skip to Main Content
Inspirasi Desain Dan Dekorasi Kamar Tidur Anak Untuk 2020

Inspirasi Desain dan Dekorasi Kamar Tidur Anak untuk 2020

nia desain dan dekorasi kamar tidur anak terus berkembang dengan munculnya ide-ide baru yang menginspirasi. Mulai dari skema warna, bahan dan elemen dekorasi, hingga penggabungan dan aplikasi teknologi untuk merangsang tumbuh kembang si kecil. Tak sedikit pula inspirasi desain kamar anak datang dari elemen desain di ranah dewasa, seperti konsep minimalis, scandinavian, dan lain sebagainya. Kini, Teman Narasi bisa lebih leluasa dalam menjelajahi ide-ide dekorasi kamar tidur anak yang tidak hanya cantik dipandang, tetapi juga akan tetap menjadi inspirasi hingga tahun-tahun mendatang.

Untuk membantu Teman Narasi memilih desain yang pas, tim Narasi Design sudah merangkum inspirasi desain dan tren dekorasi kamar tidur anak untuk tahun 2020. Di bawah ini Teman Narasi akan menemukan inspirasi dari berbagai konsep desain lengkap dengan pilihan tempat tidur, pencahayaan, dan dekorasi lainnya untuk anak-anak dari segala usia. 

1. Kamar tidur anak bergaya scandinavian

Inspirasi kamar tidur anak bergaya scandinavian - source: pinterest.com
Inspirasi kamar tidur anak bergaya scandinavian – source: pinterest.com

Apabila Teman Narasi mendambakan kamar tidur anak dengan konsep interior yang tidak lekang oleh waktu, gaya scandinavian patut dijadikan pilihan. Karakteristik desainnya yang minimalis, tampilan yang bersih dan rapi, serta pilihan warna interior yang kalem membuat gaya scandinavian sangat awet dan bahkan cocok untuk anak-anak dari segala usia hingga remaja. Warna yang kalem seperti warna putih juga dapat memberikan ilusi agar ruangan yang kecil terlihat lebih besar. Untuk dekorasi, Teman Narasi dapat menghadirkan perabotan berbahan kayu, teepee tent atau tenda khas Indian, karpet bergaya monokrom, dan lain-lain.

2. Hiasi dinding dengan wallpaper yang tidak biasa

Wallpaper bergambar peta untuk kamar tidur anak - source: amazon.com
Wallpaper bergambar peta untuk kamar tidur anak – source: amazon.com

Dekorasi dinding berupa wallpaper dapat dijadikan sarana pembelajaran untuk si kecil. Jika dianggap terlalu ramai, wallpaper dapat dipasang hanya pada satu sisi dinding untuk menciptakan dinding dengan aksen pada ruangan. Wallpaper dengan gambar grafis peta dunia misalnya, si kecil akan dibuat penasaran sehingga dapat membangkitkan rasa ingin tahu dan sisi eksplorasi mereka.

Selain dengan wallpaper, Teman Narasi juga dapat menyoroti hobi sang anak dengan menaruh dekorasi yang mendukung seperti dekorasi alat musik, alat menggambar, lukisan, buku dan lain sebagainya. Tidak hanya bersifat dekoratif, hiasan ini juga fungsional dan dapat merangsang kreativitas mereka.

Inspirasi wallpaper unik untuk kamar anak - source: pinterest.com
Inspirasi wallpaper unik untuk kamar anak – source: pinterest.com

3. Konsep desain netral gender

Inspirasi kamar tidur anak dengan konsep netral gender - source: pinterest.com
Inspirasi kamar tidur anak dengan konsep netral gender – source: pinterest.com

Konsep desain netral gender dapat diciptakan lewat pilihan warna interior, baik itu warna dinding, perabot, maupun elemen dekorasi. Alih-alih melengkapi kamar tidur dengan perabotan berwarna serba merah muda atau biru, pilihlah warna yang netral gender seperti putih, krem, dan coklat yang lebih tahan lama dan tidak cepat membuat bosan. Langkah ini juga dianggap baik untuk menghilangkan kesan bahwa kamar tidur perempuan harus feminin dan kamar tidur laki-laki harus maskulin. Namun, tidak ada salahnya juga jika si kecil lebih menyukai warna yang lebih terang dan ceria, yang terpenting adalah Teman Narasi dapat memadukan warna-warna tersebut dengan harmonis sehingga ruangan akan tetap terlihat serasi dan proporsional. Untuk membantu Teman Narasi menentukan warna kamar tidur yang pas untuk di kecil, baca selengkapnya di sini.

