik fokus pada ruangan

Selain melalui furnitur, karya seni, atau elemen dekorasi lainnya, titik fokus ruangan juga dapat diciptakan melalui pencahayaan. Gunakan chandelier atau lampu artistik lainnya untuk menghadirkan kesan megah dan elegan pada ruangan. Tidak perlu khawatir dengan desain chandelier yang berkesan klasik, karena kini pilihan desainnya kian beragam, mulai dari bentuk hingga materialnya. Jadikanlah lampu tersebut sebagai titik fokus sebuah ruangan, lalu atur penempatan benda-benda lain di sekitarnya untuk mengarahkan pandangan tamu ke arah titik fokus yang tepat.

Pemilihan lampu gantung artistik sebagai titik fokus ruangan - source: italianbark.com
Pemilihan lampu gantung artistik sebagai titik fokus ruangan – source: italianbark.com

2. Bermain dengan proporsi

Teman Narasi bisa tetap setia pada konsep interior hunian yang sudah ada sambil menambahkan aksen untuk menghadirkan kesan modern dan segar pada ruangan. Hal ini dapat Teman Narasi lakukan dengan menempatkan lampu dalam berbagai ukuran dan instalasi yang berbeda-beda di satu ruangan, seperti wall sconces, lampu gantung, ataupun floor lamps.   

Inspirasi lighting pada kamar tidur dengan memanfaatkan wall sconces, lampu gantung, dan floor lamps - source: luxdeco.com
Inspirasi lighting pada kamar tidur dengan memanfaatkan wall sconces, lampu gantung, dan floor lamps – source: luxdeco.com

3. Tampilkan kontras

Saat memilih jenis lampu, jangan lupa untuk mempertimbangkan pula ukuran ruangan, material interior, serta elemen-elemen dekorasi lain yang ada di dalamnya. Contohnya, pada ruang tamu dengan dinding putih, lantai kayu yang terang, dan furnitur berbahan linen, penempatan lampu gantung dengan material besi akan menambah kontras yang diperlukan untuk mempercantik ruangan tersebut. 

Inspirasi lighting pada desain interior ruang tamu dengan lampu gantung - source: mydomaine.com
Inspirasi lighting pada desain interior ruang tamu dengan lampu gantung – source: mydomaine.com

4. Jangan takut mencoba sesuatu yang baru

Dalam dunia desain interior, kita mungkin dituntut untuk selalu konsisten dalam mendesain ruangan. Namun, hal itu tidak perlu membatasi Teman Narasi untuk mencoba hal-hal baru dalam menyempurnakan atau memberikan tampilan yang lebih segar pada ruangan. Jika biasanya pencahayaan kamar mandi hanya menggunakan lampu standar pada langit-langit atau wall sconces, Teman Narasi dapat menggunakan lampu gantung dengan desain yang unik seperti gambar di bawah ini.

Inspirasi lighting pada kamar mandi dengan lampu gantung - source: mydomaine.com
Inspirasi lighting pada kamar mandi dengan lampu gantung – source: mydomaine.com

Selain lampu gantung, Teman Narasi juga dapat memilih lampu dengan desain artistik sebagai elemen dekorasi untuk ditempatkan di atas meja atau lemari.

Lampu artistik sebagai elemen dekorasi - source: mydomaine.com
Lampu artistik sebagai elemen dekorasi – source: mydomaine.com

5. Hadirkan lebih banyak tekstur

Pilihlah jenis dan model lampu, serta teknik pencahayaan yang tidak hanya ditujukan untuk menerangi ruangan, tetapi juga untuk menyeimbangkan desain interior secara keseluruhan. Teman Narasi dapat memilih lampu gantung dengan desain kap unik yang terbuat dari besi, anyaman rotan, atau material lain yang sesuai dengan konsep interior hunian. Lampu gantung juga sangat cocok dipasang di atas meja makan untuk menghadirkan cahaya yang lebih terfokus dan intim pada ruang makan.

Inspirasi lighting pada desain interior ruang makan dengan lampu gantung - source: mydomaine.com
Inspirasi lighting pada desain interior ruang makan dengan lampu gantung – source: mydomaine.com

Lighting, pencahayaan untuk desain interior, atau penataan lampu di setiap ruangan yang ada di setiap hunian menjadi salah satu faktor penting dalam menghadirkan suasana hunian yang lebih hidup. Jika ditata dengan baik, lighting akan menghadirkan konsep interior yang lebih artistik dan bersinar. Namun, apabila kita salah memilih dan menempatkan lampu, ruangan yang ada di dalam hunian akan kehilangan unsur estetikanya. 

Nah, semoga tips dan trik di atas dapat membantu Teman Narasi berkreasi dengan berbagai jenis lampu dan penataannya di setiap sudut rumah, ya!  Selamat berkreasi dan happy living, Teman Narasi!

Untuk artikel lainnya seputar lighting, Teman Narasi dapat mengaksesnya di sini : tipe-tipe pencahayaan, ragam warna lampu dan ragam jenis lampu

Jangan lupa untuk #dirumahaja dan tetap jaga kesehatan!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
freshome.com,
mydomaine.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top