skip to Main Content
Inspirasi Menata Ruang Keluarga Untuk Keluarga Baru

Inspirasi Menata Ruang Keluarga Untuk Keluarga Baru

Sebagai keluarga baru, mendesain serta mendekorasi setiap ruang di rumah baru menjadi hal yang menyenangkan, tak terkecuali menata ruang keluarga. 

Ruang keluarga dapat dikatakan sebagai ruangan pusat atau jantung sebuah rumah karena di sanalah interaksi antar anggota keluarga terjadi. Tak ayal jika ruang keluarga membuat rumah menjadi lebih nyaman dan dirindukan. Untuk itu, menata ruang keluarga perlu dilakukan secara seksama dengan memerhatikan 3 hal berikut ini. 

Ukuran Ruang Keluarga

Inspirasi Ruang Keluarga Kecil - source : blog.modsy.com
Inspirasi Ruang Keluarga Kecil – source : blog.modsy.com

Baik ruang keluarga berukuran luas ataupun sempit, sebaiknya hal tersebut tidak membatasi kreativitas Teman Narasi dalam menata ruang keluarga. Cara menata ruang keluarga sempit adalah dengan memilih furnitur berukuran kecil, seperti sofa 2-seater dengan nakas atau meja kecil yang diletakkan di samping sofa. Kalau ingin menata ruang keluarga sempit dengan cara berbeda, Teman Narasi dapat membuat desain ruang keluarga lesehan menggunakan karpet dan bantal cushion. Untuk urusan warna, pilihlah warna terang seperti putih dan cream supaya ruang keluarga terlihat lebih luas. 

Sebaliknya, jika Teman Narasi memiliki ruang keluarga yang luas, bagian dinding bisa menggunakan warna abu-abu untuk konsep industrial, navy untuk desain ruang keluarga Skandinavia, atau merah maroon untuk inspirasi menata ruang keluarga ala classic atau vintage look. Lalu, pilihlah sofa 3-seater atau sofa dengan desain yang rumit menggunakan ukiran untuk membuat ruangan terlihat lebih berisi. Meletakkan coffee table sebagai pasangan dari sofa juga akan menyeimbangkan komposisi ruang supaya tidak terlihat terlalu kosong. 

Desain Ruang Keluarga

Inspirasi Ruang Keluarga dengan Bantal Cushion - source : www.realsimple.com
Inspirasi Ruang Keluarga dengan Bantal Cushion – source : www.realsimple.com

Desain ruang keluarga merupakan hal penting yang harus dipersiapkan dengan baik sebelum menata ruang keluarga. Diskusikan dengan pasangan, desain seperti apa yang akan digunakan apakah yang sesuai dengan karakter atau kepribadian atau berdasarkan inspirasi ruang keluarga dari situs desain interior. 

Untuk pasangan dengan karakter yang kalem tetapi juga cheerful, dapat menggunakan warna soft atau muda untuk cat dan karpet. Kemudian, untuk memberi sentuhan yang ceria, bisa pilih warna sofa yang cerah atau dekorasi dengan warna-warna menarik. 

Lalu, bagi pasangan yang menyukai alam dan ketenangan, warna hijau, broken white, dan cream bisa digunakan dalam pemilihan furnitur dan perlengkapan lainnya. Motif dedaunan bisa diterapkan pada sarung bantal cushion atau dengan menempatkan pot-pot berisi tanaman hidup di meja, rak, atau lantai. Pastikan desain yang akhirnya dipilih dapat memberikan kenyamanan dalam beraktivitas. 

Furnitur Ruang Keluarga 

Inspirasi Memadukan Furnitut di Ruang Keluarga – source : www.youtube.com

Memilih furnitur untuk ruang keluarga bisa dilakukan setelah mengukur luas ruangan dan menentukan desain ruangan supaya dapat menyeimbangkan komposisi dan nilai estetika ruang. Untuk ruangan berukuran besar dan berlangit-langit tinggi, furnitur berukuran besar dan tinggi bisa menjadi pilihan. Begitu puladengan ruangan sempit, aneka furnitur dengan ukuran kecil pun dapat digunakan. Perlu diperhatikan pula bahwa desain furnitur juga penting karena desain yang minimalis dapat membuat ruangan terlihat bersih dan luas, sementara desain yang rumit akan menjadikan ruang keluarga terlihat lebih berisi. 

Setelah membahas 3 hal penting di atas, langkah selanjutnya adalah eksekusi. Teman Narasi dapat menggunakan jasa desainer interior atau melakukannya sendiri supaya ruang keluarga tersebut nantinya sesuai dengan selera dan membuat semakin nyaman untuk ditinggali. 

Happy living, Teman Narasi!

Penulis: Agatha Elma Febiyaska
Editor: Brigita Diva
Source: dari berbagai sumber

This Post Has 2 Comments
    1. Terima kasih Kak Nike Swastika! Kami akan terus berusaha memberikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi Teman Narasi. Happy Living!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top