4. Kembali ke alam dengan elemen dekorasi alami dan organik

Inspirasi kamar tidur anak dengan elemen dekorasi alami dan organik - source: pinterest.com
Inspirasi kamar tidur anak dengan elemen dekorasi alami dan organik – source: pinterest.com

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa elemen-elemen alam memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Sejalan dengan kesadaran lingkungan yang tumbuh di masyarakat dunia belakangan ini, dunia desain interior pun semakin gencar mengintegrasikan elemen alam ke dalam hunian. Tekstil yang dibuat dari serat alami seperti katun organik, kanvas, goni, dan linen pun kini populer untuk dijadikan sebagai material interior kamar anak.

Elemen dekorasi alami dan organik juga cenderung memiliki palet warna yang lembut dan ringan seperti putih, kuning gading, krem, coklat, dan abu-abu. Warna-warna tersebut dapat membawa atmosfer yang tenang dan nyaman ke dalam ruangan sehingga si kecil dapat beristirahat dengan baik. 

5. Kembalinya tren teepee tent

Teepee tent sebagai dekorasi kamar tidur anak - source: pinterest.com
Teepee tent sebagai dekorasi kamar tidur anak – source: pinterest.com

Salah satu tren dekorasi kamar tidur anak yang kembali populer di tahun ini adalah teepee tent atau tenda khas Indian yang kerap digunakan sebagai sudut membaca anak, tempat tidur siang, dan tempat bermain. Selain dapat dijadikan sebagai area privasi, elemen dekorasi satu ini juga dapat menambahkan karakter pada kamar tidur anak dengan berbagai desain dan motif yang unik. 

6. Less is more

Inspirasi kamar tidur anak bergaya minimalis - source: pinterest.com
Inspirasi kamar tidur anak bergaya minimalis – source: pinterest.com

Less is more adalah salah satu prinsip dalam mengatur tata ruang dengan perabotan dan elemen dekorasi yang minimalis. Dengan hanya menempatkan perabotan dan elemen dekorasi yang betul-betul digunakan, Teman Narasi akan lebih mudah membersihkan kamar dan selalu menjaga tampilan kamar agar tetap rapi dan teratur. Kamar tidur anak yang minimalis dan tidak banyak barang juga akan memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama bagi si kecil yang memiliki alergi debu dan asma. Selain itu, kamar tidur anak yang clutter-free juga dapat menenangkan pikiran dan juga suasana hati. Teman Narasi tidak perlu lagi khawatir soal merapikan dan membersihkan kamar tidur anak terlalu sering, kesulitan menemukan barang yang diperlukan, hingga mata yang lelah karena melihat kamar berantakan.

7. Elemen geometris

Inspirasi kamar tidur anak dengan dinding geometris - source: madebymood.com
Inspirasi kamar tidur anak dengan dinding geometris – source: madebymood.com

Pola atau motif geometris juga masuk dalam salah satu tren dekorasi kamar tidur anak tahun 2020. Pola geometris seperti segitiga, lingkaran, dan persegi yang terdapat pada sprei, selimut, sarung bantal, karpet, dan elemen dekorasi lainnya dapat memberikan sentuhan yang dinamis ke dalam ruangan. Terdapat pula pilihan kombinasi warna yang dapat dipilih. Apabila Teman Narasi ingin tampilan yang lebih modern dan minimalis, pilihlah pola geometris berwarna hitam dan putih. Sedangkan untuk konsep interior yang lebih ceria, pilihlah pola geometris dengan warna-warna pastel atau cerah. Tidak hanya pada perabot dan elemen dekorasi, pola geometris juga dapat diaplikasikan sebagai wallpaper dinding. 

8. Furnitur multifungsi

Penggunaan furnitur multifungsi pada kamar anak - source: cgtrader.com
Penggunaan furnitur multifungsi pada kamar anak – source: cgtrader.com

Memilih furnitur serbaguna dapat dijadikan trik untuk kamar tidur yang berukuran lebih kecil. Kerangka tempat tidur dengan laci dapat menawarkan solusi penyimpanan hemat sebagai tempat untuk mainan dan barang-barang lainnya. Selain itu, ruangan yang terbatas juga dapat disiasati dengan tempat tidur tingkat multifungsi yang menyatu dengan meja belajar dan rak buku.

Nah, apabila Teman Narasi ingin kamar tidur si kecil tetap trendy, jangan lewatkan 8 inspirasi desain dan tren dekorasi di atas ya! Jangan lupa juga untuk membuat proyek mengubah kamar tidur anak menjadi aktivitas yang menyenangkan dengan mengajak si kecil berpartisipasi dalam proses dekorasi. Untuk artikel lainnya seputar inspirasi desain kamar tidur, Teman Narasi dapat membacanya di sini. Selamat berkreasi dan happy living!

Jangan lupa untuk #dirumahaja dan tetap jaga kesehatan!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
belivindesign.com,
decoist.com,
decoraid.com,
homestolove.com.au,
indecortrends.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top