skip to Main Content
Kenali Jenis Lantai Keramik Sesuai Dengan Fungsi Ruangan

Kenali Jenis Lantai Keramik Sesuai dengan Fungsi Ruangan

Lantai merupakan salah satu elemen terpenting dari sebuah rumah karena berfungsi sebagai pijakan kaki. Tidak heran kalau lantai menjadi bagian rumah yang harus dibuat senyaman mungkin. Banyak material pilihan yang bisa Teman Narasi jadikan sebagai bahan untuk lantai di rumah, salah satunya adalah keramik. Dengan pemilihan jenis dan material keramik yang tepat, lantai di rumah Teman Narasi akan tampak semakin cantik. Nah, untuk membantu Teman Narasi dalam memilih jenis keramik yang tepat dan sesuai untuk berbagai lantai ruangan di rumah, simak dulu beberapa ulasan mengenai jenis keramik berikut.

Glazed Ceramic

Glazed Ceramic
Glazed Ceramic

Glazed Ceramic adalah jenis lantai keramik yang sudah dilapisi oleh mineral pembentuk kaca. Lantai keramik jenis ini memiliki kesan semi-gloss hingga high gloss. Glazed ceramic juga memiliki ketahanan pada noda atau kotoran, sehingga membuat lantai keramik jenis ini banyak digunakan sebagai keramik untuk banyak bagian di dalam rumah. Glazed ceramic memiliki karakter yang sangat mudah dipotong, sehingga dapat dengan mudah dipotong untuk menyesuaikan bentuk lantai dan ruangan. Kekurangan lantai jenis ini adalah licin, terutama dalam keadan basah. Selain itu, keramik jenis ini juga cenderung mudah tergores.

Kelebihan dari lantai keramik jenis ini adalah karakternya yang menyejukkan ruangan, sehingga cocok digunakan untuk bangunan yang berada di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia.

Unglazed Ceramic

Unglazed Ceramic
Unglazed Ceramic

Berbeda dengan glazed ceramic, unglazed ceramic tidak dilapisi oleh mineral pembentuk kaca. Sehingga lantai keramik jenis ini memiliki tekstur permukaan yang kasar. Lantai ini biasa digunakan di bagian luar rumah seperti garasi dan area taman, namun banyak juga yang menggunakan lantai keramik ini sebagai material untuk lantai kamar mandi.

Lantai keramik jenis ini cenderung mudah kotor karena tekstur permukaannya yang kasar. Untuk membersihkannya, diperlukan cairan khusus yaitu cairan heavy duty cleaner. Teman Narasi bisa menghubungi tim Narasi Design apabila Teman Narasi membutuhkan produk cairan heavy duty cleaner untuk membersihkan noda pada lantai keramik yang sulit hilang.

Porcelain Tile

Porcelain Tile
Porcelain Tile

Porcelain tile sebenarnya memiliki penampakan yang mirip dengan glazed ceramic. Namun porcelain tile memiliki kilat yang lebih mengundang. Namun tidak banyak pilihan warna yang tersedia karena porcelain tile hanya memiliki warna putih hingga abu-abu. Penggunaan porcelain tile sebagai lantai keramik Teman Narasi tentunya bisa menambah kesan elegan dan mewah pada ruangan. Meskipun lantai keramik jenis ini memiliki ketahanan yang kuat terhadap goresan, Teman Narasi masih perlu menghindarkan lantai keramik ini dari suhu yang terlalu panas dan dingin agar tidak mudah rusak.

Penulis: Wisesa Wirayuda
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.99.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top