skip to Main Content
Inspirasi Energy Neutral Home Milik Jurnalis Lisa Ling

Inspirasi Energy Neutral Home milik Jurnalis Lisa Ling

Energy Neutral Home milik Lisa Ling - source: inhabitat.com
Energy Neutral Home milik Lisa Ling – source: inhabitat.com

Energy Neutral Home milik pembawa acara This is Life with Lisa Ling di CNN, Lisa Ling, dapat Teman Narasi jadikan inspirasi untuk mewujudkan hunian yang lebih ramah lingkungan. Namun, apa itu Energy Neutral Home? Energy Neutral Home atau hunian netral energi merupakan hunian yang didesain dengan mempertimbangkan efek hunian terhadap lingkungan dan adanya praktik konsumsi rendah energi selama tahap perencanaan hingga pembangunan.

Energy Neutral Home milik Lisa Ling - source: pinterest.com
Energy Neutral Home milik Lisa Ling – source: pinterest.com

Hunian milik Lisa Ling ini ternyata merupakan hunian netral energi pertama di Santa Monica, California. Tidak hanya itu, huniannya juga telah memperoleh sertifikasi LEED Platinum dari program Kepemimpinan Energi dan Lingkungan Amerika Serikat dalam program desain lingkungan. Sertifikasi LEED sendiri menunjukkan bahwa sebuah bangunan atau rumah dirancang dan dibangun dengan menggunakan strategi yang bertujuan untuk mencapai kinerja tinggi di bidang kesehatan manusia dan tentunya lingkungan, yang meliputi sistem penghematan air, efisiensi energi, pemilihan bahan, dan lain sebagainya.

Energy Neutral Home milik Lisa Ling - source: inhabitat.com
Energy Neutral Home milik Lisa Ling – source: inhabitat.com
Lisa Ling dan keluarga - source: inhabitat.com
Lisa Ling dan keluarga – source: inhabitat.com

Bagi Ling dan suaminya Paul Song, sustainability adalah poin terpenting ketika mereka berencana untuk membangun rumah impian mereka satu dekade lalu. Meskipun awalnya mereka merobohkan struktur bangunan yang ada di lahan tersebut, mereka menggunakan kembali sebagian material yang tersisa, seperti kayu, beton, gypsum, dan logam untuk membangun tempat tinggal baru. Sebagai contoh, material kayu dari atap lama diwarnai dan digunakan sebagai lantai kamar tidur tamu. Sebagian material yang tidak terpakai kemudian disumbangkan ke organisasi non-profit Habitat for Humanity, sehingga tidak ada material yang berakhir di tempat pembuangan sampah. 

Lisa Ling bersama pakar sustainability dan arsitek Marco DiMaccio - source: thechalkboardmag.com
Lisa Ling bersama pakar sustainability dan arsitek Marco DiMaccio – source: thechalkboardmag.com

Hunian berenergi netral milik Lisa Ling ini dirancang oleh pakar sustainability Marco DiMaccio dengan gaya interior mid-century dan selesai dibangun pada tahun 2010. Hunian yang berdiri di atas tanah seluas 4000m2 ini memiliki empat kamar tidur dan enam kamar mandi. Di area outdoor, terdapat area bersantai yang dikelilingi dengan rumput sintetis perawatan rendah, tanaman, dan hiasan batu. Tata ruang indoor dan outdoor dirancang sedemikian rupa agar Ling dan sang suami dapat menikmati cuaca yang cerah dan tiupan angin laut di sepanjang garis pantai California. 

Dapur dengan peralatan ramah lingkungan dan hemat biaya - source: latimes.com
Dapur dengan peralatan ramah lingkungan dan hemat biaya – source: latimes.com
Ruang makan dengan gaya oriental - source: twitter.com
Ruang makan dengan gaya oriental – source: twitter.com
Area outdoor yang menggunakan rumput sintetis ramah lingkungan - source: inhabitat.com
Area outdoor yang menggunakan rumput sintetis ramah lingkungan – source: inhabitat.com
Panel surya sebagai pemasok listrik - source: inhabitat.com
Panel surya sebagai pemasok listrik – source: inhabitat.com

Elemen-elemen ramah lingkungan betul-betul terintegrasi dengan baik di sini. Meskipun huniannya berukuran besar, biaya energi bulanan Ling dan Song sangat rendah, semua berkat 60 panel surya yang dipasang di atap untuk memasok listrik, pemanas air, dan pemanas lantai. Huniannya juga dilengkapi dengan tangki air untuk mengumpulkan air hujan. Selain itu, serangkaian fitur ramah lingkungan lainnya seperti penggunaan temperature-sensitive skylights atau alat pendingin ruangan pasif yang akan terbuka secara otomatis ketika suhu rumah terlalu panas, pencahayaan LED yang dapat mengurangi konsumsi energi hingga 85%,  penggunaan cat ramah lingkungan rendah VOC, dan penggunaan white roof untuk mengurangi panas, juga terdapat di dalam maupun di luar rumah. Seluruh perabot rumah juga dilengkapi dengan produk-produk ramah lingkungan. Sebagai contoh, dapur dilengkapi dengan peralatan dari ICON Electrolux yang ramah lingkungan dan hemat biaya.

Untuk artikel lainnya seputar gaya hidup ramah lingkungan, Teman Narasi dapat membacanya di sini. Semoga menginspirasi dan happy living!

Jangan lupa untuk #dirumahaja dan tetap jaga kesehatan!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber: 
dirt.com,
thechalkboardmag.com, 

mnn.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top