skip to Main Content
Kelebihan Dan Kekurangan Desain Interior Gaya Klasik

Kelebihan dan Kekurangan Desain Interior Gaya Klasik

Desain Interior dengan gaya klasik memang kerap menjadi pilihan banyak orang ketika mereka hendak menentukan desain ruangan di rumah. Gaya Klasik menawarkan kualitas keindahan yang bersifat abadi, tidak membosankan seperti tren kekinian yang mungkin saja sepuluh tahun yang akan datang akan berganti dengan tren lainnya. Namun di balik keindahannya, gaya klasik juga memiliki beberapa kekurangan tapi dengan penanganan yang tepat, kekurangan tersebut tentu dapat diatasi. 

Untuk memberikan Teman Narasi gambaran lebih lengkap, berikut ulasan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari desain interior gaya klasik, yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan Teman Narasi sebelum memutuskan desain interior apa yang cocok untuk Teman Narasi gunakan.

Keindahan yang Menawan

Gaya klasik memberikan keindahan yang menawan
Gaya klasik memberikan keindahan yang menawan

Jika kita berbicara mengenai keindahan, desain interior gaya klasik memang jawaban yang tepat. Banyak kalangan yang menggunakan gaya klasik untuk hunian mereka karena membuat mereka seolah-olah tinggal di sebuah istana kerajaan. Perpaduan warna emas dengan banyaknya aksesoris di ruangan, dan juga dengan hadirnya barang-barang seni membuat ruangan tampak begitu hidup dan layak untuk ditinggali. Apabila Teman Narasi merupakan pecinta seni dan keindahan, tentu gaya klasik akan menjadi yang solusi terbaik.

Investasi Jangka Panjang

Gaya klasik cenderung everlasting sehingga merupakan investasi jangka panjang
Gaya klasik cenderung everlasting sehingga merupakan investasi jangka panjang

Dibandingkan dengan desain gaya kekinian yang membuat penghuninya merasa cepat bosan dan tren desain kekinian yang cepat berganti, desain gaya klasik cenderung lebih tahan lama. Dengan karakter gaya klasik yang tidak membosankan, rumah Teman Narasi akan menjadi lebih nyaman untuk ditinggali dalam kurun waktu yang lama. Desain gaya klasik juga bisa menjadi jawaban bagi Teman Narasi yang memiliki anggota keluarga dengan jumlah yang besar.

Go Big or Go Home!

Desain gaya klasik memang dikenal dengan kemegahannya, sehingga Teman Narasi dituntut untuk menerapkan totalitas dalam penerapannya agar hasilnya pun maksimal. Untuk itu, Teman Narasi sebaiknya menggunakan aksesoris yang juga mewah, seperti tirai yang menjulang tinggi, karpet yang lebar dan tebal, atau sofa besar ala kerajaan Yunani. Aksesoris-aksesoris itulah yang nantinya akan membangun ilusi kemegahan pada desain gaya klasik ini.

Gaya klasik memerlukan totalitas dengan memadupadankan menggunakan furniture dan aksesoris mewah lainnya
Gaya klasik memerlukan totalitas dengan memadupadankan menggunakan furniture dan aksesoris mewah lainnya

Jadi, Teman Narasi perlu memikirkannya secara matang apabila ingin mengaplikasikan gaya klasik di rumah. Jangan lupa untuk  menghubungi tim Narasi Design jika Teman Narasi membutuhkan bantuan seputar ide desain interior gaya klasik.

Proses Desain yang Lama

Gaya klasik memiliki banyak elemen dengan tingkat detail yang tinggi akan memakan waktu di proses desain
Gaya klasik memiliki banyak elemen dengan tingkat detail yang tinggi akan memakan waktu di proses desain

Seperti halnya membuat benda seni seperti patung, prosesnya memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Begitupun untuk desain gaya klasik. Perancangan desain gaya klasik tidak bisa sembarangan dan harus sesuai perhitungan. Ditambah lagi dengan proses pembuatan furnitur gaya klasik yang banyak memakan waktu, terlebih lagi jika memiliki ukiran tertentu. Namun proses yang lama ini tentunya akan sepadan dengan hasil akhirnya.

Biaya Desain dan Perawatan

Biaya desain dan perawatan gaya klasik cenderung lebih tinggi
Biaya desain dan perawatan gaya klasik cenderung lebih tinggi

Kekurangan dari desain gaya klasik yang paling dirasakan adalah biaya yang harus dikeluarkan. Banyaknya material yang digunakan serta waktu pengerjaannya yang tidak sebentar membuat Teman Narasi harus menyiapkan budget yang lumayan besar. Ditambah lagi perawatan rutin yang harus dilakukan terhadap aksesoris-aksesori ruangan dan juga furniturnya. Solusi sederhana yang bisa Teman Narasi lakukan adalah dengan menggunakan ruangan yang tidak terlalu besar sehingga penggunaan material bangunannya pun bisa cenderung berkurang.

Jika masih bingung, Teman Narasi bisa mendiskusikan persoalan ini bersama tim Narasi Desain untuk mencari solusi yang terbaik. Selamat Berkreasi, Teman Narasi!

Penulis: Wisesa Wirayuda
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.interiordesign.id
www.arafuru.com

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top