skip to Main Content
Mengenal Sosok Revano Satria, Desainer Inspiratif Indonesia

Mengenal Sosok Revano Satria, Desainer Inspiratif Indonesia

“Don’t talk too much, just work hard every day until the day you can talk comes.”

Revano Satria

Itulah jawaban yang diberikan oleh Revano Satria ketika ditanya mengenai pesan untuk young and emerging designers dalam wawancaranya dengan A’ Design Award and Competition, sebuah platform online yang memberikan berbagai penghargaan bagi desainer, creators, dan perusahaan perusahaan yang bergerak dalam bidang desain. Revano Satria merupakan salah satu Arsitek sekaligus Desainer Interior Indonesia dengan perjalanan karir yang bisa dibilang sukses, baik di dalam maupun di luar negeri. Memiliki banyak karya yang mendapatkan berbagai penghargaan nasional dan internasional, Revano Satria bisa dibilang sebagai salah satu panutan bagi generasi desainer muda Indonesia. enasaran soal sosok desainer inspiratif ini? Mari baca artikel di bawah untuk tahu lebih lanjut!

Pendidikan dan Awal Karir

Karir Revano Satria sebagai desainer interior dimulai ketika beliau lulus dari Universitas Negeri Parahyangan. Setelah memperoleh gelar Sarjana pada tahun 2006, beliau melanjutkan pendidikannya ke AA School of Architecture London pada tahun 2008, dan lulus dengan memperoleh gelar Master dalam bidang Emergent Technologies and Design di tahun 2010. Di tahun kelulusannya, Revano dan tiga teman se-almamaternya yaitu Mohammed Makki, Pavloz Schizas, dan Michael Moukarzel mendirikan MSSM Associates, sebuah biro arsitektur yang fokus pada pembuatan karya arsitektur yang dinamis dan inovatif dalam pengaplikasian teknologi, dengan mengambil inspirasi dari alam untuk menjalankan kegiatan yang diaplikasikan pada semua aspek desainnya. Di tahun yang sama, Revano Satria juga sempat bekerja di Engineering Consultant Buro Happold untuk mengembangkan proyek Zaha Hadid di Kairo, Mesir.

Saat ini, Revano Satria menduduki posisi sebagai CEO dari RSI Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa desain yang meliputi arsitektur, desain interior dan furniture, serta desain grafis. RSI Group membawahi dua anak perusahaan, yaitu MSSM Associates yang menangani proyek-proyek arsitektur berskala internasional, dan Revastudio yang bergerak di bidang interior. Selain itu, beliau juga mendirikan perusahaan-perusahaan lain seperti RAH Construction yang berkecimpung dalam bidang konstruksi, LeopardTurtle, dan lain sebagainya.

Setelah lama bergelut di bidang desain, Revano Satria juga telah berhasil mengumpulkan banyak penghargaan, diantaranya beberapa penghargaan dari IAI untuk kompetisi nasional dan internasional (Desain favorit untuk Bangka Waterfront City International Competition, Top 10 finalist Agung Sedayu Center International Competition, dan lain sebagainya), International Property Awards’ Best Architecture Single Residence untuk karyanya yaitu Twist and Shout House, dan Golden Award dari Golden A’ Design Award. Wah, benar-benar seorang desainer interior Indonesia yang inspiratif dan kaya akan prestasi ya, Teman Narasi!

Hasil Karya dan Penghargaan 

Ketika diwawancarai oleh platform online untuk A’ Design Award and Competition, Revano Satria mengaku banyak menerima pertanyaan mengenai bagaimana cara beliau mendapatkan inspirasi untuk karya-karyanya. Beliau mengatakan bahwa beliau mendapatkan inspirasi dari analisis, lalu menghubungkan fakta-fakta dan data-data yang didapatkannya (ia juga menambahkan bahwa ia sebenarnya bukan pribadi yang kreatif, namun ia hanya menghubungkan fakta-fakta yang ada). Ketika memulai sebuah proyek, Revano biasanya akan mewawancarai kliennya, dengan tujuan untuk dapat mempelajari semua hal tentang kliennya. Karakter, mimpi, serta pencapaian dari sang klien merupakan beberapa hal yang menurutnya dapat menggambarkan pribadi kliennya, dan akan berpengaruh pada hasil desain yang sang klien butuhkan dan inginkan. Dalam membuat desain, beliau juga selalu memulai prosesnya dengan membuat grandest picture of the design sebelum masuk ke detail pekerjaan selanjutnya. Selain itu, beliau juga selalu memertimbangkan geometri sebagai salah satu aspek desain yang paling menentukan bagus atau tidaknya suatu desain. Menurutnya, geometri dapat merepresentasikan alur berpikirnya, dan dapat memberikan kesan yang mendalam bagi orang-orang yang memperhatikan secara detail karya yang dihasilkannya.

Sosok Revano Satria merupakan salah satu bukti bahwa karya desainer interior Indonesia juga dapat bersinar di kancah internasional. Karya-karyanya yang mendapat banyak pengakuan dari dalam dan luar negeri menjadi alasan mengapa beliau pantas untuk diikuti dan menjadi inspirasi. Bagaimana, Teman Narasi? Apakah Teman Narasi terinspirasi setelah membaca artikel ini? Harapannya, dengan artikel ini Teman Narasi memiliki tambahan referensi desainer interior Indonesia sebagai salah satu sumber inspirasi, dan dapat berkontribusi dalam memperkaya karya desainer interior Indonesia.

Salam kreasi, Teman Narasi!

Penulis: Jasmine Sophia Priatna
Editor: Renya Nuringtyas
Source:

competition.adesignaward.com
www.arsitag.com
www.casaindonesia.com
www.designboom.com
www.indonesiatatler.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top