skip to Main Content
Inspirasi Penerapan Material Kain Pada Interior Ruangan

Inspirasi Penerapan Material Kain pada Interior Ruangan

Bosan dengan tampilan interior rumah yang itu-itu saja? Mungkin sudah saatnya Teman Narasi mencari ide baru untuk menyegarkan kembali suasana ruangan di rumah, baik itu ruang tamu, kamar tidur, ataupun ruang kerja. Teman Narasi dapat menyiasatinya dengan mengatur ulang posisi furnitur, mengganti warna cat atau wallpaper dinding, atau melapisi sofa dengan kain baru.

Berbicara soal kain, material yang satu ini selain umum digunakan untuk bahan furnitur, juga kerap digunakan sebagai elemen interior pada dinding dan lantai kamar hotel, restoran, bioskop, kafe, dan lain-lain. Sebenarnya, Teman Narasi juga dapat menerapkan material kain pada interior rumah untuk mengganti suasana. Material kain memiliki warna dan motif yang beragam sehingga dapat memberikan kesan visual yang atraktif sehingga ruangan tak lagi terkesan kaku atau terlalu polos. Selain itu, warna dan motif kain juga dapat disesuaikan dengan warna dinding dan furnitur yang sudah Teman Narasi miliki.

Penerapan Material Kain pada Interior Ruangan - Sumber: www.carpetright.co.uk
Penerapan Material Kain pada Interior Ruangan – Sumber: www.carpetright.co.uk

Apabila ide untuk mengatur ulang posisi furnitur dan mengecat ulang ruangan masih terdengar ruwet dan membutuhkan waktu, Teman Narasi dapat menambahkan material kain ke dalam rumah dengan memilih satu gaya interior desain, kemudian mengkreasikan warna dan motif kain yang senada pada sofa, sarung bantal, gorden, taplak meja, karpet, atau bingkai tempat tidur. Material kain juga dapat dimanfaatkan untuk lantai ruangan dengan desain menyerupai lantai karpet bioskop sehingga nyaman ketika diinjak ataupun diduduki. Teman Narasi juga dapat mengubah salah satu sisi dinding ruangan dengan dinding karpet berupa wallpaper kain beludru berwarna gelap atau kain motif timbul (embossed fabric) untuk memberikan kesan mewah pada ruangan.

Dinding dengan Kain Motif Timbul atau Embossed Fabric - Sumber: www.dhgate.com
Dinding dengan Kain Motif Timbul atau Embossed Fabric – Sumber: www.dhgate.com

Apabila Teman Narasi tertarik untuk menggunakan material kain sebagai elemen utama pada interior ruangan yang ada di rumah, ada dua hal penting yang perlu diketahui, apa saja ya?

Pertama adalah tentukan jenis kain, warna, motif atau pola kain yang ingin digunakan. Palet warna serta pola yang selaras akan memunculkan harmoni pada ruangan dan dapat memengaruhi kenyamanan dan kondisi psikologis penghuni rumah. Untuk memilih jenis kain, warna, dan motif, Teman Narasi dapat mengumpulkan sampel kain, kemudian letakkan bersebelahan untuk mengamati apakah perpaduan kain tersebut cocok atau berbenturan.

Agar ruangan yang ada di rumah tidak terkesan terlalu penuh dan sesak dengan banyaknya furnitur, Teman Narasi dapat menyiasatinya dengan menggunakan kain berwarna polos tanpa motif. Jika ingin menggunakan kain bermotif besar, aplikasikanlah pada permukaan besar seperti lantai, dinding, dan tempat tidur. Sedangkan kain bermotif kecil sebaiknya digunakan pada dekorasi ruangan seperti sarung bantal dan hiasan dinding. Kain dengan warna gelap dan bermotif besar juga lebih cocok untuk ruangan yang luas, sementara untuk ruang yang tidak terlalu luas, sebaiknya gunakan kain berwarna muda yang bermotif kecil atau polos.

