skip to Main Content
Kenalan Lebih Jauh Dengan 3 Desainer Minimalis Yang Mendunia

Kenalan Lebih Jauh dengan 3 Desainer Minimalis yang Mendunia

Desain interior minimalis saat ini kian dikenal dan semakin digemari. Dalam perkembangannya, tiga sosok desainer dan arsitek desain minimalis yang telah mendunia berikut ini berperan penting dalam perkembangan desain minimalis, baik pada bangunan maupun furnitur. Di balik desain rumah yang minimalis, interior minimalis, dan furnitur bergaya minimalis, ada sosok-sosok penting yang perlu Teman Narasi kenal. Yuk kenalan lebih dekat dengan mereka.

1. Tadao Ando

Sosok Tadao Ando - source: cobosocial.com
Sosok Tadao Ando – source: cobosocial.com

Tadao Ando merupakan arsitek yang berasal dari Jepang, yang lahir pada tanggal13 September 1941.  Ia memiliki karya arsitektur yang dikategorikan sebagai “critical regionalism” oleh Fransesco Dal Co, seorang sejarawan arsitektur. Ada satu fakta menarik dari Tadao, dimana ia mempelajari arsitektur secara otodidak setelah melihat desain Imperial Hotel oleh Frank Lloyd Wright, saat ia sedang melakukan trip ke Tokyo di tahun keduanya di SMA. Ketertarikan tersebut didalami Tadao dengan mengambil kursus menggambar serta desain interior di malam hari.  

Karya Tadao Ando - source: archdialy.com
Karya Tadao Ando – source: archdialy.com

Dua hal yang sangat mempengaruhi karyanya adalah agama dan gaya hidup orang Jepang yang begitu kental dalam menjalani kehidupan mereka. Kedua hal tersebut kemudian melahirkan sensasi dan membangun pengalaman fisik yang kuat pada setiap karya arsitekturnya. Ciri khas dari gaya Tadao adalah bangunan yang menciptakan efek “haiku” yang menekankan ketiadaan dan ruang kosong sebagai representasi akan kesederhanaan yang cantik. Untuk mewujudkan kesederhanaan ala Tadao, beton menjadi material utama yang digunakan dalam setiap karya arsitekturnya karena penggunaan beton mampu menyampaikan kesan bersih serta ringan. Di masa kini, konsep minimalis Tadao dapat ditemukan di berbagai kafe, restoran, maupun vila. Bahkan, ada pula yang menggunakan konsep minimalisme Tadao sebagai ide interior kamar minimalis karena dapat memberikan sensasi ruang istirahat yang sangat nyaman.

2. Alberto Campo Baeza

Sosok Alberto Campo Baeza - source: elmundo.es
Sosok Alberto Campo Baeza – source: elmundo.es

Alberto merupakan arsitek asal Spanyol, sekaligus Profesor Desain di Escuela Tecnica Superior de Arquitectura de Madrid, dimana ia menghabiskan masa kerjanya hingga pensiun di tahun 2017. Lahir di Valladolid, Spanyol tahun 1946, Alberto lulus dari Universidad Politecnica de Madrid di tahun 1971, kemudian meraih gelar doktoralnya 11 tahun kemudian. Sebagai seorang arsitek dan profesor, ia banyak memiliki pengalaman mengajar di luar Spanyol, seperti di Amerika, Belanda, Paris, Tokyo, Beijing, dan Swiss. 

Karya Alberto Campo Baeza - source: homedesign.com
Karya Alberto Campo Baeza – source: homedesign.com

Karya arsitekturnya dikenal dengan ciri khas pemanfaatan cahaya alam secara maksimal sebagai unsur penting dalam setiap desainnya. Ia mendukung penghapusan warna dalam arsitektur untuk mengoptimalisasi efek cahaya natural. Alberto bisa dibilang sebagai salah satu desainer yang turut memperkenalkan konsep minimalisme pada dunia arsitektur, bersama arsitek lain seperti John Pawson dan David Chipperfield. Desain arsitektur Alberto dapat diaplikasikan pada desain interior ruang tamu minimalis dengan penggunaan jendela besar atau pintu kaca secara utuh, mulai dari langit-langit hingga ke lantai untuk memaksimalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan. 

3. Tokujin Yoshioka

Sosok Tokujin Yoshioka - source: champ-magazine.com
Sosok Tokujin Yoshioka – source: champ-magazine.com

Tokujin Yoshioka, seorang desainer yang lahir tanggal 20 Januari,  merupakan seorang desainer dan seniman asal Jepang. Pria berusia 53 tahun ini memiliki banyak karya seni yang dijadikan sebagai koleksi permanen di berbagai museum seni di dunia. Karena hasil karyanya, ia pun banyak mendapatkan penghargaan desain internasional. 

Sejak kecil, Tokujin sudah memiliki kecintaan terhadap dunia seni, yang diawali dengan rasa cintanya pada karya Leonardo da Vinci. Rasa cintanya tersebut lah yang kemudian mendorongnya untuk belajar melukis dan menemukan ketertarikan khusus pada ilmu pengetahuan. Beranjak dewasa, Tokujin semakin aktif dalam bidang desain, arsitektur, dan seni kontemporer dengan tema yang selalu diusungnya, cahaya dan alam, yang menunjukkan definisi kecantikan Jepang serta mampu melampaui konsep bentuk sebagai bentuk ekspresi yang unik. 

 Karya Tokujin Yoshioka - source: mishmash.pt
Karya Tokujin Yoshioka – source: mishmash.pt

Karya desain Tokujin dapat dilihat pada produk-produk perusahaan global seperti Swarovski, Toyota, Louis Vuitton, dan Issey Miyake. Ia pun memiliki karya-karya baru di pameran furnitur internasional terbesar dunia, Salone del Mobile Milano, yang merupakan hasil kolaborasi dengan sejumlah perusahaan furnitur asal Italia, seperti Moroso dan Driade. Selain itu, Yoshioka pun turut terlibat dalam Olimpiade Musim Panas Tokyo sebagai desainer obor olimpiade tersebut. 

Nah, Teman Narasi mungkin bisa cobamendapat inspirasi dari karya ketiga desainer di atas yang akan memberikan ide menarik dalam mendesain interior rumah minimalis, baik untuk desain bangunan maupun interior yang selama ini Teman Narasi impikan. Selamat berkreasi Teman Narasi! 

Penulis: Agatha Elma Febiyaska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber: understandingminimalism.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top