skip to Main Content
Intip Desain Dapur Ramah Lingkungan Ala Alicia Silverstone

Intip Desain Dapur Ramah Lingkungan ala Alicia Silverstone

Aktris sekaligus aktivis lingkungan dan pendiri perusahaan vitamin organik, Alicia Silverstone, ternyata telah menjalani gaya hidup eco-friendly dengan menjadi seorang vegan selama lebih dari 20 tahun. Tidak hanya menjadi vegan, Alicia juga membuat kehidupan sehari-seharinya menjadi lebih hijau dengan langkah-langkah kecil, di antaranya dengan menggunakan kembali toples selai yang terbuat dari kaca, dan menggunakan kain bekas sebagai wadah saat berbelanja kebutuhan dapur.

Aktris yang dikenal dengan aktingnya sebagai Cher Horowitz di film ‘Clueless’ ini, memberikan tur dapur dan pantry miliknya di acara televisi pagi Amerika, Today. Lewat video tersebut, ia mengajak kita untuk tidak hanya menciptakan dapur yang cantik, fungsional, dan praktis, tetapi juga dapat membawa pengaruh baik untuk bumi.

Dalam video tersebut, terdapat beberapa hal penting yang dapat Teman Narasi praktikkan untuk menciptakan dapur yang lebih hijau. Di antaranya:

  1. Lantai dapurnya terbuat dari bahan kayu mentah yang bebas dari bahan kimia atau lapisan pelindung lainnya. Bahan kayu ini dikenal dengan istilah ‘untreated wood floors atau ‘unfinished hardwood floors’. Selain lantai kayu, balok kayu pada langit-langit dan rak dapur juga menggunakan kayu reklamasi atau yang sudah pernah digunakan sebelumnya.
Dapur Ramah Lingkungan ala Bintang ‘Clueless’, Alicia Silverstone - source: youtube.com/today
Dapur Ramah Lingkungan ala Bintang ‘Clueless’, Alicia Silverstone – source: youtube.com/today
  1. Dapur Alicia dipenuhi dengan wadah kaca sebagai tempat menyimpan bahan-bahan makanan, seperti gandum, kacang, dan biji-bijian lainnya. Selain itu, ia juga memiliki laci khusus untuk menyimpan botol-botol bekas dan toples kosong bekas saus tomat atau selai untuk digunakan kembali. Selain itu, Alicia juga penggemar alat makan dan sedotan yang dapat digunakan kembali. 
Wadah kaca adalah alternatif yang lebih sehat untuk menyimpan biji-bijian kering dibandingkan dengan wadah plastik dengan BPA - source: today.com
Wadah kaca adalah alternatif yang lebih sehat untuk menyimpan biji-bijian kering dibandingkan dengan wadah plastik dengan BPA – source: today.com
  1. Alicia mencoba menghindari penggunaan kantong plastik dengan segala cara. Tetapi ketika ia mendapati dirinya memiliki beberapa kantong plastik, ia mencucinya dan mengeringkannya di pengering kantong plastik buatan sendiri, dan kemudian menggunakannya kembali.
Alicia mencuci dan mengeringkan kantong plastik untuk digunakan kembali - source: today.com
Alicia mencuci dan mengeringkan kantong plastik untuk digunakan kembali – source: today.com
  1. Alicia membeli bahan-bahan makanan dalam jumlah besar karena lebih ramah lingkungan dan hemat biaya. 
Pantry eco-friendly ala Alicia Silverstone - source: youtube.com/today
Pantry eco-friendly ala Alicia Silverstone – source: youtube.com/today
  1. Alicia menghindari penggunaan tisu, serbet kertas, dan produk kertas sekali pakai. Sebagai gantinya, ia menggunakan handuk katun untuk serbet lap piring, lap tangan, dan lainnya. 
Handuk kartun sebagai alternatif produk kertas sekali pakai - source: youtube.com/today
Handuk katun sebagai alternatif produk kertas sekali pakai – source: youtube.com/today
  1. Sebagai alternatif protein hewani, ia menyiapkan fried tofu, green bean taco, dan kudapan manis buatan sendiri di dalam lemari es untuk hidangan cepat atau makanan ringan.
Kudapan manis buatan Alicia Silverstone - source: today.com
Kudapan manis buatan Alicia Silverstone – source: today.com
  1. Alicia berbagi resep vegan yang mudah, seperti karamel vegan yang terbuat dari brown rice syrup dan almond butter. Selain itu, ia juga membuat mochi waffle yang bebas gluten dan susu. Mungkin Teman Narasi ingin mencobanya? Untuk resep vegan lainnya ala Alicia Silverstone, Teman Narasi dapat mengaksesnya lewat bukunya yang berjudul ‘The Kind Diet’. 
Karamel vegan buatan Alicia Silverstone - source: today.com
Karamel vegan buatan Alicia Silverstone – source: today.com

This way of eating and living has rocked my world personally, but it’s also the kindest thing we can do to our planet earth.

Alicia Silverstone

Alicia terus mengintegrasikan langkah-langkah berkelanjutan ke dalam tindakan dan kebiasaannya sehari-hari. Ia juga memberikan contoh gaya hidup ramah lingkungan ke anak semata wayangnya, Bear, dengan membuat kompos dari sisa makanan, mematikan air saat menyikat gigi, membawa tas sendiri saat berbelanja, membawa peralatan makan sendiri, membeli bahan pangan organik, dan langkah positif lainnya. Alicia juga memberikan pesan bagi orang-orang yang ingin memulai hidup ramah lingkungan untuk tidak memaksakan diri melakukan semua hal dengan sempurna, tetapi selama kita mencoba yang terbaik, kita telah berkontribusi untuk planet yang lebih baik. 

Semoga artikel ini dapat menginspirasi Teman Narasi untuk hidup lebih ramah lingkungan ya! Untuk artikel lainnya seputar gaya hidup ramah lingkungan, Teman Narasi dapat membacanya di sini. Selamat berkreasi dan happy living!

Jangan lupa untuk #dirumahaja dan tetap jaga kesehatan ya!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber: 
Foodnetwork.com,
Impactingourfuture.com,
today.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top