Kedua, material kain umumnya memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan dengan material kayu, rotan, dan besi, sehingga kain memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya. Oleh karena itu, jika ingin memilih kain sebagai elemen interior, disarankan untuk memilih jenis kain yang berkualitas, karena akan memengaruhi tampilan kain dalam jangka panjang, serta ketahanan kain itu sendiri. Selain itu, tekstur dan ketebalan kain juga perlu disesuaikan dengan fungsi, misalnya untuk pelapis dinding atau lantai, sebaiknya gunakan kain jenis velvet yang halus, tebal, dan tidak mudah sobek. Untuk perawatan furnitur kain, Teman Narasi dapat menggunakan produk Mild Cleaner dari Narasi Design yang secara instan dan efektif menghilangkan kotoran dan noda pada kain. Selain kain, Mild Cleaner juga aman digunakan untuk membersihkan permukaan furnitur berbahan kayu. Semprotkan cairan pembersih ini pada permukaan yang diinginkan, lalu gosok dengan lap microfiber. Perlu diingat, gunakan cairan pembersih secukupnya untuk mencegah air merembes ke lapisan dalam furnitur seperti sofa.

Secara umum, ada dua gaya desain interior yang dapat Teman Narasi jadikan inspirasi, yaitu gaya minimalis dan bohemian. Kain dengan pola geometris seperti segitiga, oval, lingkaran, dan garis cocok diaplikasikan pada konsep interior minimalis, terutama pada bagian dinding. Pilihlah satu sisi dinding untuk diubah dengan wallpaper kain berwarna ringan dan bermotif geometris agar ruangan tidak terlalu polos. Selain dinding, Teman Narasi juga bisa memasukkan unsur geometris melalui furnitur atau dekorasi ruangan lainnya seperti sarung bantal dan karpet.

Penerapan Material Kain pada Interior Minimalis (Dinding Kain Bermotif Geometris) - Sumber: www.pinterest.com
Penerapan Material Kain pada Interior Minimalis (Dinding Kain Bermotif Geometris) – Sumber: www.pinterest.com
Penerapan Material Kain pada Interior Minimalis (Hiasan Dinding) - Sumber: www.pinterest.com
Penerapan Material Kain pada Interior Minimalis (Hiasan Dinding) – Sumber: www.pinterest.com

Untuk gaya bohemian yang memiliki kesan eklektik, bebas, dan tidak beraturan, Teman Narasi dapat menggunakan kain perca untuk bahan pelapis sofa, karpet, dan hiasan dinding. Penerapan material kain perca pada furnitur dan aksesoris ruangan bisa menjadi aksen atau ornamen pada ruangan yang memiliki warna dinding terang maupun gelap.

Penerapan Material Kain pada Interior Ruangan Bergaya Bohemian - sumber: www.pinterest.com
Penerapan Material Kain pada Interior Ruangan Bergaya Bohemian – sumber: www.pinterest.com

Teknik layering pada interior ruangan bergaya bohemian juga menarik untuk dilakukan. Teknik ini adalah teknik yang menggunakan beberapa warna dan motif kain pada berbagai furnitur dan dekorasi ruangan, seperti karpet atau permadani, sarung bantal, hiasan dinding, sprei, dan sebagainya. Teknik ini juga merupakan cara yang cerdas untuk menyembunyikan furnitur yang mungkin sudah tidak berada dalam kondisi yang baik, karena Teman Narasi dapat melapisinya dengan kain bermotif dan bertekstur. Aksesoris lain yang kerap digunakan dalam konsep bohemian adalah patung, lukisan abstrak, kain yang menjuntai, dan pernak-pernik lain yang bermotif tribal.

So, apakah Teman Narasi tertarik untuk mengubah interior ruangan dengan berfokus pada penerapan material kain? Selamat berkreasi ya, Teman Narasi!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.bluprin.com,
www.rooang.com,
idea.grid.id,
www.mybigproperty.com,
www.rumahhokie.com,
www.dhgate.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top